software untuk rekaman untuk Pemula dan Professional Terbaik 2018

Memproduksi musik dengan software yang murah adalah hal yang paling menyenangkan bagi kita untuk memamerkan karya kita, ini merupakan alternatif yang sangat baik daripada anda harus merekam di studio dan menyesuaikan reverb dan bass disana. ratusan ribu bisa habis untuk penyewaan studio dalam hitungan jam. tapi jika kalian meluangkan waktu untuk menggunakan PC kita lebih baik kita bisa mendapatkan hasil yang sama baiknya daripada harus melenyapkan jutaan rupiah, cekidot gan!

1. FL Studio 

software untuk rekaman
FL Studio

FL Studio ini merupakan software yang populer dikalangan composer musik, sudah banyak sekali orang membuat instrumen MIDI dengan software ini. FL Studio adalah salah satu aplikasi terbaik untuk kebutuhan aransemen yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Bahkan ketika anda tidak tahu bagaimana cara menggunakannya anda bisa searching saja di Youtube untuk tutorial-tutorialnya. 


Aplikasi ini populer karena sangat nyaman dan sangat memudahkan ketika digunakan untuk membuat beats dan loop. FL Studio memiliki fitur agar pengguna bisa merekam secara real time dan bisa mengedit tracknya ketika pengguna ingin sedang mendengarkannya..


Interface yang scalable yang ini sangat berguna bagi mereka yang bekerja secara multi-tasking. Pilihan chanel menu dengan berbagai toolbar menu di dalam rak chanel. Serta Piano roll sekarang dapat memilih setting dengan cara Setting Auto, Rajanya Plugin VST dan masih banyak lagi.

2. Ableton Live 

software untuk rekaman
Ableton Live

Sama seperti FL Studio, Ableton Live ini juga menjadi aplikasi standar yang digunakan oleh banyak produsen dan musisi di luar sana untuk menciptakan dan merekam musik. Sebenarnya software ini tidak sepenuhnya free. Namun, versi Lite adalah versi gratisan dari DAW (digital audio workstation)  ini. Versi ini hadir dengan beberapa keterbatasan, misalnya hanya memiliki delapan track rekaman saja.

Ableton Live telah menjadi software mastering dengan performa terbaik selama bertahun-tahun. Ableton Live memiliki reputasi yang panjang dan kuat di industri musik sebagai salah satu DAW yang terbaik. Perangkat lunak ini ditujukan untuk menjadi software merekam, mixing, dan mastering.

Ableton Live banyak digunakan oleh DJ terkenal, karena sangat baik untuk beatmatching dan crossfading. Secara efek, aplikasi ini memiliki cukup banyak efek dan instrumen untuk menciptakan audio berkualitas profesional dan memungkinkan kamu untuk menggabungkannya dengan perangkat MIDI seperti keyboards.

Saat kamu sudah mahir menggunakannya, kamu bisa meningkatkan fiturnya ke lisensi penuh dan mendapatkan efek-efek baru lainnya. Ableton ini cukup mudah digunakan dan membuat kamu bisa mempelajarinya sendiri tanpa bimbingan ahlinya.

3. Steinberg Cubase 

software untuk rekaman
Steinberg Cubase

Steinberg Cubase adalah Music Production Software besar yang digunakan oleh banyak sekali musisi di seluruh dunia. kualitas suara rapi membuat software masterpiece ini dipakai dalam industri-industri Produksi Musik. penanganan yang intuitif ini membuat software Cubase luar biasa dan sangat dicintai di kalangan para musisi. Software Cubase ini sangat direkomendasikan untuk recording, mengedit, mixing dan mastering.

Cubase Ini adalah software unggulan dalam hal recording, namun penggunaan software ini lebih cocok untuk orang yang sudah berpengalaman dalam dunia mixing dan mastering, 

Aplikasi yang satu ini sangat baik  untuk komposer serta produsen. Aplikasi ini juga memiliki VST3 baru plug-in serta mengatur. Instrumen terpadu mampu menghasilkan lebih banyak suara.

4. Adobe Audition 

software untuk rekaman
Adobe Audition

Siapa lagi yang tidak kenal Adobe? Perusahan besar itu merilis versi CS6 yang sangat banyak digunakan oleh para editor musik dan Software ini merupakan salah satu software favorit bagi para pemula, di adobe audition tersedia banyak effect yang mudah sekali kita gunakan untuk memperelok lagu. 

Audio yang mono ataupun stereo bisa diimpor hasilnya dalam bentuk wav, mp3, aiff. Pada umumnya Audition ini berguna untuk menyesuaikan klip dan audio sesuai keinginan, serta menyesuaikan pergerakan waktu, surround reverb dan teknologi mengubah pitch yang bagus. Software Audition ini sangat direkomendasikan untuk melakukan dasar-dasar membuat lagu dengan menawarkan perekaman audio, mixing multi-track, dan mastering.

5. Audacity

software untuk rekaman
Audacity

Software Audacity ini opensource dan cara penggunaannya pun sangat mudah dan sangat sangat direkomendasikan sekali oleh Litetekno. Audacity ini kaya akan fitur dan memiliki banyak kegunaan untuk keperluan produksi musik. Selain untuk editing musik, software ini juga bisa melakukan recording atau rekaman.

Audacity merupakan aplikasi yang paling ringan untuk mengedit audio atau musik yang paling berguna untuk memotong, menambahkan, memperbaiki, menghilangkan noise hingga menambahkan berbagai efek agar hasil keluaran suara yang didapat sesuai dengan keinginan pengguna. Jadi kamu bisa menggunakannya layaknya seorang editor audio profesional hanya dengan skill pemula.

Kesimpulan 

Hebat sekali bukan dengan kelima aplikasi tersebut kamu jadi tidak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk menyewa editor audio, kalau belum terlalu mahir dalam menggunakan software pengolahan audio kamu bisa mulai dari Audacity, coba bayangkan saja betapa nikmatnya ketika kamu mendengarkan suaramu terdengar lebih baik dan lebih enak didengar daripada suara mentahan yang baru saja diambil dari proses recording, akan lebih baik kamu edit terlebih dahulu rekaman tersebut.

2 thoughts on “software untuk rekaman untuk Pemula dan Professional Terbaik 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *