Inilah 6 Keuntungan Investasi di Pasar Modal yang Harus Anda Ketahui

Keuntungan Investasi di Pasar Modal

Investasi Pasar modal atau yang juga dikenal dengan nama capital market merupakan tempat jual beli berbagai produk investasi jangka pendek. Transaksi yang terjadi di dalam pasar modal diyakini aman karena diawasi oleh OJK dan BEI. Selain aman, beberapa keuntungan Investasi di pasar modal di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fleksibel

Keuntungan pertama yang akan didapat ketika berinvestasi di pasar modal, Anda bisa keluar masuk pasar modal dengan bebas. Anda memiliki kesempatan untuk menjual dan membeli asset tanpa terikat waktu yang panjang. Tidak hanya itu, Anda juga diizinkan untuk membeli saham di berbagai perusahaan. Bahkan, jika memiliki modal yang cukup Anda juga bisa membeli surat obligasi.

  1. Lebih Cuan

Anda sering mendengar kalimat “beli saat harganya rendah dan jual saat harganya tinggi” bukan? Hal yang tersebut mengarah pada istilah capital gain. Semua instrumen investasi pasar modal memiliki sistem yang hampir sama. Jika berinvestasi di pasar modal, Anda bisa menginvestasikan kembali keuntungan yang didapat dan bunga dari capital gain. 

  1. Lebih Liquid

Apa maksudnya liquid dalam dunia investasi? Modal yang ditanamkan akan lebih mudah untuk dicairkan. Contohnya, jika Anda berinvestasi saham di bursa efek, Anda hanya perlu menjual atau order sell untuk mencairkan uang. Proses pengambilan uang dapat dilakukan setelah 3 hari pasca transaksi dilakukan. Transaksinya pun hanya memerlukan waktu sekian menit saja.

  1. Aman

Keuntungan investasi di pasar modal selanjutnya, transaksi yang dilakukan jauh lebih aman jika dibanding dengan investasi lain. Bagaimana bisa? Di pasar modal badan usaha yang terdaftar adalah perusahaan-perusahaan terpercaya. Transaksi yang terjadi di pasar modal juga diawasi oleh OJK dan BEI. Jadi, kemungkinan adanya penggelapan dana dari investor sangat minim.

  1. Pilihan Produknya Banyak

Di pasar modal Anda dapat menerapkan strategi diversifikasi karena produk investasi pasar modal sangat beragam. Anda bisa berinvestasi di reksadana, obligasi, saham, atau jenis investasi lain yang menurut Anda menguntungkan. Dengan beragam produk yang tersedia, jika suatu ketika investasi mengalami capital loss, maka Anda masih bisa berinvestasi di produk yang mengalami capital gain.

  1. Memperoleh Keuntungan Pasif

Memutuskan berinvestasi di pasar modal akan membuat Anda memiliki keuntungan pasif yang dapat diperoleh secara berkala tanpa harus bekerja. Beberapa pendapatan pasif bisa didapatkan melalui dividen yang rutin diberikan kepada investor saat perusahaan mendapat laba bersih. Pembagian dividen dari setiap perusahaan tentu saja tidak sama, tergantung dengan seberapa besar keuntungan bersih yang didapat oleh perusahaan.

Nah, itulah 6 keuntungan investasi di pasar modal yang dapat dijadikan pertimbangan jika Anda ingin memulai investasi jangka pendek. Kendati demikian, Anda tetap harus berhati-hati dan harus memiliki pegangan strategi. Kenapa? Masing-masing jenis investasi pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Untuk meminimalisir terjadinya kegagalan, Anda harus pandai dalam bermain strategi. Selain itu Anda juga harus memahami cara membuka rekening saham yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.