Bagaimana Cara Mengatasi Video Youtube yang Melambat

Siapa saja sekarang menggunakan Internet. Dengan kebebasan untuk mengakses informasi tanpa ada batasnya, kini informasi mengenai apapun dapat digali. Bagi yang suka berselancar di Internet, pasti mereka dapat menemukan beberapa hiburan, mulai dari bermain game, sampai dengan menonton video di Youtube. Namun, kadang berbagai permasalahan pun muncul, seperti video Youtube yang melambat.

             Melihat video yang buffering memang sangat mengganggu, apalagi pada saat lagi enak-enaknya melihat sebuah video Youtube. Tentunya ada sumber dari permasalahan ini, yang berhubungan erat dengan konektivitas internet itu sendiri. Nah, maka dari itu, selain membagikan tips menjaga privasi saat menggunakan microsoft edge, kami akan memberikan beberapa tips penting untuk mengatasi video youtube yang melambat.

Video Youtube Yang Melambat

             Ada beberapa sumber mengapa video Youtube bisa melambat atau buffering. Biasanya hal ini dipengaruh oleh permasalahan teknikal, seperti lambatnya koneksi internet, sampai dengan bug yang ada di browser mu.

             Beginilah cara untuk dapat mengatasi lag/suffering di Youtube:

1. Cek Koneksi Internet

             Pertama cek dulu koneksi internetmu, apakah memang sudah cukup kencang untuk dapat streaming di Youtube. Cek dulu apakah internetmu suah cukup nyaman untuk browsing di Internet ataupun chatting. Apabila memang sudah dirasa cukup dan masih ada kendala, kita masuk ke langkah kedua.

2. Turunkan kualitas video Youtube yang Melambat

             Tak jarang banyak dari kita yang masih belum mengetahui bagaimana cara untuk menurunkan resolusi video di Youtube. Caranya adalah dengan mengklik icon gear di sebelah kanan bawah menu, kemudian pilih Quality/Kualitas. Di bagian itu kalian dapat memilih resolusi yang tersedia. Semakin kecil resolusinya, video akan sedikit terkotak-kotak, namun menjadi lebih lancar, begitu pula sebaliknya. Apabila koneksi Internet kalian sangat baik, maka memutar dengan resolusi paling besar pun tidak masalah.

3.  Restart Router

             Biasanya permasalahan Internet muncul pada bagian router wifi. Yang perlu dilakukan adalah melakukan restart router, sehingga koneksi akan lebih ter-refresh.

4. Menggunakan HTML5 untuk Menghindari Video Youtube yang Melambat

             Cara terakhir yang bisa diandalkan adalah dengan menggunakan HTML5. Caranya adalah dengan menambahkan “/html5” di akhir url Youtube. Kira-kira begini tampilan penggunaan HTML5:

One thought on “Bagaimana Cara Mengatasi Video Youtube yang Melambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *