Apa sih Bedanya Antivirus dengan Antimalware? | LiteTeknoID

Apa sih Bedanya Antivirus dengan Antimalware?

Sekarang ini, perkembangan teknologi komputer semakin canggih. Berbagai inovasi terbaru di bidang komputer semakin mempermudah kehidupan kita.

Tetapi, seiring waktu juga, perkembangan malware dan virus komputer semakin canggih. Tujuannya tak hanya sekedar untuk mendapatkan uang, tetapi juga sudah mencakup untuk memata-matai orang lain.

Oleh karena itu, saat ini keamanan data komputer bisa dibilang menjadi kebutuhan paling mendasar. Apalagi, jika komputer kita sering digunakan untuk berselancar di internet.

Agar keamanan komputer kamu terjaga, apalagi saat digunakan untuk berselancar internet, maka sangat disarankan untuk memasang anti-malware atau antivirus. Supaya saat ada malware atau virus yang berhasil masuk ke komputer kamu, anti-malware atau antivirus akan bekerja untuk menghapusnya dari komputer kamu secara permanen.

Saat ini, sudah banyak kok jenis antivirus atau anti-malware yang tersedia di pasar. Mulai dari yang gratis, hingga yang berbayar. Tentu saja, perbedaan harga menentukan fitur-fitur yang disediakan. Namun, semua antivirus atau antimalware pasti selalu update terhadap virus dan malware terbaru.

Eh sebentar, emang antivirus sama antimalware tuh bedanya apa yah? Sekilas fungsinya sama. Sama-sama menghalau virus, sama-sama menghalau malware. Terus, apa bedanya dong?

Apa sih Bedanya Antivirus dengan Antimalware?
dari idntimes.com

Sebenarnya, saat ini perbedaan antara antivirus dan anti-malware tidak terlalu keliatan, malah keduanya memiliki arti yang sama.

Tetapi bisa dibilang, sebutan antivirus sudah agak ketinggalan zaman, karena perkembangan virus saat ini sudah banyak yang menyamar sebagai aplikasi tertentu atau sebutannya sekarang malware.

Fungsi anti-malware bahkan bisa dibilang nggak ada bedanya dengan antivirus yang kita kenal, yaitu untuk membasmi software berbahaya di komputer.

Mengingat keamanan komputer saat ini sangat penting, maka kamu jangan salah pilih anti-malware atau antivirus. Pilihlah anti-malware yang tepat supaya kamu bisa tenang dalam mengoperasikan komputer yang terhubung ke internet.

Baca Juga :   Tik Tok Rilis HP, Ini dia Spek dan Harganya!

Kenapa kamu sampe ga boleh salah pilih? Karena bisa saja komputer kamu sudah terinstal antivirus atau anti-malware, eh ternyata antivirus tersebut nggak bisa mendeteksi virus berbahaya. Jadi percuma kan?

Tentu saja, selain menginstal antivirus / anti-malware, kamu juga harus melakukan langkah-langkah berikut agar komputer kamu terhindar dari virus dan malware, diantaranya:

  • Selalu update sistem operasi komputer kamu
  • Selalu update antivirus / anti-malware di komputer
  • Scan komputer secara berkala
  • Backup data-data penting ke media penyimpanan lain

Jadi, apakah kamu yakin komputer kamu sudah aman? Dengan menginstal antivirus atau anti-malware, setidaknya komputer kamu sudah terjaga dari serangan virus dan malware berbahaya.

Kedua software tersebut memiliki fungsi yang sama untuk melindungi komputer kamu. Jadi, kamu ga perlu bingung lagi untuk membedakan apa itu antivirus dan anti-malware.

Artikel Menarik Lainnya :

4 thoughts on “Apa sih Bedanya Antivirus dengan Antimalware?

  • October 24, 2019 at 1:19 pm
    Permalink

    As I site possessor I believe the content material here is rattling wonderful , appreciate it for your efforts. You should keep it up forever! Good Luck.

    Reply
    • October 25, 2019 at 6:25 am
      Permalink

      thanks for your appreciation, i will write more article!

      Reply
  • July 7, 2020 at 2:29 am
    Permalink

    I just want to tell you that I am just new to blogging and site-building and absolutely enjoyed this website. Probably I’m want to bookmark your site . You certainly have wonderful stories. Thanks for sharing your blog site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *