Cara Membuka Situs yang Diblokir | PC & Android

Liteteknoid.com – Cara Membuka Situs yang Diblokir | PC & Android. Saat ini pemerintah memang tengah giatnya melakukan pemblokiran terhadap banyak situs yang diduga melakukan pelanggaran terhadap pedoman undang-undang ITE seperti halnya situs film, situs yang merujuk terhadap kekerasan hingga pornografi.

Namun nyatanya tak semua situs yang diblokir serta merta melakukan pelanggaran, justru banyak situs yang dapat bermanfaat sebagai layanan informasi maupun forum yang juga turut diblokir. Nah bagi anda yang ingin mengakses situs-situs yang diblokir oleh pemerintah berikut ini kami rekomendasikan beberapa cara mudah baik melalui PC maupun smartphone android.

Cara Membuka Situs yang Diblokir | PC & Android

Cara Buka Blokir Situs dengan VPN di Android

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk dapat mengakses sebuah situs website yang telah diblokir oleh pemerintah yakni dengan menggunakan aplikasi VPN yang bisa anda unduh di layanan Google Play Store.

Ya VPN terbukti dapat membuka situs yang diblokir di HP dan tentunya anda dapat dengan leluasa menikmati beragam sajian kontent dengan bebas dan juga kecepatan internet yang cukup tinggi, namun untuk sisi keamanan belum diketahui ya.

  • Langkah pertama yang dapat anda lakukan yakni unduh terlebih dahulu aplikasi vpn android di Google Play Store seperti “Turbo VPN”.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn1.jpg
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebu dan pilih “I Agree”.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn2.jpg
  • Pilih server yang akan gunakan dan tunggu hingga terhubung sampai muncul notif “Connected”


Cara Buka Blokir Situs dengan SSH di Android

Cara membuka situs yang diblokir nyatanya juga tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi VPN saja lho, tetapi juga dapat menggunakan SSH. Ya SSH juga bisa dikatakan mirip seperti VPN namun tentunya semua tergantung para penggunanya.

SSH juga memiliki keamanan jaringan yang tinggi dalam melindungi data para pengguna terhadap serangan virus maupun peretasan. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuka situs yang diblokir dengan menggunakan SSH simak informasinya dibawah ini.

  • Langkah pertama yang dapat anda lakukan yakni dengan mengunduh aplikasi ssh terbaik di google play store seperti “KPN Tunnel”.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh1.jpg
  • Selanjutnya buka aplikasi KPN Tunnel yang telah terinstall dan pilih menu “Setting” lalu aktifkan SSH Tunnel.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh2.jpg
  • Jika sudah masuk pada menu setting, selanjutnya scroll kebawah pada “Host/IP” lalu isi username maupun password. Nah disini anda perlu memiliki akun SSH terlebih dahulu yakni lakukan pendaftaran pada situs FastSSH.com dan ikuti tutorialnya.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh3.jpg
  • Terakhir aktifkan Custom DNS dan kamu bisa menggunakan settingan default pada aplikasi. Lalu kembali ke halaman utama dan ketuk Start untuk memulai menggunakan SSH.


Cara Buka Blokir Situs dengan Server DNS di PC Laptop

Cara membuka situs yang diblokir selanjutnya dapat anda lakukan dengan menggunakan server DNS, cara ini terbilang cukup mudah dilakukan pada perangkat pc maupun juga pada smartphone android.

Cara kerja server DNS juga tidak jauh berbeda dengan VPN hanya saja tingkat keamanannya yang lebih terjaga memungkinkan para pengguna berselancar di dunia maya dan mengakses banyak situs yang diblokir dengan aman dan nyaman. Nah berikut ini langkah membuka situs yang diblokir dengan server DNS.

  • Langkah pertama yang dapat anda lakukan yakni masuk ke menu “Control Panel” pada PC anda, kemudian pilih “Network and Internet” lalu “Network and Sharing Center” seperti gambar dibawah ini.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh-dns1.jpg
  • Selanjutnya pilih opsi “Properti” pada jaringan koneksi yang sedang anda gunakan.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh-dns2.jpg
  • Kemudian pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan klik Properties yang ada di bagian bawahnya.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh-dns3.jpg
  • Pada jendela berikutnya, kamu aktifkan terlebih dulu opsi Use the following DNS server addresses. Isi Preferred DNS server: 1.1.1.1 dan Alternate DNS server: 1.0.0.1. Jika sudah, klik OK.
cara-buka-situ-yang-diblokir-dengan-vpn-dan-ssh-dns4.jpg

Nah mudah bukan? Tentu jika anda ingin menggunakan server DNS sebagai alternatif dalam mengakses situs yang diblokir tentu berikut ini ada beberapa rekomendasi server DNS terbaik.

4 thoughts on “Cara Membuka Situs yang Diblokir | PC & Android

  • July 7, 2020 at 7:10 pm
    Permalink

    I just want to mention I am very new to blogging and definitely savored your web-site. Likely I’m likely to bookmark your blog post . You really come with perfect writings. Thank you for revealing your web-site.

    Reply
  • October 11, 2020 at 10:23 pm
    Permalink

    Definitely believe that which you stated. Your favorite justification seemed to be on the web the simplest thing to be aware of.
    I say to you, I certainly get irked while people consider worries
    that they just do not know about. You managed to hit the nail upon the top as well as
    defined out the whole thing without having side-effects
    , people can take a signal. Will likely be back to get more.
    Thanks

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *