Please wait 20 seconds ...

6 alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan MacOS dibandingkan OS lain


Tentu kalian sobat litetekno pastinya sudah tahu dengan OS canggih keluaran Apple bukan? Yup, MacOS tentu sudah banyak yang tahu dengan kecanggihan serta fitur-fiturnya.

Bagi yang belum mengenalnya, tentu akan menganggap OS ini tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Bahkan Harga notebooknya yang beredar di pasaran yaitu Macbook ini memang selangit tapi spesifikasi rendah.

Namun jangan salah lho, guys! Nyatanya OS besutan Apple ini memiliki beragam kelebihan yang menarik lho. Banyak orang lebih memilih menggunakan MacOS setelah merasakan beberapa alasan berikut ini.

1. Gak Ribet Dengan Driver, Tancap Langsung Jalan

Mulai dari driver yang gak jalan setelah update Windows hingga perangkat peripheral seperti printer dan scanner yang gak bisa kebaca karena perlu install driver tambahan.

Printer lawas saya yang CD drivernya hilang hingga kini gak bisa terbaca di laptop Windows, namun langsung terbaca di Mac tanpa install driver tambahan apapun. Bahkan berbagai tool seperti membaca level tinta, maintenance printer, dan lain-lain bisa dilakukan langsung di preferensi printer bawaan Mac.

2. Memiliki Beragam Aplikasi Menarik

Memiliki Beragam Aplikasi Menarik tentu sudah tak asing lagi bagi Mac ini. Memiliki toko aplikasi, bahkan wujud fisiknya yaitu MacBook dari dulu suda dinilai jauh lebih matang menyediakan berbagai macam keperluan dibanding laptop lainnya.

Bahkan, tak jarang pula ada beragam aplikasi produktif yang khusus dibuat hanya untuk perangkat Mac saja lho! Jadi memang Mac ini cocok banget bagi profesional.

3. Tidak Pernah Maksa Update OS

Pernah gak sobat litetekno hendak restart atau shut down PC atau laptop namun tiba-tiba harus menjalani instalasi update OS. Pastinya sangat menjengkelkan, karena proses instalasi ini bukan murni keinginan kita. Update software memang penting, namun waktu proses instalasinya tidak sesuai dengan keinginan kita, tentunya sangat menjengkelkan bukan?

Di macOS, kamu tidak akan lagi menemukan pengalaman seperti ini. Kamu bisa memilih update manual maupun otomatis, dan macOS cuma akan memberikan notif jika ada update baru. Mac memang bisa mendownload update secara otomatis seperti layaknya Windows, namun proses instalasi update macOS tetap bisa kita kontrol. Ketika hentak shutdown atau restart, kita masih diberi pilihan untuk install update sekarang atau nanti.

“Anda lah yang mengatur, bukan anda yang diatur”

4. Kinerja Cepat

Salah satu keunggulan lainnya merupakan kinerja yang dihasilkan oleh Mac OS. Meski terkadang tak memiliki spesifikasi yang mumpuni, MacBook dapat bekerja jauh lebih smooth dari laptop biasa dengan spesifikasi yang sama namun menggunakan sistem operasi Windows. Karena task management dari Mac ini lah yang sangat menonjol.

5. Dukungan Software Pihak Ketiga yang Mumpuni

Masih kurang? Tentu saja kamu tetap bisa menggunakan berbagai software pihak ketiga. Sebut saja Microsoft Office, berbagai software dari Adobe, dan masih banyak lagi. Secara umum, ketika kamu pakai Mac sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan Windows, tetap punya banyak pilihan software.

Karena reputasi Mac dan berbagai produk Apple, Tidak jarang juga para pengembang fokus membuat aplikasi & software yang eksklusif untuk produk Apple saja. Sebut saja Software Apple seperti Final Cut Pro dan Logic Pro, Tweetbot, Twitterrific , Ulysses, Sketch, dan tentunya masih banyak lagi.

6. Bebas dari Virus

Ini nih yang pasti sudah dikenal oleh khalayak ramai, sejak dahulu kala memang Mac ini bebas virus, baik dari sistem pertahanannya maupun jumlah virus beredar yang tidak lebih dari virus yang dapat dikarantina.

Memang sih gak 100% kebal dari virus juga karena masih ada virus yang dapat menyerang sepeti KeRanger contohnya, inilah alasan mengapa para profesional wajib memakai Mac.

Oke, jadi itulah beberapa alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan MacOS dibandingkan OS lain. Alasan tersebut mungkin dapat dijadikan referensi ketika sedang mencari petunjuk untuk menggunakan MacOS atau sistem operasi yang lainnya.

Yang jelas, sebisa mungkin hindari alasan menggunakan sistem operasi baru hanya karena Hype atau untuk keren-kerenan saja. Karena selain beberapa kelebihannya, ada banyak juga kekurangan yang dimiliki MacOS, antara lain pendekatan User Experience dan layout Keyboard yang berbeda sehingga cukup menyulitkan pengguna pemula.

Yup, terlepas dari itu semua, MacOS tetaplah barang buatan manusia yang tidak sempurna. Ada kalanya rumput tetangga terlihat lebih hijau, alias kalian merasa iri dengan OS sebelah.

Bagaimana sobat litetekno, kalian sendiri pilih Mac os?

Sampai disini saya akhiri artikel tentang 6 alasan kenapa banyak orang memilih menggunakan MacOS dibandingkan OS lain.

Demikianlah artikel dari litetekno pada kesempatakan kali ini, jangan lupa baca postingan kami sebelumnya yaitu mari memahami apa itu booting komputer. Sampai jumpa dipostingan Litetekno berikutnya ya 🙂