Panduan Modal Kerja untuk Pemula

Modal kerja merupakan metrik bisnis yang penting karena perhitungan menentukan kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang lancar dalam waktu satu tahun.

Sederhananya, modal kerja adalah uang yang tersedia bagi perusahaan untuk menangani semua aktivitas operasinya untuk tahun mendatang.

Namun sebelum kita menjelaskan modal kerja secara lebih rinci, penting untuk memahami aset lancar dan kewajiban lancar, karena kedua istilah akuntansi ini merupakan komponen utama yang digunakan dalam menghitung modal kerja.

  • Aset Lancar: Aset lancar adalah aset yang diharapkan akan digunakan pada akhir tahun. Aktiva lancar meliputi kas, rekening bank, surat berharga, piutang, persediaan, dan perlengkapan.
  • Kewajiban lancar: Kewajiban lancar adalah kewajiban perusahaan yang diharapkan akan dibayar pada akhir tahun. Kewajiban lancar mencakup pos-pos utang usaha untuk barang dan jasa yang dibeli, sewa, utilitas, dan wesel bayar yang jatuh tempo dalam tahun tersebut.

Jika Anda ingin mendapatkan gambaran kesehatan keuangan jangka panjang, Anda juga dapat menghitung modal kerja operasional, karena modal kerja operasional berfokus pada aset dan kewajiban jangka panjang.

Tinjauan: Apa itu modal kerja dalam akuntansi?

Modal kerja adalah uang yang saat ini tersedia untuk bisnis Anda untuk digunakan untuk operasi sehari-hari. Modal kerja juga merupakan indikator yang baik dari kesehatan keuangan secara keseluruhan karena melibatkan semua kegiatan berikut:

  1. Pengumpulan pendapatan:Berapa banyak pendapatan yang dikumpulkan bisnis Anda tercermin dalam modal kerja Anda. Seberapa efektif pendapatan Anda dikumpulkan, serta bagaimana pendapatan Anda diakui , juga tercermin dalam modal kerja Anda. Pengumpulan pendapatan yang lambat dapat sangat memengaruhi arus kas , dengan lebih sedikit uang tunai yang tersedia untuk digunakan membayar tagihan saat ini.
  2. Manajemen inventaris:Meskipun sederhana di permukaan, manajemen inventaris bisa menjadi masalah yang kompleks. Memesan inventaris yang berlebihan dapat memberi Anda lebih sedikit uang tunai, sangat memengaruhi pendapatan bersih Anda , dengan bisnis Anda pada akhirnya berakhir dengan gudang yang penuh dengan produk yang tidak dapat dijual. Persediaan yang kurang dipesan bisa sama merugikannya, dengan potensi kehilangan penjualan karena pelanggan pergi ke tempat lain untuk membeli produk yang saat ini tidak Anda miliki.
  3. Hutang usaha: Hutangusaha mencerminkan bagian utama dari kewajiban Anda saat ini, kecuali jika Anda juga memiliki wesel bayar jangka pendek. Baik Anda sedang dalam proses membuat proyeksi keuangan untuk lima tahun ke depan, atau memasukkan angka untuk anggaran tahun depan , total hutang usaha Anda merupakan indikator yang baik untuk biaya bisnis Anda saat ini.

Modal kerja vs modal kerja bersih: Apakah ada perbedaan?

Satu-satunya perbedaan antara modal kerja dan modal kerja bersih adalah bagaimana mereka dilaporkan, karena modal kerja bersih biasanya mengacu pada total, sedangkan modal kerja dilaporkan sebagai rasio.

Bagaimana cara menghitung modal kerja

Rumus modal kerja bersih adalah sebagai berikut:

Aktiva Lancar – Kewajiban Lancar = Modal Kerja Bersih

Menggunakan rumus ini akan membantu Anda mencapai total modal kerja Anda. Misalnya, jika aset Anda saat ini berjumlah $125.000 dan kewajiban Anda saat ini berjumlah $95.000, perhitungan Anda adalah:

$125.000 – $95.000 = $30.000 Modal Kerja Bersih

Untuk menghitung modal kerja sebagai rasio akuntansi , Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Aktiva Lancar Kewajiban Lancar = Rasio Modal Kerja

Menggunakan angka yang sama seperti di atas, perhitungan Anda adalah sebagai berikut:

$125.000 $95.000 = 1,32 Rasio Modal Kerja

Ini berarti bahwa untuk setiap $1 dalam kewajiban lancar yang Anda miliki, Anda memiliki $1,32 dalam aset lancar yang tersedia untuk melunasinya.

Rumus rasio modal kerja mirip dengan rasio cepat , tetapi mencakup persediaan, yang tidak termasuk dalam rasio cepat. Rasio modal kerja mengukur keseluruhan likuiditas perusahaan, termasuk kemampuannya untuk melunasi kewajiban jangka pendek dengan aset jangka pendek.

Apa modal kerja memberitahu Anda tentang bisnis Anda?

Meskipun modal kerja adalah perhitungan yang mudah, angka tersebut dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang kesehatan bisnis Anda. Misalnya, rasio modal kerja kurang dari satu menunjukkan bahwa bisnis Anda menghadapi masalah likuiditas yang parah dan tidak memiliki aset lancar yang cukup untuk membayar kewajiban lancar.

Ini juga dapat memberi tahu calon investor dan lembaga keuangan bahwa perusahaan Anda stabil dan beroperasi dengan baik sesuai kemampuannya untuk membayar kewajiban yang akan datang. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat diketahui oleh modal kerja tentang bisnis Anda:

Apakah Anda perlu melakukan perubahan

Sebagai pemilik bisnis, Anda bertanggung jawab atas segalanya mulai dari membayar sewa tepat waktu hingga memastikan gaji karyawan Anda tidak terpental.

Modal kerja Anda memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk mengetahui apakah Anda akan dapat memenuhi semua kewajiban keuangan Anda untuk tahun mendatang atau perlu membuat perubahan.

Likuiditas keseluruhan bisnis Anda

Sementara angka-angka pada laporan arus kas dan laporan laba rugi memberi Anda indikasi tentang kinerja bisnis Anda, tidak ada laporan yang dapat memberi Anda indikator yang baik tentang seberapa stabil finansial bisnis Anda untuk tahun depan.

Rasio modal kerja memberi Anda gambaran yang baik tentang total likuiditas bisnis Anda untuk tahun mendatang.

Seberapa sehat bisnis Anda?

Metrik modal kerja sangat penting bagi calon investor dan lembaga keuangan yang mungkin ingin Anda ajak berbisnis. Jumlah atau rasio modal kerja yang tampak sederhana dapat memberikan banyak informasi tentang bisnis Anda, terutama bagaimana hal itu akan berjalan sepanjang tahun fiskal saat ini.

  • Apa artinya jika rasio modal kerja saya kurang dari 1?

Kadang-kadang disebut sebagai modal kerja negatif, rasio modal kerja kurang dari 1 berarti bisnis Anda akan dianggap berisiko oleh investor dan lembaga keuangan. Ini juga berarti Anda berisiko tidak dapat membayar tagihan tepat waktu.

  • Mengapa saya perlu mengetahui modal kerja saya?

Bayangkan mencoba menjalankan rumah tangga Anda tanpa mengetahui berapa banyak uang yang Anda masuk dan tidak tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membayar tagihan Anda. Menghitung modal kerja untuk bisnis Anda memberi Anda jawaban itu.

Ini juga dapat menunjukkan dengan tepat area masalah yang potensial sebelum menjadi penghalang utama bagi kesehatan bisnis Anda.

  • Apakah sulit untuk menghitung modal kerja saya?

Tidak. Apakah Anda memilih untuk menghitung modal kerja sebagai rasio atau lebih memilih perhitungan modal kerja bersih, rumusnya sederhana:

  • Sebagai rasio:ambil aset Anda saat ini dan bagi dengan kewajiban Anda saat ini
  • Sebagai angka:ambil aset Anda saat ini dan kurangi kewajiban Anda saat ini
  • Bagaimana rasio modal kerja yang baik?

Rata-rata rasio modal kerja adalah 1; artinya untuk setiap $1 kewajiban lancar, Anda memiliki $1 aset lancar. Rasio modal kerja antara 1,5 dan 2 menunjukkan stabilitas keuangan yang solid, dan biasanya menunjukkan bahwa aset digunakan dengan benar.

Rasio modal kerja kurang dari 1 menunjukkan potensi masalah likuiditas, sementara rasio modal kerja lebih dari 3 menunjukkan bahwa aset tidak digunakan dengan benar.

Semua bisnis harus tahu apa modal kerja mereka

Tidak peduli apa bagian dari siklus hidup bisnis Anda, menghitung modal kerja Anda adalah penting. Meskipun dimungkinkan untuk menghitung rasio ini secara manual, cara terbaik untuk menghitung modal kerja Anda adalah dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.