Cara Biar Meeting Online Nggak Lemot | LiteTeknoID

Cara Biar Meeting Online Nggak Lemot

Munculnya pandemi COVID-19 sangat mengejutkan dunia. Penyakit akibat virus corona ini cukup berdampak bagi segala aspek di dunia. Untuk mengurangi dampak penyebaran virus tersebut, pemerintah Indonesia akhirnya mengimbau masyarakat untuk bekerja dan beribadah #DiRumahAja.

meeting online
Ilustrasi meeting online

Memang sih, seiring perkembangan zaman, masyarakat sudah bisa bekerja dari rumah. Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote mengandalkan koneksi internet.

Hanya saja, bukan berarti kendala yang dihadapi hampir tidak ada. Terkadang, beberapa pekerjaan harus dikoordinasikan dalam meeting. Untuk itu, sebenarnya kamu bisa memakai beberapa aplikasi meeting virtual seperti Zoom Meeting, Skype, atau Google Meet.

Nah, karena penggunaan aplikasi tersebut sangat penting untuk bisa terkoneksi secara real time, maka ketidakstabilan koneksi jaringan internet pastinya akan berimbas pada pengalaman meeting online yang buruk. Mulai dari gambar yang patah-patah, suara putus-putus, atau bahkan kamu bisa ketinggalan pembahasan topik penting. Apalagi jika smartphone yang kamu pakai tidak lihai untuk berpindah ke sumber koneksi yang lebih baik.

Untuk menghindari hal tersebut, perpindahan koneksi secara otomatis bisa sebagai solusi yang bisa diterapkan. Pada tulisan ini, kami akan memberikan contoh memakai ponsel keluaran Oppo.

Kalau kamu kebetulan mempunyai perangkat yang sama, kamu bisa memilih ikon Setting (Pengaturan), pilih menu Wi-Fi > Wi-Fi Assistant (Asisten Wi-Fi), lalu aktifkan “Automatically Select the Best Wi-Fi” (Pilih dengan Cerdas Wi-Fi Terbaik).

Dengan fitur ini, smartphone akan memastikan keandalan jaringan internet yang digunakan dari sumber koneksi Wi-Fi yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

Cara kerja fitur ini adalah smartphone akan membuat koneksi dengan dua SSID, yaitu Wifi Bigpool (2.4GHz) dan Wifi Bigpool 5GHZ (5GHz). Lalu, smartphone bakal memilih koneksi mana yang paling cepat dan stabil untuk dijadikan prioritas. Meski begitu, hubungan dengan koneksi kedua tetap dipertahankan dan menjadi koneksi cadangan.

Baca Juga :   aplikasi animasi teks di android cocok untuk pemula

Fitur ini akan mengecek kecepatan dan kestabilan jaringan pada masing-masing SSID. Saat koneksi prioritas sedang melambat, sementara koneksi cadangan jadi lebih cepat, maka smartphone akan secara otomatis beralih ke koneksi cadangan. Hal tersebut bisa mengurangi munculnya lag saat kamu sedang melakukan meeting online.

Oh iya, kamu juga bisa mengaktifkan fitur “Auto-Switch to Mobile Network” (Alihkan Otomatis ke Jaringan Seluler) jika kamu merasa kondisi jaringan seluler yang kamu gunakan bisa memberikan koneksi yang lebih baik. Cara kerjanya kurang lebih seperti fitur Wi-Fi Assistant yang dijelaskan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *