Aplikasi Meeting Virtual Untuk Work From Home

work from home
Ilustrasi meeting secara online | Foto: Business Insider

Wabah virus Covid-19 atau Corona yang sudah menyebar ke Indonesia, membuat pemerintah menghimbau penerapan bekerja dari rumah, atau istilah kerennya work from home (WFH) untuk para pekerja. Tujuannya agar risiko penularan virus corona bisa diperkecil.

Kebijakan tersebut memang agak merepotkan bagi beberapa perusahaan. Ada yang masih mencari aplikasi yang cocok untuk menggelar rapat kerja (meeting) di ranah virtual supaya pekerjaan tetap bisa terselesaikan dengan efektif dan produktivitas tetap terjaga.

Oleh karena itu, kami bakal berbagi 7 aplikasi meeting virtual untuk kalian yang sedang menerapkan WFH. Apa aja sih aplikasinya? Ini dia daftarnya:

1. WhatsApp

Tak hanya sebagai aplikasi chat, WhatsApp juga bisa digunakan sebagai aplikasi untuk meeting virtual. Kamu bisa menggunakan fitur “video call” untuk melakukan meeting kecil-kecilan.

Sebagai catatan, WhatsApp cuma mengizinkan empat orang dalam satu panggilan video call.

2. Google Meet

Aplikasi ini adalah aplikasi percakapan online dari Google. Hangouts Meet didesain sebagai platform meeting bagi kalangan profesional karena dalam satu panggilan video bisa menampung sampai 250 pengguna sekaligus.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur-fitur Google lainnya, seperti menampilkan caption secara otomatis berkat teknologi text-to-speech, sampai jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Bagi yang ingin bergabung dalam sebuah “ruangan” meeting, pengguna bisa memasukkan meeting code yang diberikan oleh inisiator percakapan video.

3. Skype

Aplikasi dari Microsoft ini dapat menampung sampai 25 orang dalam satu panggilan video. Selain itu, aplikasi ini bisa kamu akses dari berbagai perangkat, mulai dari komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga TV (yang mendukung fitur Skype).

Tak hanya itu, Skype bisa dipakai sebagai platform chat berbasis teks, baik untuk komunikasi antar individu atau dalam grup, serta mendukung layanan voice call (berbayar) ke nomor ponsel atau telepon rumah.

4. Slack

Slack merupakan aplikasi percakapan berbasis grup yang dapat dipakai untuk berkomunikasi berbagai topik dalam satu grup. Aplikasi ini pun dapat digunakan untuk berbagi dokumen serta “online meeting” dengan video conference yang bisa menampung maksimal 15 orang dalam satu panggilan.

Aplikasi ini terintegrasi dengan beberapa tools dan media sosial, mulai dari Google Drive, Dropbox, sampai Twitter. Fitur pencarian di Slack menjadi salah satu fitur menarik, dimana kamu bisa memakainya untuk menelusuri topik atau chat yang pernah dilakukan sebelumnya.

5. Facetime

Facetime adalah aplikasi video call yang dikhususkan untuk perangkat keluaran Apple, mulai dari iPhone, iMac, iPad, dan Pod Touch.

Aplikasi ini bisa menampung sampai 32 orang dalam sekali video call. Kelebihan aplikasi ini adalah pengguna bisa menggunakan kamera belakang untuk memperlihatkan obyek yang ada di depan mata kepada peserta video call.

6. Zoom

Aplikasi ini bisa menjadi aplikasi alternatif untuk melakukan meeting secara virtual saat kamu melakukan work from home. Dalam satu panggilan video, aplikasi ini bisa menampung sampai 100 orang.

Fitur yang ada di Zoom juga mumpuni dalam memudahkan meeting virtual, mulai dari fitur screen sharing ke para peserta meeting, serta terintegrasi dengan Google Drive, Dropbox, dan Box agar kamu bisa berbagi dokumen dan foto. Oh iya, kamu juga bisa mengundang peserta meeting dengan nomor telepon atau alamat e-mail.

7. Cisco Webex

Aplikasi ini memang terdengar asing. Namun, Cisco Webex ternyata biasa digunakan oleh beberapa perusahaan besar, khususnya yang bertengger di daftar Fortune 500. Aplikasi berbayar ini dapat memuat sampai 100 orang dalam satu panggilan video conference.

Tak hanya itu, aplikasi ini memilii fitur screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, virtual board untuk menggambar, pengunggah dokumen, hingga perekam percakapan video.

Sekian artikel kami kali ini seputar aplikasi meeting virtual yang bisa kamu pake saat menjalani work from home. Tentu saja, kita berharap agar kondisi sekarang ini bisa kembali pulih. Semoga artikel ini bermanfaat yahh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *