Bukan cuma GOPAY, berikut 5 Dompet Digital terbaik!

bukan cuma go pay berikut 5 dompet digital terbaik

Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, sesuai janji saya sebelumnya di artikel Reksadana Online: Berinvestasi semudah Internet Banking bahwa saya akan membahas salah satu jenis produk layanan Fintech yaitu E-Wallet atau Dompet Elektronik atau Dompet Digital.

Layanan ini mungkin masih baru kita tedengar di telinga kita, kemajuan teknologi membuat segala macam layanan apapun dapat diakses secara digital.

Mulai dari makanan hingga transportasi umum semua dapat mengalami digitalisasi. Tak terkecuali dengan alat pembayaran.

Hal ini memang sudah sewajarnya karena Seiring dengan meningkatnya kemudahan untuk mengakses internet, kini hampir semua aktivitas sehari-hari juga tidak lepas dari yang namanya smartphone.

Bahkan, hal mendasar seperti uang tunai lambat laun dapat digantikan dengan uang virtual yang tidak memiliki wujud fisik.

Saat ini uang berwujud fisik mulai tersingkirkan penggunaanya. Banyak masyarakat telah menggunakan sistem kartu baik itu ATM, debit, kredit, hingga uang elektronik, untuk data peredaran uang anda bisa browsing untuk mengetahuinya.

Namun nampaknya posisi kartu untuk pembayaran dengan sistem chip based sebagai alat pembayaran mulai terusik dengan teknologi yang lebih digital, yaitu Server Based.

Bisanya, uang virtual ini akan disimpan pada sebuah dompet virtual yang bisa digunakan untuk bertranksaksi di dunia nyata.

Pada artikel ini, saya akan mengulas 5 aplikasi dompet digital pilihan yang bisa Anda gunakan di Indonesia.

E-Wallet atau dompet elektronik saat ini mulai digunakan bahkan digandrungi masyarakat dalam melakukan transaksi.

Berbeda dengan uang elektronik yang menggunakan kartu sebagai alat pembayarannya (Chip Based), dompet digital hanya perlu menggunakan aplikasi pada ponsel (Server Based).

Dompet elektronik adalah suatu metode pembayaran terbaru di Indonesia. Menurut Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Electronic Wallet atau dompet elektronik adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran. 

Saat ini sudah banyak vendor yang menawarkan aplikasi dompet elektronik. Mulai dari operator seluler, bank, hingga perusahaan fintech lainnya.

Melalui kehadiran aplikasi dompet elektronik atau dompet digital ini dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi.

Dompet elektronik biasa disebut dengan istilah e-wallet, dompet digital, digital wallet atau electronic wallet.

Penyelenggara dompet elektronik biasanya adalah bank atau perusahaan selain bank yang menyelenggarakan dompet elektronik Indonesia dibawah pengawasan OJK.

Misalnya kalau anda ditagih Bill senilai Rp. 9857 pasti anda kerepotan mengeluarkan uang dari dompet sejumlah itu apalagi tanggal muda baru gajian yang pastinya uang anda masih segar di dompet.

Pasti dengan nominal yang ganjil seperti itu anda akan membulatkannya menjadi 10,000 rupiah kan? Masalahnya terkadang uang di Dompet hanya ada 50,000 dan 100,000 rupiah saja pada tanggal muda.

Tak perlu dompet berisi banyak uang kertas maupun recehan, atau dompet yang berisi banyak kartu untuk bertransaksi. Karena seluruh alat pembayaran dapat Anda genggam di ponsel Anda.

Berikut 5 Dompet Elektronik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan anda dalam bertransaksi:

1. Go Pay

top up go pay

Go Pay merupakan layanan dompet elektronik milik Go-Jek. Go-Pay awalnya digunakan sebagai alat pembayaran berbagai layanan Go-Jek seperti Go ride, go car, Go shop dan lain sebagainya.

Meskipun pada dasarnya aplikasi ini bukanlah aplikasi virtual wallet, namun fitur Go-Pay pada aplikasi Go-Jek merupakan salah satu contoh dompet virtual yang paling populer dan sukses di Indonesia.

Pendekatannya sendiri lebih mengutamakan layanan yang diberikan (Go-Jek, Go-Food, Go-Life, dll.) yang kemudian diselipi oleh fitur dompet virtual.

Namun saat ini go pay juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran elektronik di berbagai merchant rekanan GoJek.

Mayoritas pengguna Go-Pay merasa lebih nyaman menggunakan dompet virtual atau dompet digital yang satu ini karena ia merangkum begitu banyak layanan dalam satu tempat, sehingga akan membuat pelanggan terus kembali menggunakan dompet virtual yang satu ini.

Yang utamanya, pengguna juga diberikan kemudahan untuk top up saldo Go-Pay dengan menggunakan berbagai metode: mulai dari metode M-Banking hingga isi saldo langsung ke driver GoJek.

Anda dapat melakukan top-up gopay melalui driver, ATM atau internet Banking yang menjadi mitra GO-JEK seperti BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga. Selain itu Anda juga dapat mengisi saldo Go Pay melalui mini market terdekat

Untuk menggunakan layanan Go-Pay Anda cukup unduh dan install aplikasi Go Jek anda. Cukup simpel dan mudah bukan?

Kabar Hangat: Kembangkan Game Lokal, Oolean akan berperan besar?

2. OVO

OVO

OVO, aplikasi pembayaran elektronik yang dapat melakukan segala transaksi finansial.

OVO adalah cross-coalition loyalty platform milik Grup Lippo yang tidak hanya menawarkan loyalty program,  namun juga fitur pembayaran dan layanan keuangan.

OVO sendiri merupakan Dompet Elektronik yang diusung oleh PT Visionet Internasional. OVO dapat digunakan untuk berbagai macam pembayaran pada merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.

Selain itu OVO juga memberikan OVO Points bagi para penggunanya. OVO Points merupakan bagian dari Loyality rewards dari OVO.

Loyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO, seperti promo cashback khusus transaksi menggunakan OVO di Tokopedia.

1 OVO point bernilai 1 rupiah, OVO points ini dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO.

OVO juga dapat diunduh gratis di playstore dan AppsStore. Anda dapat melakukan top-up saldo melalui bank yang bekerjasama dengan OVO seperti BCA, Mandiri, CIMB Niaga, BNI, BRI, Permata, Bank Mega, BTN, Danamon, Panin Bank, NOBU, BTPN, Maybank, dan DBS.

Selain itu Anda juga bisa melakukan top-up melalui merchant rekanan OVO seperti Alfamart, Hypermart, Matahari, Boston, Books&Beyond, bahkan driver Grab sekalipun.

Menarik untuk Dibaca: Perbedaan Jenis System Harddisk GPT, MBR | 5 Perbedaan System Harddisk GPT dan MBR

OVO Invest janjikan keuntungan 7% per tahun

Dengan adanya fungsi sebagai dompet elektronik, OVO pun menyediakan produk investasi yang disebut “OVO INVEST”. Salah satu sasarannya adalah “uang nganggur” di dompet elektronik OVO yang belum digunakan oleh pengguna.

Oleh karena itu, OVO bekerjasama dengan Ciptadana Asset Management untuk menyiapkan produk reksadana sebagai tempat mengembangkan uang para pengguna aplikasi tersebut.

Dengan potensi imbal hasil mencapai 7% per tahun untuk Reksadana Pasar Uang, reksadana online yang ditawarkan bisa menjadi pilihan bijak bagi para pengguna OVO.

Kalau aku sih jujur lebih tertarik berinvestasi di Cipta Ovo Ekuitas yang dapat diperjualbelikan menggunakan aplikasi OVO tersebut daripada uangnya nganggur begitu saja.

Selain itu juga, OVO punya fitur baru yang namanya OVO PayLater, jujur saja saya belum pernah coba tapi saya baca-baca hingga menemukan kegunaan dari OVO PayLater.

OVO PayLater ini adalah fitur yang berfngsi untuk meminjam uang ke OVO untuk sementara waktu dan mengembalikannya kemudian, jadi istilahnya “Berhutang secara Online”

3. DANA

Dana Mudahkan Pembayaran

DANA merupakan platform pembayaran digital yang mengusung open platform dan dapat digunakan oleh berbagai aplikasi, gerai-gerai online maupun konvensional manapun. Aplikasi DANA bisa digunakan hanya dengan menggunakan ponsel.

Dompet digital ini mengembangkan infrastruktur pembayaran digital dengan mempelajari best practice yang telah digunakan dan melayani ratusan jutaan pengguna dan telah terbukti keamanannya secara global.

DANA telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan telah memenuhi ketentuan-ketentuan yang disyaratkan oleh BI sebagai lembaga teknologi finansial di Indonesia.

Artikel lainnya: 5 Fitur baru Windows 10 May 2019 Update yang keren banget!

DANA hanya bekerja sama dengan bank-bank nasional, di antaranya Bank Mandiri, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BNI, Panin Bank, Bank Permata, BTN dan Bank Sinar Mas.

Dompet digitall DANA tidak menyimpan uang siapapun kecuali uang yang diletakkan di rekening penampungan (Escrow Account) untuk dana balance pengguna.

Sistem DANA dikembangkan sebagai dompet yang hanya menyimpan jumlah dana terbatas sesuai dengan regulasi Bank Indonesia dan standar keamanan. Anda dapat mengunduh aplikasi DANA secara gratis di Play Store dan AppStore.

Yang aku suka dari DANA ini sangat membantu dalam berbagai pembayaran di Marketplace Bukalapak.

4. LinkAja (dulunya TCASH)

LinkAja BeresTanpaCash

LinkAja merupakan layanan dompet digital sinergi dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

LinkAja menyediakan banyak promosi dan rewards menarik bagi Pelanggan.

Pelanggan hanya perlu melakukan update aplikasi TCASH (bagi pelanggan TCASH) atau melakukan download dan registrasi aplikasi LinkAja di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Aplikasinya baru saja dirilis pada 21 Februari 2019 lalu, lho.

Pengguna TCASH sebelumnya, masih dapat melakukan transaksi menggunakan stiker TCASH Tap dan NFC di merchant yang sebelumnya sudah bekerja sama dengan TCASH.

Pengguna juga masih dapat melakukan transfer saldo ke pengguna LinkAja lainnya melalui nomor telepon bahkan ke rekening bank, seperti OVO dan DANA kan?

Baca Juga: Reksadana Online: Berinvestasi semudah Internet Banking

5. DOKU

mudahnya transfer uang dari doku

Berdiri sejak tahun 2007, DOKU Payment Gateway Indonesia adalah penyedia layanan pembayaran elektronik dan manajemen resiko pertama di Indonesia.

Dulu sebelum tahun 2007 mungkin pecinta culture jepang begitu mendengar “Doku” yang terbesut di otak mereka adalah “Racun” dalam bahasa jepang.

Tapi mungkin tidak lagi setelah mereka tahu bahwa DOKU adalah Payment Gateway, jangan salah ya karena DOKU Wallet ini punya artian yang berbeda.

Dompet virtual yang satu ini bisa digunakan untuk bertransaksi secara online maupun offline pada merchant-merchant yang telah bergabung dengan layanan DOKU.

Pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, dan tagihan bulanan lainnya juga bisa dilakukan secara daring melalui layanan DOKU. 

Ada juga fitur Pay By QR yang memungkinkan Anda untuk membayar pada merchant offline dengan memindai QR code pada smartphone kita.

Selain itu juga, dengan aplikasi ini Anda bisa menerima dan melakukan transfer dana pada sesama pengguna DOKU.

Untuk menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu menjadi nasabah pada bank tertentu karena proses isi ulang saldo nya pun bisa dengan mudah dilakukan melalui seluruh jaringan ATM Bersama, Alto, Prima, atau gerai yang telah bekerja sama dengan DOKU.

mudahnya isi saldo di doku

Yang paling saya sukai dari DOKU ini adalah bisa digunakan sebagai metode transaksi untuk pembelian item dalam game-game yang ada di Facebook.

Kalau mau transfer pun tinggal masukkan email saja seperti PayPal, dan sama halnya seperti OVO, Di DOKU ini kita bisa berinvestasi reksadana secara online.

ayo pilih fitur investasi di doku

Selain sebagai salah satu dompet terkemuka di Indonesia, Doku sudah sejak lama menyediakan fitur investasi sebagai salah satu fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Bekerja sama dengan Bareksa, saat ini pengguna Doku bisa berinvestasi di di beberapa produk reksadana pasar uang dan pendapatan tetap dari Ciptadana dan Bahana TCW.

Minimal investasi reksa dana online melalui Doku adalah sebesar Rp 100.000, dan pengguna akan diarahkan ke halaman Bareksa untuk melakukan proses jual ataupun beli produk reksadana.

Adapun daftar penyelenggara uang elektronik dan dompet elektronik yang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia per 24 Mei 2019 dapat dilihat di Informasi Perizinan Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran

Kesimpulan

Dompet Digital atau Dompet Elektronik ini diharapkan oleh banyak pihak agar dapat menggantikan sistem transaksi serba cash yang agak kuno itu.

Bahkan bayar tagihan di restoran aja bisa pakai OVO dan Go Pay, agar antrean tidak terlalu panjang hanya untuk menunggu uang kembalian yang recehnya minta ampun.

Anda bebas berpendapat apakah kehadiran dompet digital atau dompet elektronik ini adalah suatu hal yang bagus dan patut dibanggakan atau malah ini adalah suatu hal yang buruk dan mengancam eksistensi uang itu sendiri karena sistemmya yang membuat khalayak khawatir.

Sampai disini saya akhiri artikel tentang “Bukan cuma GOPAY, berikut 5 Dompet Digital terbaik”. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Artikel Menarik Lainnya :

5 thoughts on “Bukan cuma GOPAY, berikut 5 Dompet Digital terbaik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *