Adobe Media Encoder: Render Lebih Cepat, Hasil Maksimal

Dalam membuat video, kita akan mengenal sebuah proses penting yang dinamakan rendering. Rendering adalah proses mengubah file video yang sudah diediting sebelumnya, menjadi sebuah bentuk file video baru yang bisa diputar menggunakan video player.

Rendering merupakan tahapan terakhir dari alur proses pembuatan video. Tidak seperti “Save as” yang cuma menyimpan file mentahnya saja dan prosesnya terbilang singkat, proses rendering bisa memakan waktu yang sangat lama.

Proses render bisa memakan waktu lebih dari 1 hingga 2 jam. Lamanya proses render tergantung dari jenis format video yang diinginkan dan panjangnya durasi video yang di-render.

Hasil video yang dirender pun kadang bisa memenuhi harddisk internal, karena ukuran filenya yang terlampau besar. Padahal, video yang dibuat hanya berdurasi sekian menit saja.

Kalo kamu sering pake software video editing keluaran Adobe, yaitu Adobe Premiere Pro atau Adobe After Effect, kamu beruntung. Adobe merilis semacam encoder untuk memproses file video yang diedit menggunakan software Adobe, namanya Adobe Encoder.

dari adobe.com

Adobe Encoder adalah software yang dirilis oleh Adobe untuk mengkompres hasil rendering video. Ini artinya, file video yang selesai dirender bisa memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Adobe Encoder juga bisa memudahkan kamu dalam nentuin hasil rendering video yang kamu inginkan. Semua pengaturan yang kamu butuhin sudah ada di dalam Adobe Encoder. Sehingga, kamu nggak perlu lagi ubek-ubek pengaturan video yang nggak kamu paham.

Untuk bisa memakai Adobe Encoder, kamu harus instal dulu Adobe Encoder di komputer / laptop kamu. Biasanya Adobe Encoder pasti sepaket dengan Adobe Master Collection. Kalo ternyata belum terinstal, kamu bisa download sendiri di internet.

Lalu, gimana cara merender video menggunakan Adobe Encoder? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan file video yang akan dirender sudah selesai diedit menggunakan Adobe Premiere Pro
  2. Selanjutnya, klik File > Export > Media
  3. Lalu, akan keluar sebuah window, dimana kamu bisa mengatur pengaturan untuk rendering yang akan dilakukan. Pada bagian ini, langsung klik “Queue”.
  4. Adobe Encoder akan terbuka secara otomatis
  5. Setelah jendela Adobe Encoder muncul, pilih format video yang kamu inginkan. Misalnya, untuk video 720p dan untuk diupload ke Youtube, pilih Web Video > Youtube > Youtube 720HD atau Youtube 1080HD.
    4. Drag format video yang kamu pilih barusan ke bagian kiri atau bagian video kamu. Jika mengikuti contoh, format di bagian kiri akan berubah menjadi “H.264 Youtube 720 HD”.
    5. Terakhir, klik “Start” dan tunggu proses rendering hingga selesai.

Mudah kan menggunakan Adobe Encoder? Semoga artikel kami kali ini bisa membantu kamu dalam editing video. Selamat mencoba (;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *