Apple akan pakai LTPO untuk layar iPhone di masa mendatang

Hingga saat ini, layar menjadi salah satu komponen yang bikin para produsen smartphone ketar-ketir. Gimana nggak, komponen satu ini menjadi salah satu komponen yang menyedot daya baterai dari sebuah smartphone.

Teknologi layar smartphone saat ini, OLED, bisa dibilang menjadi salah satu opsi paling irit daya jika dibandingkan dengan teknologi lain. Namun, baru-baru ini terdengar kabar bahwa Apple sedang melakukan uji coba penggunaan layar LTPO untuk iPhone generasi selanjutnya.

Menurut firma riset IHS Markit, Apple telah mengajukan tiga paten terkait LTPO sejak tahun 2014, 2015 dan 2018.

Mari kita kenalan dulu sama LTPO ini. Teknologi LTPO (Low-Temperature Polycrystalline Oxide) ini nantinya tersemat di dalam backplane. Backplane adalah bagian dari layar yang berfungsi menghidupkan dan mematikan piksel. Bagian inilah yang “bertanggung jawab” atas konsumsi daya, resolusi, dan kecepatan refresh rate sebuah layar smartphone.

LTPO menggunakan daya hingga 15 persen lebih sedikit ketimbang LTPS (Low-Temperature Polycrystalline Silicone). Dengan sistem ini, diharapkan konsumsi daya pada iPhone generasi selanjutnya bisa jauh lebih hemat.

Saat ini panel LTPO telah disematkan Apple pada Apple Watch Series 4 dan 5. Apple mengklaim bahwa teknologi LTPO membuat smartwatch tersebut memiliki daya tahan baterai hingga 18 jam. Bahkan, saat pengguna menggunakan mode “always on” pada Apple Watch mereka.

dari makemac.grid.id

Mengingat efisiensi daya dari iPhone 11 hingga iPhone 11 Pro Max sudah baik, jika ditambah teknologi layar ini, maka mereka bisa memperpanjang daya tahan baterai di iPhone mereka selanjutnya.

Namun, tidak semua kabar tentang LTPO positif sejauh ini. Hal tersebut karena LTPO membutuhkan transistor film tipis yang lebih besar, yang membuat substrat layar hanya memuat lebih sedikit transistor. Itu artinya, layar akan memiliki resolusi yng lebih rendah.

Selain itu, teknologi ini membutuhkan photomask yang lebih besar. Konsekuensinya, penerapan teknologi ini akan membutuhkan peralatan produksi yang lebih mahal dan proses produksi komponen untuk layar LTPO akan lebih kompleks.

Sayang, belum ada kabar pasti mengenai rencana Apple untuk menggunakan layar LTPO di perangkat iPhone mereka. Yang pasti, pada tahun 2020 nanti, Apple akan menghadirkan sebuah smartphone yang mendukung teknologi 5G terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *