Please wait 20 seconds ...

Tips Menghindari Kebocoran Data Pengguna


Liteteknoid.com – Tips Menghindari Kebocoran Data Pengguna. Baru-baru ini berita kurang sedap kembali menerjang startup tanah air salah satunya yakni Tokopedia yang diberitakan tengah mengalami kebocoran data, tak hanya itu layanan marketplace terbesar di Indonesia ini juga diduga menjual data para penggunanya ke pihak luar. Sebelumnya Bukalapak juga dirundung hal serupa dengan isu bocornya data dan tingkat keamanan data yang kurang.

Dari hal tersebut tentu kita selaku para pengguna kembali diingatkan mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan akun yang sejatinya merupakan data diri yang sudah seharusnya diprivacy atau dilindungi.

Mengingat kejahatan dunia maya memang dapat dialami oleh siapapun dan kapanpun, tentunya anda atau siapapun yang aktif di dunia maya dan juga bagi anda yang sering melakukan transaksi jual beli online, e-banking dan hal lain yang tentunya sangat erat kaitanya dengan privacy data diri untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan juga keamanan akun. Nah berikut ini liteteknoid.com bakal menyajikan beberapa tips untuk mencegah bocornya data online anda yang dikutip dari InetDetik, Sabtu 09 Mei 2020.

Tips Menghindari Kebocoran Data Pengguna

Gunakan Multi Factor Authentication (MFA)

Hal yang sangat perlu untuk dilakukan demi menjaga keamanan data diri yakni aktifkan fitur multi authentication. MFA bekerja dengan cara memberikan beberapa langkah verifikasi guna memastikan keaslian pengguna data akun.

Seperti halnya double verifikasi email dengan cara menautkan email pemulihan, atau juga dengan dua langkah dengan verifikasi nomer ponsel yang selanjutnya memasukan kode OTP yang dikirimkan pada nomer ponsel tersebut.

Namun perlu diingat, meskipun telah menggunakan banyak langkah verifikasi untuk login akses akun, namun sejatinya jangan pernah memberitahukan kode OTP ke pihak siapapun, karena hal tersebut sangat beresiko terhadap akun anda.

Gunakan Kombinasi Pasword

Terkadang para pengguna yang memiliki banyak akun baik akun marketplace, social media, e-banking, dll lebih memilih menggunakan pasword yang sama antara satu akun dan akun lainnya, tentu hal ini juga turut melemahkan sisi keamanan bahkan bisa dikatakan cukup bahaya. Pasalnya jika satu akun sudah dapat diretas, otomatis semua akun juga sangat besar kemungkinan akan teretas.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjut menggunakan satu pasword, ditengah isu kebocoran data seperti saat ini tentunya kita para pengguna harus lebih sigap dan segera melakukan login ulang dan menyetel ulang pasword.

Menggunakan Aplikasi Pasword Manager

Bagi anda yang seringlupa dengan pasword karena melakukan cara nomer dua yakni kombinasi pasword, rasanya tak perlu khawatir lagi. Pasalnya kini banyak sekali aplikasi yang memungkinkan anda memiliki banyak pasword namun tanpa khawatir untuk lupa.

Cara kerja aplikasi ini lebih ke membantu para penggunanya dalam menyimpan, mengisi dan juga mengamankan setiap pasword login anda dengan data enkripsi sehingga dapat dikatakan jauh lebih aman. Aplikasi ini hanya membutuhkan satu kali verifikasi baik itu pasword, sidik jari ataupun mata untuk membuka semua pasword yang telah anda buat dan anda simpan.