Please wait 20 seconds ...

Cara Screenshot iPhone


Liteteknoid.com – Cara Screenshot iPhone. Screenshot menjadi fitur yang begitu menarik dan paling sering digunakan seiring dengan kemunculan ponsel pintar baik saat perdana meluncur hingga saat ini. Tentunya hampir semua pengguna smartphone sudah mengetahui cara screenshot atau capture layar ponsel meskipun berbeda merk atau vendor memiliki cara yang berbeda-beda.

Fitur Screenshot juga terbukti ampuh dalam memanjakan para penggunanya terlebih bagi yang ingin mengabadikan sebuah moment yang tidak mungkin menggunakan fungsi kamera. Ya sepertihalnya sebuah capture judul berita yang tidak perlu repot lagi mengirim link dan membuka link untuk membaca berita, melainkan tinggal di screenshot dan gambar tersebut langsung terkirim atau tersimpan.

Lantas bagaimana cara screenshot di iPhone?

Sebelum melangkah lebih jauh, tentunya hampir semua pengguna ponsel pintar baik smartphone android maupun iPhone secara umum juga telah mengetahui cara cepat dalam melakukan screenshot atau melakukan tangkapan layar pada ponselnya, sepertihalnya menekan tombol power bersamaan dengan tombol home, atau navigasi home dengan volume atas.

Namun bayangkan jika semua tombol tersebut dalam keadaan tidak berfungsi atau bisa dikatakan rusak, sedang kita sangat membutuhkan fitur screenshot dalam suatu situasi. Tentu hal tersebut membuat jengkel bukan, padahal sebenarnya penggunaan fitur screenshot tidak melulu harus menggunakan tombol, melainkan ada beberapa cara lain seperti yang akan Liteteknoid.com ulas dibawah ini.

Cara Screenshot iPhone Tanpa Tombol

Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni dengan merubah pengaturan ponsel anda dan juga mengaktifkan fitur AssistiveTouch.

  • Masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setting”.
  • Selanjutnya Pilih menu “General” dan Pilih “Accessibility”.
  • Sekita akan tampilan pengaturan “Assitive Touch”, kemudian sentuh atau geser tombol agar fitur tersebut aktif.
  • Setelah dipastikan aktif, atur kembali pada bagian “Device” dan pilih “More”.
  • Kini, kapan pun Anda memilih Screenshot dari menu cepat atau melakukan cara pintas yang Anda tetapkan, iPhone akan mengambil tangkapan layar seperti biasa.

Cara Screenshot iPhone dengan Tombol

Ada tiga cara screenshot iPhone dengan menggunakan media tombol yang ada pada ponsel tersebut yakni Face ID, Touch ID dan tombol samping, serta Touch ID dan tombol atas.

Cara Screenshot iPhone dengan Face ID

Perhatikan posisi tombol sebelah kiri dan juga sebelah kanan. Untuk posisi kiri biasanya tombol power, dan kanan tombol volume

  • Tekan secara bersamaan tombol samping/power dan juga tombol volume naik. Ingat Secara Bersamaan !!!.
  • Jika sudah berbunyi cepret, atau terdapat gambar mini pada sudut kiri bawah layar, maka lepaskan kedua tombol tadi.

Cara Screenshot iPhone dengan Touch ID dan Tombol Samping

Cara ini hampir sama seperti langkah diatas hanya saja tombol volume naik tidak ditekan atau digunakan.

  • Tekan tombol Samping (power) dan tombol Utama secara bersamaan.
  • Cepat lepaskan kedua tombol.
  • Cara Screenshot iPhone dengan Touch ID dan Tombol Atas
  • Khusus untuk cara ini yakni untuk perangkat ponsel iPhone yang memiliki tombol power pada bagian atas.
  • Tekan tombol Atas (Power) secara bersamaan dengan tombol Utama (Home) pada layar navigasi ponsel.
  • Kemudian lepas dengan cepat keduanya dan lihat dibagian sudut bawah layar, maka akan terlihat gambar kecil yakni hasil screenshot.

Bagaimana mudah bukan, selamat mencoba ya?