Benarkah Safari iOS Kirimkan Data Pengguna ke Tencent?

Apple dikenal sebagai perusahaan IT yang cukup aktif dalam melindungi privasi pengguna produknya, tidak terkecuali pengguna Safari iOS. Bahkan bos Huawei, Ren Zhengfei, menjadikan Apple sebagai panutan perusahaan dalam melindungi privasi pengguna produk mereka.

Meski begitu, Apple juga belum pernah menolak bekerjasama dengan perusahaan lain yang menjual data pengguna. Salah satunya adalah kerjasama perusahaan rintisan mendiang Steve Jobs tersebut dengan Google.

Hasil dari kerjasama tersebut diantaranya menjadikan Google sebagai mesin pencari utama pada browser Safari untuk sistem operasi buatan Apple, iOS.

Hasil kerjasama itu juga membuat browser Safari mengirimkan beberapa data pada Google Safe Browsing. Data tersebut nantinya masuk ke dalam fitur Fraudulent Website Warning. Tujuan dari fitur tersebut adalah untuk melindungi pengguna dari peretasan dengan metode phising atau scam.

Namun, sebuah fakta baru ditemukan oleh Reclaim The Net. Mereka menemukan bahwa selain ke Google, data dari browser Safari iOS juga dikirimkan ke Tencent, perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok, melalui layanan Tencent Safe Browsing.

Temuan tersebut terungkap pada Safari yang terinstal di iOS 13 dari ketentuan dan privasi yang tertulis pada browser Safari. Hal yang sama bisa saja tertulis juga pada browser Safari untuk iOS 12.2.

safari ios
dari: gadgethacks.com

Mengapa data pengguna yang dikirim oleh Safari ke Tencent ini menimbulkan kekhawatiran?

Kekhawatiran yang mengemuka di kalangan pengguna hanya berkisar pada apa yang akan dilakukan Tencent dengan data-data tersebut. Sebenarnya, baik Google dan Tencent dapat mencatat alamat IP di dalam data tersebut. Tujuannya agar sistem anti-phishing mereka bisa berfungsi dengan baik.

Tetapi, melihat kerja sama yang sering dilakukan Tencent dengan pemerintah China, pengguna Safari khawatir datanya bisa digunakan untuk pengawasan ataupun tujuan lainnya.

Akhirnya, pada 14 Oktober 2019, kabar tersebut sudah terkonfirmasi. Mengutip situs engadget.com, Apple sudah lama mengintegrasikan Tencent Safe Browsing pada Safari iOS. Namun hal tersebut hanya berlaku untuk pengguna iOS di China setelah pengumuman WWDC 2017. Dan sepertinya, saat ini integrasi tersebut sedang dilakukan pada perangkat Apple milik pengguna di luar China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *