Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore | LiteTeknoID

Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore

Liteteknoid.com – Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore. Tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan bukan, ketika sedang menunggu unduhan aplikasi yang ketika awal begitu lancar namun ternyata setelah ditunggu lama malah masih tertahan dan tidak ada pergerakan.

Padahal dirasa koneksi internet untuk melakukan download terbilang stabil, namun masih saja terpending. Terlebih jika yang kita unduh merupakan aplikasi yang sejatinya sedang kita perlukan dan terkesan diburu-buru. Bahkan hal tersebut juga turut terjadi di ponsel android milik saya pribadi.

Nah untuk itu melalui Liteteknoid.com, saya ingin berbagi tips mengatasi download yang terhenti, tertunda saat mengunduh aplikasi di playstore.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Playstore

Ada berberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri, bahkan cara yang akan dishare ini terbilang cukup simple, namun butuh ketelitian.

Cek Unduhan Aplikasi

Hal yang perlu dan tidak perlu sebenarnya yakni melakukan pengecekan terhadap unduhan aplikasi, pasalnya terkadang tanpa kita sadari kita melakukan double unduhan terhadap aplikasi yang sama. Sehingga yang tampil pada tampilan yakni antrian yang kedua dan tentunya status pending karena menunggu unduhan aplikasi yang pertama selesai.

Cek Memori Internal

Salah satu yang menjadi faktor penyebab tertundanya unduhan aplikasi di playstore yakni tidak adanya ruang atau space untuk aplikasi baru. Memang terkadang akan muncul notifikasi “Ruang Penuh” ketika mengunduh aplikasi baru, namun terkadang juga digantung seperti pending unduhan.

Anda dapat menghapus cache ataupun file video, foto yang tentunya dirasa kurang penting, atau bahkan aplikasi yang dirasa kurang digunakan dapat diuninstal guna memberikan ruang terhadap aplikasi baru.

Nonaktifkan Fitur Pembaruan Otomatis

Dalam aplikasi google play tentunya ada fitur yang memungkinkan pengguna tidak perlu untuk melakukan update aplikasi secara manual, melainkan tinggal aktifkan fitur update otomatis maka semua aplikasi yang ada di ponsel android anda sudah terupdate otomatis.

Nah fitur ini yang terkadang membuat unduhan pada aplikasi baru menjadi tertunda karena banyaknya antrian update aplikasi. Tak hanya itu, fitur update otomatis juga memberikan efek terhadap semakin membengkaknya ruang penyimpanan seiring size update dari aplikasi tersebut.

Baca Juga :   Cara Mencegah "Zoom Bombing" saat Meeting Online

Reset Factory

Hal terkahir yang terbilang cukup ekstrem untuk dicoba yakni dengan melakukan reset factory. Terkadang beberapa cara diatas sudah dicoba namun masih tetap tidak ada perubahan, hal tersebut merupakan pertanda jika ada sesuatu pada sistem dan hanya dengan cara reset factory semua kembali normal.

Ada dua cara untuk melakukan reset factory pada ponsel android anda yakni dengan masuk ke menu “Setting” pilih “Backup & Reset” dan pilih “Factory Reset”.

Kemudian untuk cara yang kedua yakni dengan memastikan ponsel android anda dalam keadaan off atau mati, kemudian nyalakan dengan masuk melalui mode “Recovery”, pilih “Wipe Data/Factory Reset” dan pilih “Wipe” kembali.

Selamat Mencoba ya

3 thoughts on “Cara Mengatasi Download Tertunda di PlayStore

  • June 20, 2020 at 4:54 pm
    Permalink

    Incredible post. Articles that have significant and savvy remarks are more agreeable, at any rate to me. It’s fascinating to peruse what other individuals thought and how it identifies with them or their customers, as their point of view could help you later on.

    Reply
    • June 21, 2020 at 7:00 am
      Permalink

      Thankyou 🙂

      Reply
  • July 7, 2020 at 10:43 am
    Permalink

    I just want to say I am just beginner to blogging and really loved this web-site. Most likely I’m want to bookmark your blog . You absolutely come with amazing well written articles. Thank you for sharing your web-site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *