6 Aplikasi Web Developer Terbaik

Semua website yang ada di dunia maya ini pasti merupakan hasil dari pengembangan seorang atau sekelompok web developer. Mereka inilah yang bertanggungjawab agar fungsi-fungsi sebuah website bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Agar bisa melakukan pekerjaannya, seorang web developer pasti membutuhkan aplikasi. Nah, kira-kira aplikasinya apa aja yah?

Kali ini, kami bakal ngasih tau kamu daftar aplikasi web developer terbaik. Mau tau apa aja? Yuk disimak aja daftar berikut.

Notepad++

dari hostinger.co.id

Notepad++ adalah aplikasi text editor yang dikembangkan untuk perangkat berbasis Windows. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Repositorinya juga bisa kamu cari di GitHub. Oh iya, Notepad++ juga kompatibel dengan plugin buata pihak ketiga.

Tampilan Notepad++ simpel dan sederhana. Besar file instalasinya juga kecil. Bahkan, tersedia juga versi mobile-nya.

Sublime Text

dari hostinger.co.id

Sublime Text memiliki tampilan yang dinamis. Kamu bisa memilih beberapa tema yang tersedia sesuai selera kamu. Ini kenapa aplikasi satu ini masuk dalam aplikasi web developer terbaik.

Aplikasi ini mendukung berbagai macam sistem operasi, mulai Windows, iOS, hingga Linux. Meski begitu, aplikasi ini paling cocok diinstal di Linux. Performa aplikasi ini bakal lebih maksimal saat digunakan dalam sistem operasi ini.

Keunggulan lain dari Sublime Text adalah bisa digunakan pada perangkat berspesifikasi minim. Sublime Text juga memungkinkan kamu untuk menambah fitur dengan menginstal plugin. Namun, spesifikasi perangkat yang kamu pakai harus ditingkatkan dulu sebelum menggunakan plugin.

Adobe Dreamwaver

dari hostinger.co.id

Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi terkemuka, Adobe Inc. Aplikasi ini bisa dipake untuk pengembangan back-end ataupun front-end dalam sebuah web.

Sebagai aplikasi close-source, Dreamweaver bisa dijalankan di dalam ekosistem Adobe. Karena itu, Adobe menyediakan bantuan, plugin, dan fitur-fitur lainnya agar kamu bisa mengembangkan web dengan baik.

Dreamweaver bisa dijalankan dengan metode tekstual atau WYSIWYG (What You See Is What You Get). Jadi, kamu bisa milih apa mau menulis kode-kode web dengan menampilkan live preview atau dengan cara klasik.

Atom

dari omgubuntu.co.uk

Aplikasi satu ini bersifat gratis dan open source. Atom menerapkan lisensi gratis yang dikembangkan oleh GitHub community. Walau gratis, Atom menawarkan pengalaman premium kepada penggunanya, termasuk fleksibilitas dalam meng-custom aplikasi tersebut.

Pengembang Atom mempersilakan siapa pun yang ingin berkontribusi dalam mengedit, mengembangkan, mengubah, mengganti, dan membagikan source code serta membuat fitur kreasi sendiri untuk pengembangan Atom ke depannya.

Brackets

dari brackets.io

Brackets adalah aplikasi text editor yang ringan, powerful dan modern. Aplikasi ini menggabungkan tampilan visual ke dalam editor. Jadi, kamu bisa terbantu saat mengembangkan web. Seperti halnya Atom, Brackets termasuk aplikasi open source, yang didukung oleh komunitas pengembangnya yang aktif.

Komodo Edit

dari niagahoster.co.id

Ada aplikasi lain yang cukup mirip dengan Sublime Text, yaitu Komodo Edit. Keduanya sama-sama mempunyai fitur yang cukup lengkap dan bisa dipakai di berbagai sistem operasi.

Komodo Edit sendiri sebenarnya sudah lama dikembangkan. Aplikasi ini resmi diperkenalkan pada tahun 2007 untuk melengkapi IDE berbayar Komodo ActiveState.

Komodo Edit mendukung beberapa bahasa pemrograman web, seperti HTML, CSS, PHP, dan lainnya.

Sekian dulu daftar aplikasi web developer terbaik pilihan kami. Semoga pilihan kami di atas merupakan aplikasi terbaik yang bisa kamu pakai untuk ngembangin web kamu. Selamat mencoba yahh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *