Cara Mengganti Tipe Network di Windows 10

foto: screenshot pribadi

Dalam jaringan komputer atau networking, dikenal dua tipe network, yaitu tipe Public dan Privat. Apa perbedaan dari kedua tipe tersebut?

Ketika kamu memilih network publik, maka komputer bakal menganggap kamu tak punya kendali apapun terhadap network yang terhubung. Misalnya, kamu terhubung pada WiFi di sebuah kafe. Karena kamu memilih network Publik, maka perangkat yang kamu gunakan tidak akan terdeteksi pada network. Hal tersebut membuat perangkat kamu nggak bisa melakukan sharing file atau printer yang terhubung pada satu network yang sama.

Sementara itu, kalo kamu memilih network privat, maka perangkat kamu bakal anggap kamu memiliki kendali terhadap network yang terhubung. Misalnya, saat kamu terhubung pada WiFi pribadi di rumah. Dengan memilih network privat, maka perangkat kamu bisa terdeteksi pada network yang terhubung. Hal ini membuat kamu bisa melakukan sharing file atau printer pada satu network yang sama.

Jadi, intinya perbedaan antara tipe network Publik dan Privat adalah bisa atau tidaknya fitur file and printer sharing untuk digunakan. Fitur ini berguna untuk kamu yang malas untuk menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain menggunakan flashdisk. Fitur ini juga berguna agar kamu bisa melakukan proses print dari printer yang terhubung ke jaringan, tanpa harus beranjak ke komputer yang terhubung langsung dengan printer.

Jika perangkat kamu menggunakan Windows 10, maka kamu bisa memilih dua tipe network tersebut. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar gimana cara berganti tipe network pada Windows 10. Mulai dari publik ke privat ataupun sebaliknya. Baiklah, berikut ini informasinya.

  1. Klik Start Menu, lalu pilih “Settings”
  2. Selanjutnya, pilih “Network & Internet” > “Status”
  3. Pada panel bagian kanan, klik “Change connection properites”
  4. Lalu pada bagian “Network profile”, pilih antara “Public” atau “Private” sesuai dengan kebutuhan kamu.
  5. Agar pengaturan yang baru saja disetel bisa berjalan dengan baik, sebaiknya restart perangkat Windows 10 kamu untuk mendapatkan perubahannya.
  6. Profil kamu di network berhasil diubah.

Setelah semua proses selesai, maka pengaturan network akan berubah. Kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti di atas jika ingin mengubahnya kembali nanti.

Gimana, mudah bukan untuk mengganti tipe network di Windows 10? Semoga informasi yang kami sajikan dalam artikel ini bisa menambah wawasan kamu. Selamat mencoba yahh.

3 thoughts on “Cara Mengganti Tipe Network di Windows 10

  • February 6, 2020 at 8:20 pm
    Permalink

    wonderful post, very informative. I wonder why the other specialists of this sector don’t notice this. You should continue your writing. I’m confident, you have a great readers’ base already!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *