Pasar Modal yang Efisien, Bagaimana Cara Untuk Memahaminya?

Pasar modal yang efisien – Ketika menjadi seorang investor, Anda perlu tahu bagaimana caranya memahami kondisi pasar yang kerap tidak menentu. Paham terhadap kondisi pasar akan membantu Anda untuk tidak salah langkah ketika hendak melakukan investasi.

Apakah yang Dimaksud Dengan Kondisi Pasar Modal yang Efisien?

Pasar modal yang efisien merupakan situasi dimana harga-harga sekuritas yang ada di pasar modal, relevan dengan semua informasi yang ada.

Ciri pasar modal yang sedang dalam kondisi efisien adalah pasar sedang dalam keadaan yang seimbang dan kondisi pasar berlangsung bebas.

Lalu bagaimana cara untuk bisa memahami kondisi tersebut? Anda bisa memakai teori pasar efisien.

TeoriĀ  Pasar Efisien

Teori efisiensi pasar merupakan sebuah teori yang dibuat oleh seorang pakar keuangan bernama Eugene Fama di tahun 1960-an. Teori ini dianggap penting untuk siapa saja yang berkecimpung di dalam dunia pasar modal.

Teori pasar efisien adalah teori yang berisi sebuah hipotesis tentang harga sebuah aset yang menggambarkan semua informasi yang dimilikinya.

Anda bisa menjadikan saham sebagai contoh. Harga saham selalu naik turun tanpa bisa diduga, tetapi yang diperjualbelikan sebenarnya dari sebuah saham adalah nilainya.

Artinya, Anda mungkin memiliki saham dengan harga yang tinggi tetapi belum tentu bisa mendapatkan keuntungan yang ada di atas rata-rata pasar.

Apa Saja Bentuk Dari Teori Pasar Efisien?

Untuk bisa mengetahui kondisi pasar modal yang efisien, terdapat 3 teori pasar efisien yang bisa dipakai yaitu kuat, semi kuat, dan lemah. Kita akan bahas satu persatu setiap teori yang ada.

  • Teori Pasar Efisiensi Kuat

Merupakan teori yang menyatakan kalau informasi baik yang rahasia maupun yang diketahui orang secara umum, bisa dijadikan gambaran dari harga saham yang sebenarnya.

  • Teori Pasar Efisiensi Semi Kuat

Sementara teori semi kuat adalah teori yang mengatakan kalau nilai saham merupakan gambaran dari semua informasi yang boleh diketahui oleh masyarakat. Informasi yang dimaksud adalah informasi mengenai suku bunga dan laporan keuangan.

  • Teori Pasar Efisiensi Lemah

Teori yang terakhir ini menyebutkan kalau tidak ada informasi yang dapat menggambarkan harga dari saham dan pergerakan pasar.

Kritik Terhadap Teori Pasar Efisien

Sebagai informasi, teori pasar efisien juga kerap mendapat kritik karena kenyataannya pasar saham sering dipenuhi oleh tindakan tidak rasional para investor. Sementara teori ini hanya berlaku apabila tindakan yang dilakukan para investor adalah tindakan rasional.

Namun, terlepas dari adanya kritik itu, teori ini masih dianggap penting untuk melihat situasi tersebut. Bagaimana menurut Anda? Jika Anda tertarik dengan pasar modal, Anda bisa mencari cara berinvestasi di pasar modal terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.