Alat – alat yang diperlukan untuk membuat Studio rekaman Musik | LiteTeknoID

Alat – alat yang diperlukan untuk membuat Studio rekaman Musik

Ada hal lain yang wajib kalian persiapkan dalam membuat studio rekaman musik jika kamu ingin merekam suaramu ataupun suara akustik, diantaranya akan aku bahas kali ini mengenai alat bantu untuk merekam audio, karena jika kita langsung menggunakan mikrofon yang diambil dari bawaan handphone maka audio yang dihasilkan akan terdengar buruk. Jadi pada intinya kita membutuhkan perangkat yang mendukung agar mendapatkan hasil yang maksimal dan jelas.

Nah, agar kalian tidak bingung alat apa yang harus digunakan maka akan saya jelaskan beberapa alat yang bisa kalian gunakan di bawah dan ini.

1. Microphones

studio rekaman
Microphones

Microphone merupakan alat perekam suara yang paling banyak digunakan dan banyak sekali jenis microphone yang bisa kalian gunakan. Akan tetapi tidak semua microphone cocok untuk di pakai didalam studio rekaman melainkan hanya beberapa saja. Diantaranya

Studio Condenser Microphones atau sering disebut dengan nama Mikrofon Studio, untuk alat yang satu ini seringkali muncul dibanyak video rekaman cover musik Youtuber J.Fla, Mikrofon ini biasanya digunakan pada video cover musik atau kebutuhan sejenisnya seperti penyiaran Radio, Voice Over narasi video Youtube, dan proses perekaman dubbing Film dan Animasi. Untuk penggunaanya sendiri ada yang di colok langsung ke SoundCard Internal dan ada juga yang di colokkan terlebih dahulu ke perangkat Audio Interface dengan sambungan kabel XLR/AUX 3.5mm dan karena termasuk Mikrofon Kondenser sudah pasti sering kalian lihat juga rumitnya dan banyaknya asupan listrik yang dibutuhkan.

Directional Microphones adalah alat perekam suara yang biasanya digunakan untuk perekaman dengan jarak dekat (depan) seperti Konser Musik dan Dangdut Keliling, Mikrofon ini dapat menghilangkan suara dari arah yang lain. Jadi bisa digunakan di tempat – tempat umum karena noise dari luar tidak ditangkap masuk kedalam mikrofon tersebut.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Adobe Photoshop "Could not complete your request because of a problem parsing the JPEG data"

2. Audio Interface

studio rekaman
Audio Interface

Audio Interface adalah sekumpulan alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan alat perekam. Audio Interface antara lain adalah kabel konektor, Phantom Power 48v, Soundcard, DAC (Digital to Analog Converter), Amplifier, dan lainnya.

3.  Headphone

studio rekaman
Headphone

Hal yang terpenting Setelah merekam adalah memeriksa kembali hasil suara yang telah direkam. Sebaiknya kamu menggunakan headphone yang didesain untuk monitoring, Headphone yang dikhususkan untuk monitoring audio rekaman telah disesuaikan komposisi Bass dan Treble-nya sehingga anda akan mendengar suara yang flat dan lebih realistis dibanding Headphone lainnya untuk memeriksa hasil tersebut. Jernih atau tidaknya hasil rekaman dapat kamu dengar secara lebih jelas dengan menggunakan headphone tersebut. Jika kamu merasa hasil rekaman suara kurang baik, maka kamu perlu melakukan perekaman ulang.

4. Komputer

studio rekaman
Komputer

Di jaman serba Digital ini Tentu saja kita amat sangat membutuhkan komputer, karena yang saya bahas disini adalah rekaman berbasis digital. Semua mulai dari editing, mixing, hingga mastering kita lakukannya dengan bantuan komputer. Tapi komputer yang digunakan juga bukanlah komputer kentang sembarangan. Kenapa? 

Karena untuk melakukan kegiatan itu semua akan membutuhkan kinerja processor, ram, maupun hard disk yang mumpuni. Sebagai contoh adalah software Ableton Live 10 yang merekomendasikan Prosesor Intel Core i5 keatas dan 8GB RAM demi kelancaran prosesnya.

5. DAW (Digital Audio Workspace)

studio rekaman
DAW (Digital Audio Workspace)

DAW adalah sebuah software yang digunakan untuk merekam, mengedit, mixing dan mastering beberapa track audio sekaligus yang sudah direkam untuk menjadi sebuah karya Lagu yang siap untuk dinikmati. Contoh DAW yang bisa digunakan oleh banyak orang adalah Ableton Live dan Fruity Loops.

Kesimpulan

Dengan membaca peralatan-peralatan yang diperlukan untuk membuat studio rekaman kamu jadi tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya sendiri, kalau terlalu mahal mungkin bisa dimulai dari paket Home Recording yang sudah banyak dijual di pelapak-pelapak online, coba bayangkan saja bagaimana rasanya ketika anda mendapatkan banyak follower dari Smule karena audio yang dihasilkan tersebut terdengar begitu jernih.

Baca Juga :   Auto kill banyak , senjata - senjata yang wajib kamu coba di pubg mobile

2 thoughts on “Alat – alat yang diperlukan untuk membuat Studio rekaman Musik

  • July 7, 2020 at 9:42 am
    Permalink

    I simply want to mention I am just newbie to blogs and certainly liked you’re web page. More than likely I’m going to bookmark your blog . You really have remarkable posts. Regards for revealing your webpage.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *