5 kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak | LiteTeknoID

5 kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak

Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif ketika kita kaitkan dengan kata “kerusakan”. tidak hanya laptop barang elektronik semuanya pun sama. namun dalam beberapa keadaan ada beberapa hal – hal yang tidak kamu sadari itu justru merusak laptop, ataupun komponen lainnya. kali ini LiteTekno akan memberi tahu kamu. 5 kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak.

1. Bermain laptop di atas kasur

kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak
Bermain laptop di atas kasur

Ini adalah kesalahan paling fatal yang sering dilakukan semua orang, dengan alasan males untuk beranjak dari tempat tidur. yang harus kalian tahu adalah jika kalian bermain di alas yang empuk seperti kasur.

hal tersebut malah akan membuat menyumbat angin pengeluaran dari laptop, dan membuat baterai cepat panas.   dan harus kalian ingat baterai pada sebuah laptop bagaikan nyawa kedua. oleh karena itu jika ingin bermain laptop usahakan sediakan meja ataupun alas yang sekiranya memungkinan.

2. Berlari – lari sambil menggendong laptop

kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak
Berlari – lari sambil menggendong laptop

Untuk anak sekolahan, kuliah, atau kerja yang sering membawa laptop di tas yang di gendong. ini hal yang paling sering dilakukan, karena dengan kalian berlari otomatis laptop kalian yang berada di dalam tas akan ikut goyang ataupun terkena guncangan saat kalian berlari.   

Resiko yang paling besar terjadi adalah kerusakan pada HDD, karena saat kalian berlari komponen HDD khususnya akan ikut tergoyang. hati hati ya gengs.

3. Bermain Laptop di atas alas yang kotor

kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak
Bermain Laptop di atas alas yang kotor

Pada beberapa kasus kerusakan yang sering tidak disadari adalah bermain dengan alas yang kotor. hal ini karena debu – debu yang ada di atas  entah itu meja, atau yang lainnya. akan terserap melalui pembuangan laptop kalian.   

Baca Juga :   Cara upload foto / video di Instagram pc / laptop

dan ini yang menyebabkan bukan hanya satu komponen yang rusak bahkan semuanya bisa terjadi kerusakan karena debu – debu membandel yang akan mengotori motherboard kalian.

4. Jangan Menggunakan laptop dengan baterai dibawah (20%)

kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak
Jangan Menggunakan laptop dengan baterai dibawah (20%)

Jika kalian menggunakan laptop karena alasan tugas, ataupun bermain game. ingat satu hal jangan lupa untuk mencolok charger. jika kalian memaksakan untuk menggunakan laptop kalian dibawah 20% . ini akan menyebabkan baterai kalian cepat bocor.  

jadi dirasa sudah kurang dari 20% cepat cepat charger laptop kalian, atau tidak jika tidak ada sleep terlebih dulu atau jika bisa shutdown saja untuk keamanan jangka panjang umur laptop kalian.

5. Tidak memasang baterai dan langsung mencolok Charger ke Listrik

kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak
Tidak memasang baterai dan langsung mencolok Charger ke Listrik

Ini adalah kecerobohan yang sering dilakukan oleh orang orang yang malas ?? saat baterai laptop kaliantercopot atau rusak . jangan pernah langsung mencolok laptop ke charger tanpai menggunakan baterai .

karena daya listrik tidak di alihkan terlebih dulu dan langsung ke motherboard hal ini akan menyebabkan motherboard ceoat panas dan sangat rawan terjadi kerusakan  

Kesimpulan

Kerusakan – kerusakan yang terjadi pada laptop bukan hanya terjadi karena kecerobohan fatal seperti terjatuh, terlempar dan lainnya. kalian harus ingat hal sekecil apapun jangan pernah kalian lakukan jika itu menyebabkan kerusakan pada laptop. memang tidak terasa untuk jangka pendek. namun itu akan terasa jika umur laptop di atas 2 / 3 tahun semenjak pembelian baru.

4 thoughts on “5 kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak

  • Pingback: Windows 10 akan Tampilkan Suhu GPU di Task Manager - LiteTekno ID

  • October 24, 2019 at 1:50 pm
    Permalink

    With havin so much content and articles do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation? My website has a lot of completely unique content I’ve either created myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the internet without my permission. Do you know any solutions to help protect against content from being stolen? I’d really appreciate it.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *