Please wait 20 seconds ...

Cara Membuat Baterai Smartphone Bertahan Lama


Nah, pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai smartphone dengan baterai paling awet yang perlu kamu ketahui, yang tentunya memiliki kapasitas baterai yang besar dan tahan lama. Selain daripada ukuran kapasitas baterai yang besar, kamu juga perlu memperhatikan kondisi smartphone mu lho.

Bisa saja, di dalamnya, ada penyebab-penyebab yang justru akan menguras baterai mu, meskipun kamu tidak memakainya sekalipun. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat baterai smartphone Android bertahan lebih lama.

             Sebenarnya cara yang dilakukan termasuk dalam metode yang sederhana, dan cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Yang jelas, metode yang digunakan tidak akan menyebabkan efek samping yang buruk bagi penggunaan smartphone dalam jangka panjang. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk dapat menghemat baterai mu:

Cara Membuat Baterai Smartphone Android Bertahan Lebih Lama

Cara Membuat Baterai Smartphone Android Bertahan Lebih Lama
from: pcmag.com

1. Atur tingkat kecerahan / Brigthness. Cara yang paling simpel untuk dilakukan adalah  menurunkan tingkat kecerahan smartphone mu. Penggunaan dominan dari baterai adalah untuk display layar. Makin terang layar, maka makin banyak pula tenaga yang harus dikeluarkan.

2. Mematikan koneksi internet. Untuk mengehemat baterai, pastikan untuk mematikan koneksi Internet baik Mobile Data atau Wifi pada saat tidak digunakan.

3. Nyalakan Battery Saving Mode. Apabila smartphone mu sudah dibekali dengan adanya mode penghemat baterai, maka jangan lupa untuk menggunakannya. Battery Saving Mode ini dianggap sebagai mode yang paling efektif untuk menghemat baterai secara otomatis.

4. Matikan vibrasi. Karena pada dasarnya, baterai akan lebih boros pada saat mode getar diaktifkan daripada ringtone.

Kapan Harus Ganti Baterai?

5. Jangan menggunakan smartphone saat charging. Lebih baik matikan smartphone mu atau tinggalkan dalam kondisi internet dimatikan, sehingga proses charging dalam berjalan dengan lebih efektif, dan lebih cepat.

             Meskipun cara-cara tersebut sudah dilakukan, tetap saja smartphone mu tidak bisa bertahan lama. Biasanya, smartphone dengan baterai yang sudah dalam kondisi rusah, tidak bisa bertahan lebih dari 1 jam, atau bahkan 30 menit. Bila kondisinya sudah separah itu, berarti mungkin sudah saatnya kamu mengganti baterai pada smartphone mu. Lakukan penggantian baterai pada tempat servis yang official, jangan yang abal-abal. Jangan sampai kamu tergiur oleh harga yang murah, padahal kualitas servisnya jauh dari standard.