Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas | LiteTeknoID

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

Perkembangan zaman menuju arah modern nyatanya banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan umat manusia. Perkembangan teknologi juga merupakan salah satu terobosan sekaligus bentuk perkembangan dari zaman modern tersebut.

Hingga kini, teknologi sudah merambah ke semua aspek, mulai dari aspek dunia hiburan sampai dunia olahraga, rasanya semua itu sudah menggunakan teknologi mutakhir yang tentunya akan memudahkan kegiatan yang bersangkutan dengan hal-hal tersebut.

Hampir setiap kita memiliki alat komunikasi yang bernama handphone atau yang biasa kita sebut dengan hape. Namun namanya saja alat buatan manusia pasti ada saja masalah yang mengiringi dalam penggunaan HP ini.

Salah satu contoh masalahnya adalah hp panas. Khusunya bagi anda pengguna hp berjenis smartphone. Sebenarnya hp android cepat panas bukanlah sebuah masalah baru, hampir semua merk hp android bisa jadi cepat panas,tidak peduli apa merk dan spesifikasi hp android anda gunakan.

Namun sayangnya, Android cenderung akan cepat panas ketika diakses terus-menerus oleh penggunanya. Dibalik hal itu ternyata banyak faktor yang mengakibatkan smartphone Android anda menjadi cepat panas. Dan berikut ini adalah beberapa faktor tersebut.

Tips – Tips

1. Periksa kondisi baterai hp, bila rusak ganti dengan yang baru

Periksalah kondisi baterai yang anda gunakan pada hp anda. Jika ternyata kondisinya pada saat digunakan daya baterai turun drastis, hp mati mendadak seperti gejala baterai yang nge drop maka bisa dipastikan bahwa masalah panas yang terjadi di hp android anda tersebut berasal dari baterai yang sudah malfungsi. Satu – satunya cara adalah mengganti baterai dengan yang baru.

2. Gunakan jaringan yang stabil

hp dengan jaringan yang stabil

penyebab hp android cepat panas karena koneksi internet lemot,
ini bisa menjadi alasan logis jika anda sudah menerapkan cara pertama namum tetap saja hp android anda terasa cepat panas,ini berarti kualitas jaringan di tempat tinggal anda saat ini sedang tidak bermasalah.

Baca Juga :   5 Aplikasi Wajib Tanggap Bencana, Siap siaga dalam setiap situasi!

seperti koneksi internet sedang lemot ini membuat hp android kita cepat panas jika kita gunakan untuk browsing maupun chating. karena hp android kita terus berusaha untuk reload koneksi internet tersebut.

3. Simpan Ponsel Android Dengan Benar

Salah satu cara mengatasi smartphone cepat panas yaitu dengan menyimpan ponsel android di tempat yang tepat dan benar. Misalnya: tidak membiarkan Android terlalu lama terpapar sinar matahari langsung.

Selain akan membuat ponsel Android panas, terpapar sinar matahari yang lama juga akan membuat beberapa komponen dan hardware pada Android cenderung mudah rusak.

Intinya, menyimpan ponsel Android dengan benar, baik itu dari sinar matahari maupun tempat-tempat yang lembab—bukan hanya untuk menghindari smartphone dari cepat panas saja, melainkan juga akan memperpanjang usia dari smartphone itu sendiri.

AC di rumah atau di kantor bisa jadi solusinya, kalau anda gak dapat tempat ber-AC ya anda bisa beli pendingin khusus untuh hp kesayangan anda.

4. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Jika RAM yang dibenamkan dalam ponsel anda ukurannya kecil maka jangan gunakan terlalu banyak aplikasi. Penggunanan aplikasi yang berlebih akan meningkatkan kinerja RAM.

Sehingga menyebabkan terjadinya lag dan panas berlebih pada baterai hp anda, hp saya sendiri pernah mencapai temperatur 63 derajat celsius loh! gila kan?

Cara mengatasi hp panas jika terjadi masalah ini adalah tutup aplikasi atau bahkan hapus aplikasi yang sekiranya tidak anda perlukan dan hapus juga aplikasi yang memberatkan kinerja RAM seperti game dengan ukuran besar misalnya.

5. Jangan Gunakan Android Ketika Melakukan Pengisian Daya (Dicharger)

Jangan Gunakan Android Ketika Melakukan Pengisian Daya

Panas berlebih yang terjadi pada perangkat Android salah satunya disebabkan oleh penggunaan ponsel saat sedang dicharger.

Baca Juga :   Cara menghentikan proses windows update di windows 10

Hal ini tentu saja sangat tidak dianjurkan bagi siapa pun, apalagi menggunakan ponsel Android saat sedang melakukan pengisian daya.

Menggunakan ponsel ketika sedang dicharge ini diyakini hanya akan membuat baterai tidak terisi dengan baik, dan tentunya akan lebih mudah rusak.

Belum lagi suhu panas yang sangat terasa ketika kita menggunakan Android saat sedang dicharger dapat berimbas ke kulit dan tangan kita.

Kesimpulan

Bukan berniat menyinggung merk/brand hp apapun, hp android yang anda gunakan akan terasa cepat sekali panas ketika jaringan internet sedang lemot atau down, digunakan ditempat yang panas, dan lebih parah lagi anda memainkan aplikasi berat ketika sedang dicharge.

Berbagai macam faktor yang sudah kami jelaskan pun kami paparkan dengan solusinya, karena masalah tersebut tidak bisa dianggap ringan.

Atas hal tersebut lah alasannya kenapa banyak sekali orang mengganti hp, baik gamer, pekerja bahkan tidak menutup kemungkinan ojol atau ojek online pun juga.

Sampai disini saya akhiri artikel tentang Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari Litetekno lainnya. 😊

Kesulitan menghitung berapa budget yang dibutuhkan untuk rakit PC idaman kamu? Berikut artikel yang sudah kami buat 5 Website untuk Simulasi Harga Rakit PC

7 thoughts on “Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

  • Pingback: Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Agar Lebih Cepat - LiteTekno

  • November 13, 2019 at 6:32 pm
    Permalink

    Great, thanks for sharing this article.Really looking forward to read more. Fantastic.

    Reply
  • April 21, 2020 at 1:44 am
    Permalink

    Hola Chris, creo que la recuperación del tiempo no haría que valga la pena esta oportunidad. Gracias por la honesta y descarada crítica, parece que cada vez que vengo por aquí, aparecen más formas nuevas de hacer dinero en línea de las que no había oído hablar. Buen trabajo detectivesco! Esta parece un poco peor que el envío directo, otra forma de hacer dinero en línea que funciona, aunque con un poco más de esfuerzo y usando un poco de poder mental que te mantiene interesado. Tu sugerencia en la parte superior del artículo fue útil, estoy de acuerdo como otros comentaristas aquí en que el marketing de afiliados y prepararse para esto usando Wealthy Affiliate puede ser una buena forma de generar ingresos pasivos de tus esfuerzos en línea.

    Reply
  • July 7, 2020 at 3:50 am
    Permalink

    I simply want to say I am just newbie to blogging and site-building and seriously loved this web blog. Probably I’m planning to bookmark your blog . You definitely come with really good articles. Thank you for sharing with us your webpage.

    Reply
  • October 20, 2020 at 1:55 pm
    Permalink

    Bien… ¿te importaría nombrar la plataforma que usas? Estoy seguro de que mis lectores lo apreciarán! 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *