Cara Aktifkan Dark Mode di WhatsApp versi Beta

Setelah sekian lama dinanti-nanti oleh banyak pengguna, akhirnya tema gelap (dark mode) di aplikasi WhatsApp hadir juga. Tema tersebut sudah tersedia di aplikasi WhatsApp versi beta.

Kabar gembira tersebut dibocorkan oleh WAbetaInfo. Situs tersebut memang dikenal sebagai “pembocor ulung” dalam mengungkap fitur-fitur baru di aplikasi WhatsApp. Mereka mengatakan, mode gelap WhatsApp baru dirilis kepada pengguna WhatsApp versi beta.

Untuk bisa mengaktifkannya, pengguna yang menjadi “beta tester” bisa langsung memperbarui aplikasi WhatsApp mereka ke versi 2.20.13 di Google Play Store.

dark mode whatsapp
Dark Mode pada WhatsApp | Foto: WAbetainfo

Tema dark mode nantinya akan mengubah tampilan aplikasi WhatsApp yang biasanya dominan terang menjadi gelap dengan dominan berwarna hitam.

Dark mode sendiri dipercaya bisa mengirit penggunaan daya baterai pada perangkat agar bisa tahan lebih lama. Selain itu, tema ini lebih ramah terhadap mata karena kurangnya sinar biru pada cahaya ponsel yang bisa merusak mata.

Meski fitur tersebut baru digulirkan untuk WhatsApp versi Beta, pengguna Android yang bukan termasuk beta tester dan udah nggak sabar untuk mencoba fitur ini bisa menempuh jalan lain.

Caranya, pengguna men-download file APK WhatsApp versi 2.20.13 tersebut lewat situs penyedia aplikasi pihak ketiga, contohnya APK Mirror.

Sesudah aplikasi diinstal atau diperbarui, selanjutnya kamu perlu mengaktifkan mode gelap secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Sentuh ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Setting” (pengaturan), lalu pilih “Chat” (percakapan).
  • Kamu akan menemukan menu baru, yaitu “Theme” (tema). Di dalam menu tersebut, ada tiga opsi yang bisa kamu pilih, yakni “system default”, “light / mode terang”, dan “dark / mode gelap”.
  • Pilih “dark” (gelap) dan sentuh “OK”.
  • Alhasil, seluruh tampilan WhatsApp akan didominasi warna gelap yang senada dengan warna mode gelap di Instagram.

Warna gelap pada mode ini bakal berpadu dengan warna putih pada bagian teks, seperti nama kontak dan isi pesan. Sementara itu, warna hijau khas WhatsApp bakal menandai menu yang dipilih pengguna.

Sementara itu pada tampilan ruang chat, pesan yang dikirim akan berwarna hijau tua, dan pesan yang diterima akan berwarna gelap.

Apa kamu tertarik untuk mencobanya? Segera update aplikasi WhatsApp di perangkat kamu dan coba sendiri dark mode ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *