Please wait 20 seconds ...

cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca


Apakah Anda pernah mengalami masalah pada flashdisk Anda yang tidak terbaca di komputer Sebelum kita lebih jauh membahas tentang cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca di komputer atau laptop khususnya OS Windows. Kita harus tahu terlebih dahulu tahu kasus apa yang menyebabkan flashdisk menjadi error sehingga tidak terdeteksi, apakah flashdisk mendadak menjadi corrupt atau memang barang tipuan?

Masalah ini tentunya sudah umum bagi para user apalagi dikalangan pekerja, pelajar dan mahasiswa. Ok barangkali kalian ada yang butuh tapi masih belum tau, pada kesempatan kali ini litetekno akan share seputar cara bagaimana memperbaiki flasdisk yang sudah terlanjur tidak terbaca.

Yuk! simak tips dari kami :

1. Melakukan pemeriksaan Pada Port USB untuk memahami kasusnya

Pertama kalian harus memeriksa kondisi port USB yang ada pada komputer kalian. Bisa jadi yang rusak bukanlah flashdisknya melainkan port USB nya sehingga komputer kalian tidak dapat mendeteksi flashdisk yang anda tancapkan. Kalian bisa mencoba untuk menancapkan flashdisk pada komputer lain dan lihat apakah bisa terbaca atau tetap error juga.

2. Melakukan Pemeriksaan Drive yang Ada di Komputer untuk memperbaikinya

Jika setelah mencoba cara diatas namun hasilnya ternyata benar bahwa flashdisk anda tancapkan tetap  tidak bisa terdeteksi, kemungkinan memang port USB baik-baik saja. Langkah selanjutnya adalah periksa laptop kalian, bisa saja ia tidak secara otomatis menscan dan mendeteksi ketika ada perangkat yang disambungkan. Untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa mencoba untuk membuat kompter untuk mendeteksinya kembali seperti flashdisk baru secara manual dengan tutorial sebagai berikut :

a. Pertama kalian pasangkan flashdisk pada port USB komputer kalian, pastikan komputer sudah menyala dan menjalankan sistem operasi.

b. Langkah selanjutnya adalah klik start > control panel

c. Didalam Control Panel ada opsi add hardware/add device.

d. Setelah itu komputer kalian akan memulai proses scanning untuk melihat apakah ada drive baru yag disambungkan atau tidak. kalau memang flashdisk kalian masih dalam keadaan baik dan sehat, biasanya ia akan muncul disana.

e. Jika sudah terbaca dan muncul disana, silahkan pilih kemudian tekan next.

Jika dengan mengikuti tutorial diatas tidak berhasil, maka gunakan teknik ketiga yang bisa jadi alternatif bagi kamu yang suka pakai CMD.

3. Format menggunakan CMD

Kita bisa mencoba untuk memformat alias menghapus semua data yang ada disana. Kali ini kita akan menggunakan fitur dari CMD untuk melakukan pemformatan.

a. Pertama, pasang flashdisk yang bermasalah pada port USB laptop atau komputer.

b. Kemudian buka program CMD, kalian bisa mencarinya lewat menu start atau menulis “CMD” di run kemudian enter.

c. Silahkan ketik FORMAT F: /FS:FAT kemudian tekan enter. F disini adalah lokasi dari flashdisk kalian, jika lokasi dari flashdisk kalian adalah G maka ketik G didepannya, kalau lokasi dari flashdish kalian adalah H maka ketik H, bila lokasinya I maka ketik I, dan seterusnya.

Jangan sampai salah karena hal yang anda lakukan nantinya akan sia sia, jadi sesuaikanlah dengan tempat kalian menancapkan pada port USB yang mana, tapi umumnya berlokasi di F.

d. Tunggu proses pemformatan selesai dan kemudian cek apakah solusi ini bekerja untuk memperbaiki flashdisk yang bermasalah atau tidak.

Lalu Apa yang terjadi bila semua metode yang kalian lakukan tersebut diatas ternyata tidak ada yang berhasil? kalian masih ada harapan, bisa jadi metode ini ialah cara terampuh supaya kamu bisa menggunakan flashdisk. Yaitu dengan membuang flashdisk lama kamu yang tidak terbaca itu lalu membeli flashdisk baru lagi yang asli, kalau bisa belinya di toko resmi yang ada garansinya supaya kamu gak perlu repot-repot troubleshoot seperti ini. Silahkan kamu sisihkan uang untuk membeli flashdisk baru kamu.

Demikianlah cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua, kami litetekno berpesan rawatlah flashdisk kalian sehingga awet, karena bisa jadi suatu saat kalian membutuhkannya.

Nah sekian dulu tips atau  dari litetekno pada kesempatan kali ini. Jangan sungkan untuk konsultasi di website kami lewat kolom komentar dibawah ya, sampai berjumpa di postingan litetekno berikutnya 😊