Cara Mengecilkan Ukuran File Foto menjadi 200kb

Hayo, siapa di sini yang lagi daftar seleksi CPNS 2019?

Bagi kamu yang belum tau, Badan Kepegawaian Negara (BKN) udah membuka pendaftaran CPNS 2019 melalui website resminya. Namun, masyarakat yang hendak mendaftar kerap mengalami kendala.

Salah satu kendala yang dialami adalah kegagalan dalam mengunggah foto di website seleksi CPNS. Kendala tersebut bisa terjadi karena ukuran file gambar yang bisa diupload dibatasi hanya sebesar 200kB saja. Masalahnya, banyak foto-foto yang dimiliki oleh masyarakat tidak berukuran sekecil itu.

Nah, kamu yang juga punya kendala yang sama gak perlu khawatir. Kami bakal membagikan tips untuk membuat foto berukuran kecil dengan cepat dan mudah.  Makanya, disimak yah artikel kami ini sampe habis.

Menggunakan situs pengkompres foto online

Cara pertama, kamu bisa menggunakan situs pengkompres foto. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan adalah Fixpicture. Melalui situs ini, kamu bisa mengubah foto atau gambar berukuran maksimal 3 MB, menjadi berbagai macam format gambar, seperti JPEG, PNG, TIFF, PDF, BMP, dan GIF.

Menariknya, kamu juga bisa memilih kualitas dari hasil jadinya, melakukan rotasi, memberi efek, dan mengatur ukuran pikselnya. Hasil jadinya nanti akan memiliki ukuran file yang jauh lebih kecil ketimbang file aslinya.

sumber: tek.id

Berikut ini adalah cara menggunakan Fixpicture untuk mengecilkan ukuran file gambar:

  • pilih gambar yang akan diubah dengan menekan Browse,
  • lalu pilih format JPEG dan atur kualitas gambar yang akan dihasilkan
  • Klik “Convert” untuk memulai proses konversi
  • Setelah gambar berhasil dikonversi, kamu download hasil konversi gambar tersebut

Oh iya, karena cara pertama ini bersifat online, maka perangkat kamu harus terkoneksi ke internet agar kamu bisa melakukan cara-cara di atas.

Menggunakan software

Selain melalui situs internet, kamu juga bisa mengecilkan gambar menggunakan software pihak ketiga. Salah satu software yang kami rekomendasikan adalah PhotoScape (kamu bisa download softwarenya di sini).

Berikut ini adalah cara mengecilkan gambar menggunakan Photoscape:

  • Instal software Photoscape yang telah di-download, lalu buka software tersebut di laptop atau komputer kamu.
  • Pada halaman pertama software, pilih Editor.
  • Lalu, pilih gambar yang akan dikonversi
  • Kemudian, pilih Resize untuk mengecilkan ukuran gambar. Atur ukuran foto menjadi 800×600 pixel.
  • Klik “Save” untuk menyimpan gambar hasil konversi.

Setelah kamu melakukan salah satu cara di atas, selanjutnya kamu sudah bisa meng-upload foto kamu ke situs BKN untuk seleksi CPNS. Selamat mencoba yah

One thought on “Cara Mengecilkan Ukuran File Foto menjadi 200kb

  • December 12, 2019 at 6:30 am
    Permalink

    Another thing I’ve really noticed is that often for many people, below-average credit is the reaction to circumstances beyond their control. By way of example they may happen to be saddled through an illness so they have high bills for collections. It can be due to a occupation loss or the inability to go to work. Sometimes breakup can truly send the money in the wrong direction. Thanks for sharing your notions on this site.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *