cara mengembalikan data yang hilang di semua media penyimpanan | LiteTeknoID

cara mengembalikan data yang hilang di semua media penyimpanan

kamu pasti pernah kehilangan data dengan macam – macam masalahnya seperti tidak sengaja terhapus, terkena virus, atau setelah install ulang system operasi. Hal itu buat kamu kesel ya pastinya, apalagi kalau yang hilang data penting kamu. Tenang aja ko sekarang udah banyak banget software yang bisa bantu kamu mengembalikan data kamu yang hilang bahkan yang udah gak ada lagi di recycle bin.

Tapi aku punya salah satu software yang aku rekomendasikan buat kamu, soalnya cara mengoperasikan nya mudah banget, dan persentase data kembali lagi adalah 99% , karena 1% tidak kembali jika data kamu hilang setelah lama terhapus jadi , file akan menumpuk dan tertimpa dengan file yang baru.

Jadi kalau data kamu hilang kamu cepet – cepet deh recovery sebelum terlambat. Aku mau kasih tau kamu nih cara mengembalikan data yang terhapus dan hilang dari recycle bin. Simak berikut ini ya.

1. siapkan software

Kali ini aku rekomendasiin menggunakan easeus data recovery wizard download yang versi terbaru ya. Kenapa memakai software ini, selain mudah tampilannya user friendly banget. Jadi buat kamu pemula yang gak tau cara menggunakannya akan dengan mudah walau software ini terlihat asing buat kamu.

2. Cara menggunakan software easeus data recovery wizard

Setelah kamu install software nya langkah selanjutnya proses recovery data. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama sesuai partisi yang ingin kamu scan nanti. Semakin banyak data pada partisi yang ingin kamu scan, waktu nya juga akan semakin lama jadi cukup menunggu aja dan lihat hasilnya.

  • Buka software EaseUs data recovery wizard
cara mengembalikan data yang hilang
tampilan awal easeus data recovery wizard
  • Di halaman utama kamu akan memilih partisi mana yang akan kamu recovery, dari partisi tersebut akan terlihat space dan detail labelnya.
  • Atau kamu bisa memilih spesific folder yang ingin kamu recovery. Tapi aku saranin kamu memilih partisi aja karena file kamu yang hilang akan teracak lokasi nya.
  • Setelah kamu memilih partisinya , kemudian tekan tombol scan untuk melakukan scan otomatis.
Baca Juga :   Instagram Story Kamu Jadi Keren dengan Tips ini

Ada dua type scan yaitu Quick Scan Result dan Deep Scan Result. Dari data yang di hasilkan dari kedua jeni scan tersebut juga berbeda. Baik aku jelasin secara singkatnya.

Quick Scan Result

Type scan ini adalah scan local atau data yang hilang pada saat ini. Jadi jika kamu melihat hasil scan type ini, file yang terecovery hanya file – file baru aja. misalkan kamu menghapus file dari partisi kamu kemudian file tersebut gak ada di recycle bin maka file tersebut akan kembali bisa di restore jika kamu menggunakan jenis scan ini.

Kelemahan jenis scan ini adalah kamu gak akan mendapatkan file yang udah lama hilang dari partisi kamu. Jadi ini hanya berguna untuk file yang belum lama hilang dari partisi kamu

Deep Scan Result

Type scan ini akan memakan waktu cukup lama, karena jika kamu melakukan Deep Scan Result kamu akan mendapatkan data kamu yang hilang walau sudah lama dan tertimbun file – file baru. Namun deep scan juga masih memiliki kelemahan yaitu, jika file kamu sudah benar – benar tertimbun ratusan GB atau bahkan TB ( Tera Byte ) . persentase file kamu yang dapat kembali sedikit.

  • Setelah melakukan Scan tunggu sampai proses scan selesai, akan memakan waktu cukup lama sesuai sebanyak apa data di partisi kamu.
cara mengembalikan data yang hilang
proses scan data
  • Setelah selesai kamu bisa mencari dimana letak file kamu terakhir. Kemudian lihat kedalam foldernya apa benar file tersebut yang kamu cari.
  • Setelah itu ceklis file yang ingin kamu restore, atau jika bisa sekalian dengan foldernya saja.
cara mengembalikan data yang hilang
cara mengembalikan data yang hilang
pilih penyimpanan hasil restore
  • Setelah itu tekan tombol Recover, setelah itu cari lokasi penyimpanan untuk proses restore tersebut. Usahan sediakan size yang cukup agar proses restore berjalan dengan baik. Setelah itu tekan tombol OK.
  • Tunggu sampai proses recovery selesai, waktu yang di butuhkan sesuai dengan seberapa besar size file yang kamu restore.
  • Setelah selesai cek file tersebut semoga tidak corrupt ya hihi.
cara mengembalikan data yang hilang
selesai melakukan scan
  • Selamat file kamu udah berhasil kamu restore.
Baca Juga :   Cara menggunakan Create Restore Point di windows 7 8 10 mudah

Kesimpulan

Tidak perlu khawatir jika harddisk / partisi kamu terformat karena di zaman modern ini software sudah semakin maju. Dan semoga dengan kejadian yang udah menimpa kamu , walau ada software yang bisa membantu tapi tetap saja , ini masih buatan manusia pasti memiliki kelemahan. Jadi intinya kamu perlu berhati – hati lagi jangan sampai data kamu terhapus , bahkan terformat ya .

Tonton Juga :

One thought on “cara mengembalikan data yang hilang di semua media penyimpanan

  • July 7, 2020 at 9:08 am
    Permalink

    I just want to mention I am all new to blogging and actually loved this blog. Likely I’m want to bookmark your blog post . You really come with excellent article content. Thanks a lot for sharing your website.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *