5 Cryptocurrency dengan potensi terbaik untuk investasi di tahun 2022

Dengan lebih dari 19.000 koin dan token berbeda di pasar, minat investor saat ini berkembang pesat. Tetapi memilih koin yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan jangka panjang tentu sangat melelahkan. Jika Anda bertanya-tanya tentang cryptocurrency jangka panjang terbaik untuk dibeli tahun ini, pada artikel ini kami akan memberikan tips yang menguntungkan untuk memilih 5 Cryptocurrency dengan potensi terbaik untuk investasi di tahun 2022.

 

5 Cryptocurrency Jangka Panjang Terbaik

Berikut adalah lima cryptocurrency teratas dengan potensi luar biasa sebagai investasi jangka panjang.

  1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah cryptocurrency terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar ( market cap ). Bitcoin dapat dibeli secara online maupun offline. kebanyakan investor, bitcoin dapat di jadikan salah satu aset investasi jangka panjang yang memiliki harga yang menguntungkan. Bitcoin ini telah menjadi lebih dari investasi safe-haven daripada mata uang, menjadikannya tempat dalam portofolio cryptocurrency jangka panjang Anda.

Bitcoin mendapat dorongan tahun lalu ketika CEO Tesla Elon Musk mengumumkan perusahaan telah membeli senilai $ 1,5 miliar, dan kemudian, bahwa ia akan menerima bitcoin sebagai pembayaran untuk mobilnya. Meskipun Musk membatalkan keputusan itu tak lama setelah itu, dengan alasan masalah lingkungan. Banyak perusahaan lain, termasuk Microsoft, PayPal, The Home Depot, dan Rakuten, menerima bitcoin sebagai pembayaran, meskipun secara tidak langsung dalam beberapa kasus. Bisnis lain menambahkan bitcoin ke kepemilikan investasi mereka. Dan pada bulan April, Goldman Sachs melakukan pinjaman tunai pertamanya yang dijamin dengan bitcoin.

Bitcoin adalah aset yang mudah berubah saat Anda melacaknya dari hari ke hari. Namun, bitcoin telah menjadi aset investasi berkinerja terbaik selama 10 tahun terakhir, dan peningkatan jaringan baru-baru ini untuk menambahkan fungsionalitas akan membuat platform lebih berguna dan dapat membuat koin lebih berharga.

  1. Ethereum (ETH)

Ethereum menempati peringkat sebagai cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar ( market cap ). Ini adalah platform blockchain dan cryptocurrency. Token dapat digunakan sebagai penyimpan nilai, yang merupakan kekuatan bitcoin, tetapi Ethereum juga telah muncul sebagai salah satu platform terbaik untuk aplikasi terdesentralisasi, juga disebut sebagai dApps. Bahkan, ethereum ini telah menjadi platform favorit bagi pengembang karena dukungannya untuk aplikasi seperti kontrak pintar, yang secara otomatis menjalankan fungsi ketika kondisi tertentu terpenuhi.

Ethereum sedang dalam proses peningkatan. Awalnya disebut Eth2 dan sekarang disebut secara internal sebagai The Merge, hasilnya akan meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan keberlanjutan jaringan, menurut situs web Ethereum.

Goldman Sachs telah memperhatikan minat investor pada ETH. Ia berencana untuk menawarkan perdagangan opsi eter, seperti yang memungkinkan untuk bitcoin. Beberapa analis percaya ethereum bisa lebih dari dua kali lipat nilainya tahun ini.

  1. Cardano (ADA)

Cardano adalah cryptocurrency lain untuk diinvestasikan dalam jangka panjang. Meskipun mungkin tidak berkinerja luar biasa dalam beberapa bulan terakhir, platform ini memiliki satu manfaat utama dibandingkan Ethereum — protokol proof-of-stake. Sementara Ethereum saat ini menggunakan protokol proof-of-work yang lebih lama untuk memverifikasi transaksi dan melindungi integritas jaringan, protokol proof-of-stake Cardano memiliki fungsi yang serupa, tetapi lebih cepat, lebih murah, dan lebih hemat energi.

Meskipun peningkatan Ethereum mungkin menyamakan kedudukan, popularitas Cardano di antara pengembang aplikasi terdesentralisasi dapat membuat permintaan tetap tinggi untuk token ADA-nya. Dalam 24 jam setelah “hard fork” Cardano baru-baru ini, atau perubahan protokolnya, lebih dari 100 kontrak pintar dikerahkan di jaringan, menurut CoinMarketCap.

Cardano memimpin selama reli baru-baru ini, naik sebanyak 40%, CoinDesk melaporkan. Reli tersebut mengikuti aksi jual cryptocurrency besar-besaran yang mengurangi kapitalisasi pasar secara keseluruhan sebesar 30%.

  1. Polkadot (DOT)

Dengan kapitalisasi pasar lebih dari $10 miliar, polkadot telah menjadi salah satu cryptocurrency jangka panjang terbaik untuk dibeli sejak diluncurkan pada tahun 2022. Ini bukan hanya cryptocurrency tetapi juga jaringan blockchain di mana pengembang dapat membangun sistem yang inovatif dan terdesentralisasi.

Polkadot dibangun untuk menghubungkan berbagai blockchain independen ke dalam satu jaringan terpadu, dan bahkan membuat rantai baru. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses validasi keamanan dan transaksi proof-of-stake jaringan dan membuatnya lebih mudah untuk mentransfer aset digital seperti aplikasi dan token di seluruh blockchain. Pembaruan terbaru memfasilitasi komunikasi dan transfer aset antara parachain Polkadot, membuka jaringan hingga kasus penggunaan baru.

Meskipun Polkadot harus bersaing dengan Ethereum dan Cardano, masuknya awal ke dalam kontrak pintar memberikan keunggulan yang diharapkan oleh beberapa analis untuk dipertahankan.

  1. Chainlink (LINK)

Chainlink menempati peringkat sebagai cryptocurrency terbaik kelima untuk diinvestasikan dalam jangka panjang. Diluncurkan pada tahun 2014, jaringan berbasis Ethereum menyediakan data real-time dari kontrak pintar off-blockchain ke on-blockchain melalui node dan oracle. Misinya, menurut Securities.io, adalah untuk menciptakan jaringan oracle blockchain pertama di dunia.

Oracle berada di belakang beberapa teknologi blockchain yang paling penting dan merupakan bagian integral dari ekspansi blockchain. Upgrade Chainlink 2.0, dijelaskan dalam whitepaper 2021, akan membangun jaringan off-chain di atas oracle untuk mengurangi beban komputasi pada mainnet Ethereum.

Token Chainlink, yang disebut LINK, memfasilitasi transaksi di jaringan.

 

Manfaat Berinvestasi Dalam Cryptocurrency untuk Jangka Panjang

Cryptocurrency adalah bentuk uang digital tanpa sistem manajemen pusat, seperti pemerintah. Anda dapat membeli barang atau jasa menggunakan cryptocurrency, tetapi banyak orang memperlakukannya sebagai opsi investasi jangka panjang.

Harapan Investasi Jangka Panjang dalam Cryptocurrency

Investasi jangka panjang yang menguntungkan dalam cryptocurrency adalah investasi dengan nilai yang dihargai selama periode waktu yang sesuai dengan tujuan investasi Anda.

Biasanya, investor jangka panjang menahan investasi mereka selama beberapa tahun atau dekade untuk meningkatkan pengembalian mereka. Jadi, jika Anda yakin teknologi berbasis blockchain akan meledak di masa depan, berinvestasi di crypto untuk jangka panjang bisa menjadi pilihan yang bagus.

Namun, penting untuk diingat bahwa berinvestasi dalam cryptocurrency membuat investasi Anda rentan terhadap volatilitas dan berbagai risiko, seperti peretasan dompet. Oleh karena itu, Anda harus memahami untuk apa Anda memasukkan uang hasil jerih payah Anda sebelum menjelajah ke ruang cryptocurrency.

 

5 Manfaat Investasi Cryptocurrency Jangka Panjang

  1. Membeli dan menahan cryptocurrency dapat menciptakan jalan menuju kemandirian finansial sambil membantu Anda mengalahkan inflasi dari waktu ke waktu.
  2. Investor muda yang percaya pada teknologi cryptocurrency berpikir bahwa itu akan mendapatkan adopsi yang lebih luas di masa depan, sehingga meningkatkan nilainya.
  3. Sebagai penyimpan nilai dalam jangka panjang, semakin banyak aplikasi dunia nyata yang dimilikinya, semakin besar kemungkinan nilainya akan meningkat.
  4. Investasi cryptocurrency jangka panjang memberi Anda kendali langsung atas portofolio Anda. Itu berarti biaya yang lebih rendah dan akses yang lebih baik ke investasi Anda.
  5. Cryptocurrency memberi Anda alat untuk membangun kekayaan pribadi dalam jangka panjang jika Anda berinvestasi dalam kelompok koin yang kecil namun beragam.

 

Cara Memilih Cryptocurrency Jangka Panjang Terbaik untuk Portofolio Investasi Anda

Sebelum Anda mencoba membuat portofolio investasi cryptocurrency jangka panjang, ada empat pertanyaan penting yang perlu Anda pertimbangkan.

  1. Apa Toleransi

    Risiko Anda?

Untuk membeli atau berinvestasi dalam cryptocurrency untuk jangka panjang, Anda harus memiliki toleransi risiko yang tinggi. Nilai Cryptocurrency naik dan turun secara drastis. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa mereka tidak akan runtuh.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang akan terjadi pada Anda jika semua cryptocurrency Anda tiba-tiba menjadi tidak berharga. Sekali lagi, memasukkan uang Anda ke dalam cryptocurrency adalah spekulasi dan bukan investasi. Anda hanya dapat berharap bahwa suatu saat di masa depan, Anda akan dapat menjual koin Anda lebih dari yang Anda bayarkan untuk itu.

  1. Mengapa Anda Membeli Crypto?

Katakanlah Anda beberapa tahun lagi dari tanggal pensiun Anda dan Anda memutuskan bahwa Anda perlu mengalokasikan setidaknya 20% dari portofolio investasi Anda untuk investasi agresif . Jika itu Anda, maka cryptocurrency jangka panjang bisa menjadi salah satu jalan menuju pengembalian yang tinggi.

Ada nilai jangka panjang yang melekat pada cryptocurrency karena teknologi blockchain. Ini memiliki potensi tak terbatas untuk mendorong inovasi dalam industri keuangan dan lainnya. Oleh karena itu, berinvestasi di crypto untuk jangka panjang seperti berinvestasi di permata di mahkota yaitu blockchain.

  1. Bagaimana dan Di Mana Anda Ingin Membeli Crypto?

Anda mungkin melihat ini sebagai hal yang sepele, tetapi Anda tidak bisa begitu saja masuk ke bank atau lembaga keuangan lain dan membeli mata uang kripto. Platform peer-to-peer dan pertukaran cryptocurrency beroperasi di bawah sedikit atau tanpa regulasi. Itu berarti sebagai investor, Anda tidak memiliki pengawasan dan perlindungan yang ditawarkan oleh platform investasi dan bank arus utama.

Anda memiliki beban tambahan untuk menilai dan mengevaluasi berbagai lapisan keamanan dalam platform pilihan Anda. Bagian dari uji tuntas Anda adalah menemukan dan mengamankan dompet yang tepat. Dompet Anda mungkin berbasis cloud atau perangkat fisik yang dapat Anda simpan dengan aman di rumah. Ada bahaya tambahan bahwa jika Anda kehilangan kunci Anda, Anda juga kehilangan investasi Anda.

  1. Crypto Mana yang Menjadi Portofolio Investasi Jangka Panjang Anda?

Ribuan opsi token tersedia di pasar crypto. Bitcoin memiliki keuntungan sebagai anak sulung, memiliki pangsa pasar terbesar dan saat ini menjadi yang paling populer. Sifat-sifat ini memungkinkan bitcoin untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai, menjadikannya salah satu aset investasi cryptocurrency jangka panjang yang lebih aman.

Sebaliknya, Anda mungkin menemukan bahwa mata uang yang kurang terkenal mendorong inovasi. Inovasi semacam itu sering kali memiliki kertas putih yang dapat Anda tinjau untuk mempelajari lebih lanjut. Pertimbangkan apakah potensi pertumbuhan melebihi risiko yang lebih besar.

Di dunia cryptocurrency, hampir semua hal dapat memicu pengembalian yang sangat tinggi dari crypto — ambillah dogecoin , misalnya, yang mengalami kenaikan nilai yang sangat besar meskipun dimulai sebagai lelucon. Tentu saja, apa yang naik juga bisa turun, dan harga dogecoin turun — secara dramatis.

 

4 Tips untuk Berinvestasi Dalam Kripto

Sebelum memasukkan uang hasil jerih payah Anda ke dalam cryptocurrency, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tips ini.

  1. Berinvestasi Dengan Strategi

Anda mungkin pernah mendengar ungkapan “gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan.” Hal ini berlaku dalam hal investasi. Memiliki strategi yang sesuai dengan tujuan investasi Anda adalah langkah pertama untuk mengurangi kerugian.

  1. Memiliki Strategi Manajemen Risiko

Tetapkan batas berapa banyak Anda berinvestasi dalam token dan patuhi itu. Menggunakan stop loss untuk meminimalkan kerugian Anda juga merupakan cara yang bagus untuk mengelola risiko Anda. Selain itu, jangan berinvestasi dalam crypto dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya.

  1. Diversifikasi Portofolio Anda

Berinvestasi hanya dalam satu crypto di pasar yang sangat fluktuatif ini bukanlah ide yang baik. Diversifikasi portofolio Anda dengan berinvestasi pada token yang berbeda akan mengurangi eksposur berlebih jika satu koin  atau lebih  jatuh nilainya.

  1. Rahasianya Jangka Panjang

Harga cenderung turun dan naik secara dramatis secara teratur. Hindari panic selling setelah terjadi penurunan harga dalam waktu singkat. Sebaliknya, tahan investasi Anda di pasar untuk waktu yang lama untuk mencapai pengembalian investasi terbaik.

 

Apakah Layak Berinvestasi Dalam Cryptocurrency untuk Jangka Panjang?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini tergantung pada tujuan investasi Anda. Jika Anda memiliki uang cadangan yang tidak keberatan diinvestasikan selama satu hingga dua dekade, berinvestasi di kripto bisa menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.