Cara Mencegah “Zoom Bombing” saat Meeting Online | LiteTeknoID

Cara Mencegah “Zoom Bombing” saat Meeting Online

Aplikasi Zoom tengah menjadi aplikasi yang digunakan oleh banyak orang. Alasannya, tentu saja karena pandemi Covid-19 yang membuat orang-orang di seluruh dunia harus berdiam diri di rumah. Aplikasi meeting online ini sering dipakai untuk bersosialisasi atau untuk meeting secara online.

zoom bombing
Ilutrasi meeting online

Seorang perwakilan Zoom mengungkapkan adanya peningkatan pengguna Zoom pada Maret 2020, dimana jumlahnya naik sampai 200 juta pengguna.

Namun seiring banyaknya pengguna sebuah aplikasi, maka ada potensi orang jahat yang mencari titik lemah dari aplikasi tersebut untuk dieksploitasi. Hingga akhirnya, baru-baru ini muncul istilah “Zoom bombing”.

“Zoom bombing” adalah serangan hacker berupa gangguan dari luar yang membajak konferensi video dengan cara mengirim ancaman, ujaran kebencian, atau gambar-gambar tak pantas.

Agar terhindar dari “zoom bombing, kamu perlu melakukan pencegahan dengan cara-cara yang kami kutip dari Tek.id berikut ini:

  • Update aplikasi Zoom kamu

Seiring laporan masalah keamanan yang mulai muncul, pihak pengembang Zoom mulai memperbaiki masalah tersebut. Nah, agar kamu mendapatkan sistem keamanan terbaru, segera update aplikasi Zoom kamu.

  • Gunakan ID dan password unik

Saat kamu membuat akun Zoom, aplikasi akan memberikan Personal Meeting ID (PMI). PMI ini adalah kode numerik yang bisa kamu bagikan ke orang lain saat hendak menggelar “meeting”.

Namun pada update terbaru, kamu juga punya opsi kedua, yaitu untuk menampilkan ID unik ketimbang menggunakan PMI kamu.

PMI memang bisa digunakan berulang kali dan tak punya masa kadaluwarsa, sehingga orang lain bisa bergabung tanpa harus memburu kode atau tautan tertentu.

Karena sifatnya yang tidak ada kedaluarsa, maka siapa pun yang punya PIM kamu bisa mencoba masuk ke ruangan “meeting” kamu kapan aja. Inilah potensi keamanan yg bisa dimanfaatkan oleh hacker.

Nah, fitur ID unik akan membuat sebuah ID yang hanya muncul setiap kali kamu menjadwalkan pertemuan baru. Oh iya, ada satu lapisan keamanan lagi yang bisa kamu pakai, yaitu password.

  • Buat Waiting Room 

Fungsi “waiting room” ini agar orang lain tidak bisa menerima panggilan kecuali Anda sebagai host. Cara ini cukup aman, karena kamu bisa melihat nama dan mengenali orang tersebut terlebih dulu sebelum mengizinkannya masuk ke ruang “meeting”.

  • Pastikan hanya host yang bisa berbagi layar

Hal ini penting agar tak ada siapa pun yang membajak layar selama panggilan Zoom. Sebagai host, pastikan pengaturan Zoom kamu menunjukkan bahwa kamulah satu-satunya orang yang diizinkan berbagi layar. Kamu juga bisa mengaktifkan pengaturan ini sebelum atau saat “meeting” online dimulai.

  • Jadikan “Invite-Only Meeting”

Fitur ini hanya tersedia pada akun Zoom berbayar, dimana fitur ini bisa membatasi orang yang akan bergabung dengan panggilan Zoom kamu dan menjadikannya sebagai undangan khusus. Caranya, kamu memasukkan alamat e-mail dari orang yang akan kamu undang. Hal ini bakal ngasih kamu jaminan bahwa hanya orang=orang yang kamu kenal saja yang bisa ikut meeting.

  • Kunci meeting setelah dimulai

Jika kamu memulai meeting dan semua orang yang kamu harapkan sudah bergabung, maka kamu bisa mengunci meeting tersebut agar tak ada orang lain yang ikut nimbrung.

  • Usir atau tahan panggilan seseorang

Sebagai host, kamu punya hak untuk mengusir seseorang dari panggilan atau menahan panggilan mereka. Untuk mengusir seseorang, buka panel peserta di sebelah kanan saat panggilan berlangsung, lalu arahkan ke atas nama orang yang ingin Anda usir. Saat pilihan muncul, pilih “Hapus”.

  • Nonaktifkan kamera peserta meeting

Sebagai host, kamu juga bisa mematikan kamera peserta meeting, bila peserta tersebut bersikap tak pantas.

  • Cegah GIF animasi dan file lainnya di panggilan

Zoom memungkinkan peserta untuk berbagi file, termasuk gambar dan GIF animasi. Namun kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut.

  • Kelola siapa saja yang bisa mengobrol

Jika kamu menerima panggilan Zoom dan mengundang orang asing untuk bergabung, maka kamu bisa menonaktifkan obrolan pribadi. Saat obrolan pribadi dinonaktifkan, obrolan publik yang bisa dilihat tak akan terpengaruh.

One thought on “Cara Mencegah “Zoom Bombing” saat Meeting Online

  • July 7, 2020 at 2:47 am
    Permalink

    I simply want to say I’m all new to blogs and truly enjoyed your page. Almost certainly I’m going to bookmark your blog post . You certainly have tremendous well written articles. Thank you for revealing your website page.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *