cara instal ulang windows menggunakan flashdisk | LiteTeknoID

cara instal ulang windows menggunakan flashdisk

System operasi merupakan sebuah software yang harus ada di sebuah laptop, pc, smartphone dan masih banyak lainnya yang menggunakan system operasi. Kegunaan system operasi pun bervariatif sesuai kebutuhan. Dan dalam hal ini jika kamu ingin menginstall system operasi di PC / Laptop pribadi, dan kamu tidak bisa melakukan nya, kemudian membayar orang untuk melakukannya. Jika bisa dilakukan sendiri kenapa kamu harus membayar orang ? dengan iming – iming windows yang mereka install lebih baik.

Kali ini aku akan beri tau kamu cara menginstall system operasi windows menggunakan flashdisk yang kamu miliki, simak berikut ini ya.

1. siapkan terlebih dulu iso windows

Iso windows atau file windows ini merupakan salah satu item yang wajib kamu persiapkan. Kalau gak ada windows nya kamu mau nginstall apa ? tenang aja iso windows sudah banyak tersedia di internet. Untuk windows 7 siapkan kuota kamu sebesar 2GB sampai 4GB. windows 8 atau 10 sudah tentu size nya akan lebih dari 3GB.

2. siapkan flashdisk

Setelah kamu memiliki iso windowsnya, sekarang kamu harus memiliki flashdisk, selain flashdisk memang masih ada media lain seperti CD / DVD yang bisa kamu jadikan media bootable. Tapi kali ini aku akan beri tau kamu cara menginstall system operasi windows menggunkan flashdisk ya. Kamu bisa siapkan flashdisk minimal 4GB , namun untuk jaga – jaga sebaiknya 8GB karena di khawatirkan size dari iso windows lebih dari 4GB. Merk apa aja tidak masalah asalkan flashdisk yang kamu miliki berjalan dengan normal.

Baca Juga :   drawing tablet murah Untuk Desain Grafis dan Ilustrasi Harga Murah dibawah 1 juta

3. software untuk membuat bootable

Setelah kamu persiapkan item – item di atas, sekarang kamu download software untuk membuat bootable terdapat banyak sekali di internet , tapi aku saranin kamu menggunakan software Rufus karena tersedia juga versi portablenya jadi kamu gak perlu install dulu softwarenya , cukup jalankan kamu udah bisa membuat bootable untuk flashdisk kamu.

4. install ulang

Setelah siap ayo kita ke bahasan utamanya yaitu cara menginstall system operasi windows di PC / Laptop kamu simak baik – baik ya.

  • Pertama jalankan software rufus yang udah kamu download tadi.
  • Setelah itu pada kolom device akan tercatum nama flashdisk kamu , jika masih kosong berarti flashdisk kamu tidak terbaca di windows yang sedang kamu gunakan.
  • Kemudian pilih select cari Iso windows yang udah kamu download, setelah itu klik open
  • Untuk kolom cluster size & File System abaikan aja biarkan default
  • Setelah itu tekan tombol start
  • Tunggu sampai proses nya selesai biasanya untuk flashdisk yang memiliki kecepatan transfer diatas rata – rata, 30 min kebawah proses pembuatan bootable nya. Tapi untuk flashdisk yang memiliki kecepatan transfer nya rendah mungkin akan memakan waktu lebih dari 30 min.
  • Reboot Pc / laptop kamu, kemudian masuk ke bios, untuk shortcut masuk ke bios berbeda beda untuk beberapa fendor ada yang hanya cukup menakan f2 atau fn + f2 juga masih banyak shortcut lainnya. Jadi kamu cari yang sesuai dengan type motherboard atau laptop kamu.
cara instal ulang laptop
boot priority
  • Setelah itu masuk ke menu boot disitu kamu pilih boot priority nya jadikan flashdisk kamu jadi no 1.  Atau untuk beberapa bios kamu udah bisa langsung klik enter device yang ingin kamu gunakan untuk proses booting.
  • Jika kamu terdapat di halaman blank hitam dan ada tulisan “ press any key to boot from CD or DVD ”kamu hanya perlu tekan tombol apa aja di keyboard kamu.
cara instal ulang laptop
welcome screen install windows
  • Setelah itu kamu akan di bawa ke halaman welcome install windows, pilih bahasanya kemudian tekan tombol next.
  • Setelah itu tekan tombol install now, kemudian ceklis “ I accept the license termskemudian tekan next.
  • Pada halaman selanjutnya kamu pilih aja  Custom ( advanced ).
  • Halaman selanjutnya adalah pengaturan partisi. Dihalaman ini kamu harus  hati – hari karena jika kamu memiliki data sebelumnya dan hanya ingin mengganti windows sebelumnya, kamu lihat terlebih dahulu space nya atau nama partisi kamu. Yang mana data kamu dan yang mana partisi C atau windows kamu yang sebelumnya.
cara instal ulang laptop
halaman partisi install windows
  • Tapi jika harddisk mu masih kosong kamu tidak perlu menghapus atau memformat partisi . kamu hanya perlu, klik New kemudian atur spacenya kemudian tekan apply.
  • Kemudian tekan tombol next , tunggu sampai proses instalasi selesai, biasanya memakan waktu hingga lebih dari 30 min. jika kamu menggunakan laptop jangan lupa untuk mencharger laptop kamu ya.
  • Setelah selesai kamu hanya perlu mengkonfigurasi windows yang baru aja kamu install.
  • Selesai windows siap kamu gunakan.
Baca Juga :   Cara Mengubah Tema WhatsApp

Kesimpulan

Tidak ada salahnya kamu belajar untuk menginstall system operasi karena, jika kamu bergantung pada orang lain dan gak mau belajar kamu akan selamanya selalu menyewa orang dan jika kamu bisa uang untuk membayar orang bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya kan . membaca adalah sumber kesuksesan. Jangan malas membaca ya .

4 thoughts on “cara instal ulang windows menggunakan flashdisk

  • April 9, 2019 at 5:45 pm
    Permalink

    gan. kalo bisa ditambahin juga dong link download iso nya.😁

    Reply
    • April 9, 2019 at 10:03 pm
      Permalink

      ok, udah aku siapin link nya ko di cek lagi ya 🙂

      Reply
  • July 7, 2020 at 6:41 am
    Permalink

    I just want to say I am beginner to weblog and truly savored your web blog. Most likely I’m want to bookmark your site . You really have exceptional articles and reviews. Regards for revealing your web page.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *