Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6

Perkembangan teknologi memang sangatlah cepat. Belum beberapa bulan beli smartphone baru, eh muncul lagi yang lebih tinggi. Begitulah memang siklus teknologi, kitaa manusia pun kadang sangat lelah untuk mengikutinya. Tapi, tentu banyak hal positif dari perkembangan teknologi ini contohnya adalah Internet 5G, dan juga kabar mengenai Wi-fi 6.

             Wifi 6, sebelumnya dinamai sebagai 802.11ax. Karena nama yang kurang begitu nyaman untuk disebutkan, Aliansi Wifi kemudian merubahnya menjadi Wifi 6, mengikuti penamaan teknologi Internet seperti 4G, kemudian 5G.

Wi-fi 6

Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6
from:zdnet.com

             Dirilis tidak hanya dengan kecepatan Internet yang lebih tinggi, namun memberikan performa yang baik pada lingkungan wifi yang padat. Sehingga, lag pun tidak akan berasa meskipun banyak penggunanya. Sebuah sertifikasi program sebenarnya juga sudah diluncurkan pada bulan Januari lali. Dan pelaksanaanya diperkirakan pada sekitar kuartal ketiga tahun ini.

             Jadi, bisa dibilang sudah ada beberapa router yang memang sudah support teknologi Wi-fi 6 ini, contohnya Netgear Nighthawk AX8 dan juga AX4, kemudian ada pula router dari ASUS yakni ASUS RT-AX88U.

             Untuk peluncurannya pada khalayak ramai, tanggal perilisannya kemungkinan pada akhir tahun 2019. Kita tunggu saja, apakah ada penambahan fitur-fitur baru pada program sebelumnya, atau memang router-router di atas sudah bisa menjalankan fitur utama dari teknologi Wi-fi 6 ini.

Bagaimana perkembangannya saat ini?

             Hanya terdapat device-device tertentu yang bisa menggunakan kecepatan Wi-fi 6 secara sempurana. Untuk saat ini, masih sedikit sekali jumlahnya. Memang device biasa pun bisa, namun kekuatan Wi-fi 6 jadi kurang berasa karena memang tidak ada support. Contoh dari smartphone yang mensupport teknologi ini adalah Samsung Galaxy S10.

             Selain daripada smartphone ada pula beberapa laptop yang bisa menggunakan teknologi wifi terbaru ini secara maksimal. Namun, kita masih belum tahu sampai CES 2019 dan IFA 2019 dilaksanakan.

Performa luar biasa

             Wi-fi 6 ini akan beroperasi pada 2,4 GHz dan 5GHZ, lain halnya dengan Wi-fi 5 dengfan 5 GHz saja. Selain daripada speed yang lebih baik dari sebelumnya, hadirnya teknologi wifi terbaru ini sebenarnya akan befokus pada menstabilkan performa pada area yang padat, seperti apartment, mall, atau tempat ramai lainnya yang ada wifi.

2 thoughts on “Asosiasi Wi-Fi resmi luncurkan Wi-Fi 6

  • October 12, 2019 at 1:03 am
    Permalink

    you might have a great weblog here! would you prefer to make some invite posts on my blog?

    Reply
    • October 17, 2019 at 1:59 pm
      Permalink

      Well, I can if you want

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *