Cara menggunakan kabel USB OTG

Terkadang kita harus melakukan transfer data dari penyimpanan eksternal ke perangkat Android yang digunakan, sehingga penting bagi kita untuk mengetahui cara menggunakan USB OTG.

Dengan bantuan USB OTG ini, kawan-kawan Litetekno bisa bebas melakukan transfer data secara langsung dari flash disk tanpa harus menggunakan kabel data ke PC/laptop terlebih dahulu karena USB On-The-Go atau yang biasa disingkat dengan USB OTG adalah standarisasi untuk koneksi USB yang memungkinkan suatu perangkat untuk membaca data dari koneksi USB tanpa harus terhubung dengan PC terlebih dahulu.

Smartphone Android keluaran 5 tahun terakhir saat ini rata-rata sudah mendukung fitur USB OTG, jadi gak perlu bingung harus mencari, menyeleksi, atau bahkan membeli beberapa tipe smartphone saja.

USB OTG sendiri adalah fitur yang ada di smartphone Android atau tablet dengan kemampuan membaca file dari flash atau penyimpanan eksternal lainnya. Tentu saja, kemampuan ini termasuk membaca, mengedit, untuk mentransfer file melalui perangkat smartphone ke penyimpanan eksternal lainnya seperti flash disk/flash drive, tapi kami menyarankan untuk tidak mengalokasikan file aplikasi berat yang membutuhkan fitur Sync diinstall dan dieksekusi dalam Flash disk, efeknya bukan hanya memperlambat tapi juga dapat merusak aplikasi yang anda install tersebut.

Sebelum mulai menggunakan OTG, pastikan smartphone Anda support penggunaan OTG atau USB host. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari situs resmi produk.

Selain menghubungkan perangkat Android dengan memori eksternal untuk urusan data, kabel USB OTG juga bisa mendukung beberapa aktivitas yang lain seperti memainkan game Android dengan joystick, mengendalikan smartphone atau tablet Android dengan keyboard dan mouse, mencetak foto langsung ke printer, menampilkan proyeksi (jika ada sambungan HDMI atau VGA) hingga menggunakannya sebagai controller untuk kamera DSLR.

Nah, untuk melengkapi informasi di atas, Litetekno akan menjelaskan tentang cara menggunakan USB OTG, Lebih banyak fungsinya nanti akan kita bahas.

Tips utama dari kami adalah Cek Apakah Perangkat Android Kamu Sudah Mendukung USB OTG supaya kamu gak nyesel, Cara termudah untuk mengetahui apakah perangkat Android kamu sudah mendukung USB OTG adalah dengan melihat informasi spesifikasi pada box smartphone atau tablet kamu. Atau juga bisa dengan melihat langsung pada website pabrikannya.

Perangkat yang sudah mendukung USB OTG biasanya akan tertera logo seperti gambar diatas pada boxnya. Jika masih kurang yakin, alternatifnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker yang tersedia gratis di Google Play Store. Aplikasi tersebut bisa memberitahu apakah perangkat kamu mendukung USB OTG atau tidak.

Cara Menggunakan USB OTG di Android

1. Sambungkan kabel USB OTG

Sambungkan kabel USB OTG pada smartphone dan juga flashdisk (kabel OTG USB tersedia di toko komputer atau toko online Indonesia).

2. Gunakan aplikasi file manager

Gunakan aplikasi file manager yang biasanya sudah terinstall pada perangkat Android jika ingin membuka, copy paste, atau mengedit file yang ada di flashdisk. Lokasi folder USB flashdisk bisa berbeda tergantung pada jenis dan merek perangkatnya sendiri. Lokasinya bisa di mnt/USBdisk1, Storage/USBdisk1, atau external/USBdisk1.

3. Pakailah dengan bijak

fitur OTG USB dapat digunakan untuk mengedit atau mentransfer file melalui flash ke smartphone atau sebaliknya, tapi harus hati-hati juga karena gak ada jaminan untuk mengembalikan file penting yang terhapus. Bagaimana? tidak terlalu susah kan menggunakan USB OTG di Gadget kesayangan kamu?

Bahkan untuk saat ini yang populer adalah USB OTG yang sudah include dengan alat peyimpanan, sebut saja flash disk OTG. Harganya pun tentu lebih mahal dari kabel USB OTG biasa, karena memang tanpa kabel sehingga lebih simple sampai gak ada ribetnya lagi. Seperti ini contohnya:

Gambar diatas merupakan contoh dual usb drive otg di atas ini. Dengan fitur 3 in 1, yakni penyimpanan 32 GB, USB, dan Micro USB. Harganya pun bervariasi, berkisar antar Rp.80 ribu sampai dengan Rp. 200 ribuan keatas.

Dengan memindahkan data atau file media pada handphone, gadget kesayangan Anda pun lebih lega dan siap digunakan lagi sekalipun keadaan seringkali urgent dan mendesak. Omong-omong, Bagaimana setelah mengetahui  hal tersebut? Apa sekarang kalian sudah paham tentang bagaimana cara menggunakan USB OTG?

Tentu dengan informasi yang telah Litetekno paparkan di atas, kalian pastinya sudah semakin mengerti tentang seperti apa kabel USB OTG dan bagaimana cara yang benar untuk menggunakannya.

Demikianlah artikel singkat dari Litetekno terkait dengan pengertian dan cara menggunakan USB OTG pada kesempatan kali ini. Jangan lupa baca postingan kami mengenai cara memasang tempered glass sendiri dengan mudah

One thought on “Cara menggunakan kabel USB OTG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *