beberapa aplikasi yang sudah tutup mendahului BlackBerry Messanger

sejak era sebelum android hadir, udah banyak sosial media yang digunakan saat itu. Selain digunakan untuk chatting, sosial media juga sudah digunakan sebagai platform untuk jual beli online.


Sebelum kehadiran sosial media di zaman modern ini. Sosial media juga sudah ramai yang menggunakan walau tidak semua kalangan usia seperti sekarang ini.

Namun karena masalah finansial, ataupun kalah popularitas. Aplikasi sosial media terdahulu sudah tidak beroperasi sekarang. Apa aja sosial media tersebut ? simak berikut ini.

1. Google Allo

aplikasi yang sudah tutup
Google Allo

Google allo merupakan sebuah terbosan aplikasi chatting , yang akan menggantikan peran sms.  Aplikasi ini mempermudahkan kamu dalam berkomunikasi. namun di Indonesia aplikasi ini tidak seramai Whatsapp dan Facebook.

Dan Google menyatakan tutup usia untuk aplikasi chatting ini pada bulan Maret 2019 lalu dan ingin fokus untuk pengembangan produk lainnya.

2. AOL Instant Messenger

aplikasi yang sudah tutup
Aol Instant Messanger

Sebelum hadirnya Gmail, Aol Instant Messenger atau Aim ini udah lebih dulu hadir sebagai aplikasi berkirim pesan elektronik. Aim saat di masanya sangat popular sekali bahkan bisa disebut saingan terberat dari Yahoo!.

Aim mulai tergeser karena kehadiran beberapa sosial media raksasa yang merajai di era ini yaitu Gmail dan Facebook. Dan Aim menyatakan resmi ditutup pada tanggal 15 Desember 2017.

Mungkin ada beberapa kenangan berbekas kamu di sana guys.

3. Friendster

aplikasi yang sudah tutup
Friendster

Sebelum Facebook, udah ada nih Aplikasi Sosial Media yang sangat popular di kalangan anak muda pada saat itu. Friendster pada masanya merupakan aplikasi chatting yang sangat canggih, hadir dengan fitur Komunikasi dengan anggota lain, Berbagi konten dan media daring.

Friendster sebenarnya tidak tutup usia hingga saat ini, namun mereka menghapus fitur untuk komunikasi dan chatting, dan beralih menjadi situs permainan sederhana.

Udah berapa kenalan yang berhasil kamu dapatkan di aplikasi ini guys ?

4. Path

aplikasi yang sudah tutup
Path

Path layaknya sama seperti sosial media saat ini yaitu hadir dengan fitur canggih seperti membagikan Foto, Video, dan Lokasi.

Sosial Media ini juga memiliki aplikasi sebagai platform terpisah untuk melakukan komunikasi. Namun popularitas Path saat ini kalah oleh Instagram. Dan menyatakan tutup usia pada tanggal 18 Oktober 2018 lalu.

Dulu aplikasi ini canggih loh, dari pihak Path pun gak memberikan info secara jelas kenapa menutup aplikasinya.

5. MySpace

aplikasi yang sudah tutup
MySpace

Aplikasi ini pada eranya merupakan tempat sharing dan sebagai sarana untuk memamerkan karya yang kamu buat. Sebelum youtube sepopuler sekarang aplikasi ini merupakan salah satu pilihan utama saat itu. Namun sejak youtube menjadi salah satu yang sangat banyak di kunjungi di dunia , bahkan para konten kreator pun memilih memajang karya mereka disana.

Bahkan My Space telah di akui oleh Justin Timberlake dan di lakukan beberapa pengembangan pada aplikasi ini saat itu. Ya Namanya persaingan memang sulit sekali di tebak. Saat ini banyak sekali platform yang bermunculan untuk memajang karya.

Dan pada tahun 2015 lalu path menutup aplikasi nya. Duh sayang banget kan guys.

6. Yahoo Messenger

aplikasi yang sudah tutup
Yahoo Messenger

Aplikasi chatting ini udah ada loh sejak tahun 1998. Dan menjadi aplikasi chatting pertama dan paling popular saat itu. Yahoo Messanger digunakan sebagai layanan pesan instant dan alternatif komunikasi via e-mail dan sms.

Yahoo udah beroperasi sejak tahun 9 Maret 1998,  Tapi sayang nya aplikasi ini tutup usia pada tanggal 17 juli 2018. Sayang banget ya udah lama hadir sebagai sarana yang membantu orang banyak,  tapi sekarang kalah popularitasnya guys.

7. Migme

aplikasi yang sudah tutup
Migme

Aplikasi ini merupakan pendahulu dari aplikasi chatting Mig33. Sebagai aplikasi chatting melegenda aplikasi chatting ini dulu tidak menghiraukan para pesaingnya.

Hingga pada saat nya tiba aplikasi ini, langsung kalah oleh para pesaing dan juga menjadi sosial media terbesar saat ini yaitu Facebook.

Kesimpulan

Sosial media udah banyak membantu di kehidupan saat ini. Bahkan menjadi salah satu platform wajib yang harus dimiliki setiap orang. Selain membantu dalam keserian . aplikasi sosial media juga digunakan untuk mencari nafkah untuk sebagian orang.

Jadi apa kamu gunakan secara bijak ya aplikasi sosial media, supaya selain untuk chatting , platform sosial media bisa menjadi alternatif pendapatan kamu guys.

2 thoughts on “beberapa aplikasi yang sudah tutup mendahului BlackBerry Messanger

  • April 15, 2020 at 11:28 pm
    Permalink

    Hi there are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you require any coding expertise to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

    Reply
  • July 7, 2020 at 3:13 am
    Permalink

    I simply want to tell you that I’m new to blogging and site-building and truly loved your web page. Almost certainly I’m want to bookmark your site . You surely come with tremendous articles. Kudos for sharing your web site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *