Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Agar Lebih Cepat

LAPTOP SANGAT LEMOT?

Laptop adalah alat canggih yang rasa-rasanya dimiliki hampir setiap orang. Fungsinya yang beragam membuat piranti ini begitu penting keberadaanya.

Mulai dari pelajar, karyawan, pengusaha, dan banyak pekerjaan lainya menempatkan laptop sebagai alat kerja yang vital. Penggunaan laptop pun dapat dibilang cukup krusial dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya banyak sekali hal – hal yang dapat memicu lambatnya kinerja dari sebuah laptop, mulai dari segi software-nya ataupun masalah pada hardware-nya juga.

Meski laptop lebih praktis, nggak dapat dipungkiri yang namanya lemot tetap bisa terjadi seperti halnya di PC.

Supaya laptop kamu tetap ngebut, yuk simak penyebab dan cara mengatasi laptop lemot yang mudah berikut ini!

1. Uninstall Aplikasi Berat

uninstall aplikasi berat

Jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita terlalu terlalu banyak menginstall aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.

Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Untuk mengatasinya, cara paling ampuh adalah dengan melakukan uninstall terhadap aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Kamu bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install.

Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, karena sangat sayang jika sampai memori penuh karena aplikasi-aplikasi beban yang sering menganggur. Dan ini menyebabkan Laptop menurun kinerjanya.

2. Virus Yang Menyerang Laptop

AVG bersihkan virus

Kinerja laptop yang berubah menjadi lemot juga dapat disebabkan karena terinfeksi dengan virus. Virus yang menyerang laptop juga dapat merusak file system yang menyebabkan windows tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Bahkan lebih parahnya lagi, windows pada laptop juga dapat mengalami error sehingga tidak dapat dioperasikan, Makanya beli Mac!

Selain itu, virus yang berjalan terus dalam laptop dapat memakan banyak ruang dalam RAM sehingga menyebabkan laptop menjadi lambat. Untuk penanganannya, kamu bisa mencoba melakukan scan menggunakan antivirus yang sudah terupdate.

Gunakan antivirus yang memang sudah terbukti kualitasnya. Jangan menggunakan banyak aplikasi antivirus, cukup gunakan 1 saja sehingga tidak menyebabkan bentrok yang akhirnya menyebabkan laptop menjadi semakin lemot.

3. Melakukan Perawatan Hardware Rutin

cara-mengatasi-laptop-lemot-c

Sangat banyak orang yang melupakan hal ini. Ternyata agar bisa tetap ngebut, laptop perlu dilakukan perawatan. Setidaknya kamu harus melakukan ini minimal setahun sekali.

4. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Debu yang banyak menumpuk pada bagian dalam laptop juga dapat mempengaruhi kinerja dari laptop teresebut, karena banyaknya debu menyebabkan sirkulasi udara didalam laptop mejadi buruk dan dampaknya adalah panas yang dihasilkan laptop tidak dapat dialirkan keluar dengan baik.

Bagian – bagian yang perlu dibersihkan seperti fan dan juga tempat sirkulasi udara, serta dapat menambahkan thermal paste pada bagian processornya. Panas yang berlebih menyebabkan menurunnya kinerja dari laptop yang kita gunakan.

5. Harddisk Belum Pernah Didefrag

Saat menjalankan sebuah aplikasi, maka chache yang berasal dari aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan di dalam hardisk yang kemudian mengurangi kinerja laptop. Dan tak hanya itu saja, data-data yang berantakan lama kelamaan menyebabkan tumpukan yang menyebabkan kinerja laptop melambat.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan defragmentasi pada hard disk kamu. Hal ini bertujuan agar dapat menata kembali data-data berantakan yang ada di dalam harddisk. Sehingga pecahan-pecahan data yang lokasinya berjauhan bisa ditata ulang kembali dan menjadi jauh lebih rapi.

Penutup

Sampai disini saya akhiri artikel tentang Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Agar Lebih Cepat. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari Litetekno lainnya. 😊

Hape android kamu sering panas? Bahaya loh kalau tetap dibiarkan, Berikut kami punya solusinya:
Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

12 thoughts on “Cara Mengatasi Laptop yang Lambat Agar Lebih Cepat

  • Pingback: Realme Akan Garap Ponsel dengan Kamera 64MP? Berikut Hasil Fotonya - LiteTekno

  • Pingback: 5 Aplikasi Pemutar Video Gratisan Terbaik di Mac - LiteTekno

  • Pingback: Cara Memperbaiki Hp Android Lag - LiteTekno

  • August 12, 2019 at 7:38 pm
    Permalink

    This design is spectacular! You obviously know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

    Reply
  • September 11, 2019 at 12:37 am
    Permalink

    Great post. I used to be checking constantly this weblog and I’m impressed! Extremely helpful info specially the final phase 🙂 I handle such information much. I used to be seeking this certain information for a very lengthy time. Thanks and good luck.

    Reply
    • September 11, 2019 at 2:29 am
      Permalink

      Thanks for visiting our website

      Reply
  • September 26, 2019 at 3:42 am
    Permalink

    I just could not depart your site prior to suggesting that I really enjoyed the standard information a person provide for your visitors? Is gonna be back often to check up on new posts

    Reply
    • September 26, 2019 at 4:50 am
      Permalink

      Thank you for visiting our website, I agree with your opinion

      Reply
  • September 28, 2019 at 10:30 am
    Permalink

    Excellent site you have here but I was curious if you knew of any forums that cover the same topics discussed here? I’d really love to be a part of group where I can get opinions from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Appreciate it!

    Reply
    • September 29, 2019 at 4:40 am
      Permalink

      Thank you for the excellent comment, I appreciate it again, by the way I do not know of any forums that discuss topics like this, so sorry

      Reply
  • November 15, 2019 at 9:49 pm
    Permalink

    Thanks for another informative web site. Where else could I get that type of information written in such an ideal way? I’ve a project that I am just now working on, and I have been on the look out for such information.

    Reply
  • July 7, 2020 at 2:27 am
    Permalink

    I just want to say I’m all new to blogging and seriously enjoyed your web blog. Very likely I’m going to bookmark your site . You definitely have excellent writings. With thanks for sharing your website.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *