Biar Kekinian, Gini Cara Membuat Spotify Wrapped

Foto: GadgetMatch

Spotify adala salah satu aplikasi streaming musik populer di Indonesia. Meskipun untuk menggunakannya harus membayar biaya berlangganan tiap bulan, tak membuat aplikasi ini tak digandrungi oleh masyarakat, khususnya anak muda.

Kesadaran atas hak cipta musik yang semakin meningkat, membuat aplikasi ini menjadi bentuk apresiasi masyarakat atas karya musisi.

Bicara soal Spotify, Spotify kembali meluncurkan “Spotify Wrapped” di akhir tahun 2019 ini. Hal tersebut sudah biasa dilakukan oleh mereka setiap akhir tahun.

Sebagai informasi, Spotify Wrapped adalah fitur musiman Spotify di akhir tahun yang akan menampilkan daftar semua judul lagu dan album yang didengarkan oleh penggunanya selama satu tahun.

Sedikit berbeda dari Wrapped edisi sebelum-sebelumnya, pada edisi tahun ini Spotify menampilkan lagu, artis, serta genre yang paling sering didengarkan selama satu dekade terakhir, atau tepatnya dari tahun 2010-2019.

Meski begitu, sebenernya masyarakat Indonesia cuma bisa mendapatkan data musik mereka di Spotify dari tahun 2016. Alasannya, karena Spotify baru masuk Indonesia pada tahun tersebut.

Kalo kamu pengguna Spotify dan pengen bikin Spotify Wrapped 2019 versi kamu sendiri, kamu bisa mengaksesnya di situs Spotify Wrapped dengan menggunakan komputer dan ponsel. Berikut ini adalah langkah-langkah awalnya:

  • Kunjungi situs Spotfiy Wrapped (link di sini) menggunakan ponsel atau komputer
  • Login ke akun Spotify kamu.
  • Lalu, klik “Mari Kita Mulai”
  • Setelah login, pengguna akan disuguhkan kilas balik perjalanan musik bersama Spotify selama satu tahun

Pada halaman ke-4, Spotify menunjukkan data pengguna berupa artis /musisi yang paling banyak kamu dengarkan lagunya. Kamu bisa membagikannya ke media sosial melalui tombol yang ada di bagian kanan.

Selanjutnya di halaman ke-5, kamu akan melihat musisi yang paling banyak didengar selama 2019. Kamu juga bisa membagikan data ini ke Twitter.

Oh iya, kalo kamu pernah mendengar podcast di Spotify, maka Spotify Wrapped akan memunculkan daftar podcast yang sering kamu dengarkan.

Di halaman ke-9, kamu akan melihat lagu yang paling sering kamu dengar selama 2019. Tak ketinggalan, Spotify juga membuatkan daftar playlist dari lagu-lagu tersebut yang bisa kamu putar di aplikasi Spotify.

Pada halaman terakhir, Spotify akan menunjukkan musisi yang paling sering kamu dengar atau sukai selama menggunakan Spotify. Daftar ini bisa kamu bagikan ke Facebook, Twitter, atau Instagram.

Selain di web, kamu juga bisa langsung mengakses Spotify Wrapped lewat aplikasi Spotify di ponsel. Caranya, cukup klik tile berwarna pink yang ada di halaman depan aplikasi Spotify.

Jadi, gimana isi Spotify Wrapped versi kamu? Selamat mencoba yahh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *