aplikasi sosial media yang pernah trending di masanya | LiteTeknoID

aplikasi sosial media yang pernah trending di masanya

Social media merupakan aplikasi untuk melakukan komunikasi di dunia maya. Social media juga udah bervarias pernggunannya seperti untuk mencari uang ( endorse ), untuk memasarkan produk, Chatiing, Video Call, Voice Call dan masih banyak lagi.

Social media juga sekarang digunakan sebagai sarana promosi terbaik oleh hamper seluruh perusahaan besar loh. Jadi kalau kamu menggunakan sosial media jangan cuman di pake buat posting moment doang ya, coba kamu posting hobi kamu misalnya fotografi, jadi selain untuk berkomunikasi sosial media juga bisa menjadi sarana pendapatan bulanan loh.

Sejak dahulu sosial media memang sudah popular, namun karena kemajuan teknologi saat itu fitur yang di sediakan pun terbatas, inilah beberapa sosial media yang pernah trending di masanya , simak berikut ini.

1. Tumblr

aplikasi sosial media yang lagi trend
Tumblr

Sebelum facebook dan twitter seperti sekarang ini , pada era tahun 2000an tumblr merupakan tempat curhatnya orang – orang di seluruh dunia loh, fungsi tumblr gak beda jauh dengan twitter yaitu layanan microblog yang memungkinkan orang bisa mengirimkan konten multimedia atau berbagi curhatan pait seseorang dalam bentuk blog pendek.

Tapi sekarang tumblr sudah tertinggal oleh para pesaing terbesarnya yakin facebook dan twitter. Tapi untuk people era 2000an ini merupakan sebuah terobosan sangat menakjubkan di jamannya.

2. mIRC

aplikasi sosial media yang lagi trend
mIRC

Jika WhatsApp dan line popular di zaman sekarang , kamu harus tau sebelum sosial media ini ada, mIRC merupakan media berkomunikasi sangat trend di zamannya. Pada tahun 2000an sosial media ini merupakan tempat chatting yang sangat maju pada eranya, yang paling unik dari mIRC , kamu di wajibkan menggunakan username yang super alay, dan kamu bisa modusin banyak cewe atau cowo tanpa tau bagaimana rupa orang tersebut.

Coba bayangin kamu ada di era itu , siapa yang pengen kamu ajak chatting nih ?.

3. Multiply

aplikasi sosial media yang lagi trend
Multiply

Memang multiply gak bisa mengalahkan popularnya Friendster pada era 90an, tapi sosial media ini all in one loh, kamu bisa sharing musik, video, dan juga kamu bisa berjualan di atau online shopping. Mungkin sekarang sebuah platform memiliki satu fungsi aja agar produktivitas nya bisa berkembang dengan baik sesuai perkembangan teknologi.

Tapi sayang banget, multiply tutup tirai pada tahun 2013, karena gak bisa profit dan bangkrut.

4. Friendster

aplikasi sosial media yang lagi trend
Friendster

Sosial media ini merupakan salah tau yang terbaik di era nya, sebelum kemunculan facebook. Friendster sudah mengawali tahun 2000an menjadi sangat modern. Karena pada zaman itu untuk berkomunikasi orang lebih sering menggunakan telepon dan sms. Namun sebuah terobosan sangat mengejutkan ketika Friendster hadir.

Yang istimewa dari sosial media ini kamu bisa mengcustom background sesuai selera kamu, bisa menambahkan widget music player, dan tambahan animasi glitter di tampilan profile kamu. Tapi sekarang udah kalah saing oleh facebook, akun yang kamu punya sekarang hanya tinggal kenangan manis atau bahkan pait ya.

5. Lunarstrom

aplikasi sosial media yang lagi trend
Lunarstrom

Kamu pasti belum pernah denger sosial media Lunarstrom , memang wajar aja karena Lunarstrom hanya di release di negara Swedia pada tahun 2000. Karena tidak semua orang bisa menggunakannya aplikasi ini jadi terbatas aksesnya, namun di amerika pun memiliki sosial media khusus untuk pria latin MiGento dengan release yang bersamaan dengan Lunarstrom.

6. Myspace

aplikasi sosial media yang lagi trend
Myspace

Banyak yang bilang aplikasi ini adalah versi terdahulunya dari facebook, sosial media ini sangat trend saat tahun 2005 sampai 2008. Kamu bisa mengunggah apa aja di sosmed ini. Seperti Blog, Foto, video hingga musik. Dan juga gak jarang Myspace digunakan oleh para creator /seniman untuk memamerkan karyanya disini. Uhh sosmed ini pada eranya salah satu platform yang patut di coba oleh semua orang.

7. Migg33

aplikasi sosial media yang lagi trend
Migg33

Migg33 merupakan produk sosial media yang di buat dari platform JAVA. Jadi sebelum IOS dan Android sepopuler sekarang JAVA udah punya sosial media untuk chatting yang sangat menarik, aplikasi ini juga sampai memiliki pengguna hingga 250juta orang loh di seluruh dunia. Karena Migg33 saat itu mudah sekali digunakan dengan bermodalkan hp jadul yang terkoneksi internet.

Fitur yang sangat bagus saat itu adalah kamu bisa kick orang yang dirasa menggagu di chat room. Tapi kalau kick nya asal – asalan jail juga ya.

8. Foursquare

aplikasi sosial media yang lagi trend
Foursquare

Sebelum wazz sosmed ini udah terkenal lebih dulu pada tahun 2009, bahkan sampai sekarang ini Foursquare masih beroperasi, namun tidak memiliki user sebanyak saat eranya kejayaannya. Foursquare memiliki fitur yang paling menarik yaitu rekomendasi tempat terdekat jadi kamu bisa nyari gebetan tanpa harus jauh – jauh pulang pergi keluar kota ya,

9. BBM ( BlackBerry Messanger )

aplikasi sosial media yang lagi trend
BlackBerry Mesanger

Untuk kamu yang sudah menggunakan sosmed pada tahun 2010 sampai 2016 pasti mengenal sosial media yang satu ini. Bukan hanya kaya akan fitur yang ditawrkan seperti calling, Chatting, update status, BroadCast fitur udah sangat keren banget deh pada saat itu.

Tapi serakarang beberapa pengguna mengeluh karena BBM sering menampilkan iklan di halaman status, tidak hemat baterai, dan beberapa mengeluhkan sering error. Yang sedang hangat saat ini adalah bbm tutup tirai pada 31 Mei 2019. Hmm hanya waktu yang tau. Jadi pilih aja sosmed yang nyaman buat kamu gunakan ya.

10. Yahoo Messanger

aplikasi sosial media yang lagi trend
Yahoo Messanger

Sosmed satu ini sangat popular pada tahun 2000an, yahoo Messanger  juga sudah memiliki fitur yang sangat menarik saat itu bahkan hanya satu – satunya, sosial media yang menampilkan profile picture pada saat chatting, sudah mendukung emoticon, bahkan menyediakan game mini kalau kamu lama menunggu balasan chat dari doi kamu nih. Keren banget ya.

11. Plurk

aplikasi sosial media yang lagi trend
Plurk

Sosial media satu ini memiliki beberapa kekurangan yang membuat penggunannya beralih ke Facebook dan twitter , karena plurk hanya mengijinkan teks pesan maksimum 140 karakter. Dan hanya di tampilkan pada halaman pengguna lainnya menggunakan garis waktu.

Karena kurangnya ke efisiensian dan cukup sulit untuk digunakan, membuat penggunannya perlahan beralih ke sosmed lain.

12. Mxit

aplikasi sosial media yang lagi trend
Mxit

Mixit di rilis pada tahun 2007, ini merupakan generasi pendahulu aplikasi chatting WhatssApp dan Line, dan sebagai aplikasi sosmed dengan fitur direct mesanger mobile berbasis Java. Aplikasi ini user friendly banget deh, dan juga kamu bisa melihat user mana yang sedang online atau offline. Pastinya juga sudah ada fitur emoticon untuk menambah suasana di chatting kamu.

Dan sosmed ini juga sangat aman untuk chatting privasi karena hanya bisa menambahkan teman lewat nomor telepon.

Kesimpulan

Apapun aplikasi sosmed yang kamu gunakan saat ini, jika itu sangat membantu maka gunakanlah sebaik mungkin. Jangan kamu gunakan untuk menyebarkan HOAX . kalau sosial media bisa untuk mendapatkan profit bulanan kamu kenapa gak kamu manfaatkan . apalagi sosial media mudah digunakan di zaman sekarang ini. Jadi gunakan secara maksimal yu.

9 thoughts on “aplikasi sosial media yang pernah trending di masanya

  • November 25, 2019 at 11:59 am
    Permalink

    After exploring a handful of the articles on your site, I seriously like your technique of blogging. I saved as a favorite it to my bookmark webpage list and will be checking back in the near future. Take a look at my web site as well and let me know what you think.

    Reply
  • January 28, 2020 at 6:42 am
    Permalink

    Wonderful site. A lot of useful information here. I am sending it to several friends ans also
    sharing in delicious. And obviously, thanks to your effort!

    Reply
  • July 8, 2020 at 12:54 am
    Permalink

    I just want to mention I’m new to blogs and definitely savored this page. Almost certainly I’m going to bookmark your blog post . You definitely come with superb well written articles. Thanks for revealing your website page.

    Reply
  • August 16, 2020 at 3:45 pm
    Permalink

    Hola Chris. Gracias a ti por esta gran y honesta crítica sobre Traffic Ivy. Definitivamente voy a conseguir esta herramienta porque actualmente estoy construyendo mi primer sitio web y he estado pensando en cómo conseguir tráfico de buena calidad. ¿Pero puedes recomendarme la mejor oferta para empezar? Gracias 

    Reply
  • October 20, 2020 at 1:51 pm
    Permalink

    No te preocupes por los comentarios mezquinos de Riaz – para eso está el panel de moderación (¡sólo bótalos en el spam!)

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *