Cara Backup Semua Data Macos dengan Time Machine | LiteTeknoID

Cara Backup Semua Data Macos dengan Time Machine

Apple selalu mempunyai fitur yang sangat bagus untuk setiap perangkat baik itu Macbook, Iphone dsb. salah fitur tersebut yang memungkinkan anda dapat backup semua data, program, file System dengan menggunakan Harddisk Eksternal, Fitur ini adalah Time Machine.

APA ITU TIME MACHINE ? Time Machine adalah aplikasi bawaan Mac OS X dan MacOS yang berfungsi Membackup semua data MAC, Tidak hanya file tetapi juga Semua data seperti program yang terinstall, System operasi Mac, dan termasuk data data penting kita.  

Aplikasi ini sudah di tanamkan saat kalian membeli MAC sehingga tidak perlu membayar lisensi aplikasinya. Untuk menggunakan Time Machine cukup mudah Kalian hanya perlu Mencolokan Hardisk Eksternal / Time Capsule Melalui por FireWire atau ThunderBolt. 

Kemudian
Mac akan otomatis mendeteksi dan muncul jendela apakah hardisk ekternal tersebut akan di gunakan untuk backup data dengan Time Machine. Baiklah langsung saja cara melakukan Backup menggunakan Time Machine  

1. Persiapan Backup Mac

Aplikasi ini sudah di tanamkan saat kalian membeli MAC sehingga tidak perlu membayar lisensi aplikasinya. Untuk menggunakan Time Machine cukup mudah Kalian hanya perlu Mencolokan Hardisk Eksternal / Time Capsule Melalui por FireWire atau ThunderBolt. 

Kemudian Mac akan otomatis mendeteksi dan muncul jendela apakah hardisk ekternal tersebut akan di gunakan untuk backup data dengan Time Machine. Baiklah langsung saja cara melakukan Backup menggunakan Time Machine

  1. Komputer Mac harus terinstal System operasi Mac OS X ( Sierra, El capitan, Yosemite, Movericks, Montain Lion atau versi lainnya ). 
  2. Hardisk eksternal minimal 500GB dan mendukung System Operasi Mac.

2. Mempersiapkan partisi

Setelah harddisk di colokkan selanjutnya Format partisi tersebut dengan Disk Utility yang dapat di baca oleh Mac OS X Yaitu OS X Extended ( Journaled ).

Baca Juga :   Cara menonaktifkan Windows Update

Jika kalian hanya ingin menggunakan sebagian saja dari kapasitas Hardisk eksternal , sebagian nya akan digunakan untuk menyimpan data ( Misalkan ). kalian hanya perlu membagi menjadi 2 partisi.   3. Backup Data Mac ke Hardisk Eksternal dengan Time Machine

  1. Jika Time Machine tidak meminta anda memilih disk cadangan saat menyambungkan harddisk eksternal ke port Mac. 
  2. Buka system Preferences kemudian pilih menu Time Machine , atau bisa juga pilih menu Apple > preferences System , lalu click Time Machine. 
  3. Setelah halaman Time Machine muncul, click Select Backup Disk 
  4. Kemudian pilih partisi hard disk untuk backup yang telah kalian buat , kemudian click use Disk. 
  5. Sekarang Time Machine akan otomatis dalam posisi “ON” dan mulai melakukan proses backup. 
  6. Agar data kalian lebih aman kalian bisa melakukan hal ini berulang kali. Misalkan kalian mempunyai 2 partisi, kalian bisa membuat disk percadangan pertama saat Di rumah, dan kemudian melakukannya kembali saat di Kantor. 
  7. Pada jendela Time Machine akan muncul beberapa informasi seperti Berapa besar kapasitas data yang akan di backup, berapa lama proses backup berlangsung. Dan lama proses backup tergantung seberapa besar Data yang akan di backup dan seberapa cepat transfer data.

Kesimpulan

Sudah terlihat kan kenapa apple selalu mematok harga tinggi setiap produknya, karena tidak mungkin produk tersebut tidak di benamkan fitur yang sangat canggih.

Kemudian untuk mengamankan backup data Mac anda, sebaiknya aktifkan pilihan Encrypt Backup Disk sebelum memilih partisi yang akan digunakan.

5 thoughts on “Cara Backup Semua Data Macos dengan Time Machine

  • July 7, 2020 at 8:50 am
    Permalink

    I simply want to mention I am all new to blogging and honestly loved this website. Probably I’m going to bookmark your blog post . You surely come with wonderful stories. Thanks a bunch for revealing your web site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *