Android Q Tidak Gunakan Nama Makanan, Ini Namanya!

Android 10 Bukan dari Huruf Q

Android terbaru sebelumnnya dijuluki Android Q, sebelum ada nama resmi saat dikenalkan. Google akhirnya menetapkan nama untuk sistem operasi Android terbaru, yaitu Android 10.

Ini cukup mengejutkan, pasalnya nama sistem operasi terbaru Android diprediksi akan mengambil nama kudapan (dessert) seperti pendahulunya, Android Oreo dan Android Pie.

Penetapan nama ini sekaligus mengubah kebiasaan Google yang selama 10 tahun ke belakang selalu memberi nama Android dengan nama makanan penutup.

Jika merunut pada penamaan Android, Google seharusnya menggunakan nama makanan penutup berawalan alfabet Q.

Google mengumumkan nama OS generasi baru, Android 10.
Google mengumumkan nama OS generasi baru, Android 10.

Android 10 sebelumnya disebut sebagai Android Q, namun kini nama resminya adalah Android 10. Mungkin bisa jadi nama sistem operasi Android yang selanjutnya adalah Android 11, 12 dan seterusnya.

Padahal kalau kita kilas balik tradisi Google selama ini selalu menyematkan nama makanan penutup sesuai susunan alfabet. Baik itu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollipop, Marhsmallow, Nougat, Oreo, hingga Pie.

Baca Juga: fitur fitur dari versi android Q terbaru 2019

Selain nama baru, Google pun memberikan perubahan pada logo Android. Aude Gandon, Global Brand Director Android menyebut logo ini mempunyai tampilan yang lebih modern.

Perubahan penamaan Andorid ini disebut-sebut karena Google sulit menemukan nama makanan pembuka berawalan huruf Q.

Selain nama baru, Google pun memberikan perubahan pada logo Android. Logo baru ini menyertakan robot kecil berwarna hijau, dan bukan sekadar tulisan Android berwarna hijau.

Menurut Gandon, Robot inilah diferensiasi dari Android yang membuatnya menjadi lebih spesial. 

Logo baru Android
Logo baru Android

“Robot ini yang membuat Android menjadi spesial. Ini membuatnya lebih manusiawi, menyenangkan, dan lebih terbuka,” ujarnya.

Dalam blog resminya, Google mengakui jika penamaan sistem operasi menyanangkan, namun cara ini ternyata sulit dipahami orang dari negara-negara tertentu.

Baca Juga: Format video Paling Populer di Dunia

Nama baru dan logo baru sepertinya menjadi hal spesial untuk Android versi ke-10. Meski ada juga anggapan perubahan nama ini dilakukan karena sulit untuk mencari makanan penutup yang dimulai dengan huruf Q.

Google mengklaim jika penamaan sistem operasi yang jelas dan dapat dihubungkan dengan semua orang di dunia sangat penting. Terlebih saat ini Android digunakan secara aktif oleh lebih dari 2,5 miliar perangkat.

Pada akhirnya, prediksi nama Android Q hanya spekulasi pengamat saja, karena nama resminya adalah Android 10.

Sumber:
https://techno.okezone.com/
https://inet.detik.com
https://www.cnnindonesia.com

Akhir Kata

Bagaimana menurut kamu dengan penamaan versi terbaru dari OS Android ini?

Awalnya sih LiteTekno menganggap bahwa Android 10 akan diberi nama makanan penutup berinisial huruf Q. Tapi siapa yang menyangka bahwa Android berkata lain, mereka berinisiatif untuk menggunakan nomor, karena nomor lebih universal ketimbang nama kudapan.

Sampai disini saya akhiri artikelnya. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya:

One thought on “Android Q Tidak Gunakan Nama Makanan, Ini Namanya!

  • October 24, 2019 at 1:41 pm
    Permalink

    I will right away grab your rss feed as I can’t to find your email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any? Kindly allow me realize in order that I could subscribe. Thanks.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *