Copy Paste dari PC ke Ponsel? Pakai Cara Ini

Mungkin, kamu pernah menemukan sebuah tulisan menarik saat kamu berselancar internet lewat gadget kamu. Lalu, kamu ingin mengutip beberapa bagian dari bacaan tersebut sebagai bahan pekerjaan atau tugas kamu. Misalnya skripsi atau pekerjaan lainnya.

Biasanya kamu cukup melakukan copy paste dalam satu perangkat yang sama. Namun, gimana caranya kalo kamu ingin melakukan hal yang sama dalam perangkat yang berbeda?

copy paste
Ilustrasi copy paste | Foto: NetON.id

Jika kamu memakai Windows 10, kamu bisa menggunakan fitur copy paste antar perangkat yang berbeda melalui aplikasi Your Phone. Sebelumnya, fitur ini hanya bisa dipakai dari satu PC ke PC lain. Namun, fitur ini sudah bisa dipakai untuk melakukan copy paste dari PC ke ponsel ataupun sebaliknya. 

Namun, hanya beberapa smartphone saja yang mendukung fitur ini. Beberapa diantaranya adalah Samsung Galaxy Z Flip, Galaxy S20, atau produk Samsung lainnya yang sudah menggunakan OneUI versi 2.1 ke atas.

Untuk menggunakan fitur ini, aktifkan opsi “cross-device copy and paste” pada aplikasi Your App. Lalu, aktifkan juga clipboard history pada PC Windows 10 di pengaturan aplikasi.

Untuk mencoba apakah fitur ini berhasil atau tidak, ketik sebuah kalimat bebas pada kolom pesan di ponsel. Lalu, copy kalimat tersebut. Beranjak ke PC, buka aplikasi Notepad dan lakukan paste. Jika berhasil, kalimat yang kamu tulis di smartphone bakal muncul di Notepad.

Menariknya, fitur copy paste antar perangkat ini juga bisa menyalin gambar, termasuk screenshot dari ponsel yang akan otomatis masuk ke clipboard setelah diambil.

Untuk melihat riwayat clipboard yang ada di PC, tekan tombol Windows + V pada keyboard. Dengan ini, kamu bisa melihat daftar copy paste yang berhasil dilakukan dari smartphone ke PC.

Oh iya, fitur ini juga kamu lakukan dari PC ke smartphone. Samsung memiliki UI clipboard yang dibuat berdasarkan dari keyboard-nya sendiri. Kamu bisa mengakses clipboard tersebut dengan cara menyentuh tombol clipboard yang muncul ketika memilih teks.

Kamu juga bisa menyalin nomor ponsel di laman web yang kamu buka di PC untuk ditempel di aplikasi telepon ponsel kamu.

Fitur ini memanfaatkan data clipboard yang diunggah melalui Cloud, tetapi Microsoft memastikan perusahaannya bakal melindungi semua data yang disalin oleh pengguna fitur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *