Cara menghentikan proses windows update di windows 10

cara menghentikan proses windows update

Seperti yang kita ketahui ketika update tersedia, Windows 10 akan secara otomatis mengunduh update tersebut dan mengnistallnya menggunakan proses yang berjalan di latar belakang. Jika proses install update membutuhkan restart, Windows 10 akan otomatis menjadwalkan restart pada jam saat komputer tidak digunakan.

Beberapa saat yang lalu, Litetekno telah mempublish artikel mengenai Build Windows 10 terbaru yang dibalut dengan fitur yang lengkap salah satunya Update Windows 10 yang bisa ditunda agar tidak mengganggu aktivitasmu, tapi apa jadinya bila perangkat kamu belum memadai untuk update tersebut?

Kami punya solusinya! Kamu bisa menggagalkan update lewat Command Prompt atau Windows Task Manager saja, penasaran bagaimana? Yuk simak penjelasan kami dibawah ini!

1. Task Manager

Ketika Windows Update men-download updates dan melakukan persiapan instalasi updates (preparing to install), kamu bisa dengan mudahnya memaksa Windows Update untuk berhenti men-download updates.

Microsoft mungkin tidak atau belum menyajikan tombol khusus untuk mem-pause proses download updates seperti di Control Panel pada Windows 7, tapi kamu bisa menunda secara paksa proses download updates di Windows 10.

Langkah 1: Pertama, ketika Windows Update sedang berjalan bisa kamu klik kanan pada Taskbar dan buka Task Manager pada saat proses update download berlangsung

running task manager

Langkah 2: Kemudian masuk ke tab Services dan carilah deskripsi Windows Update.

wauserv windows update

Langkah 3: Selanjutnya, klik kanan pada Windows Update, kemudian klik Stop.

3-cara-pause-download-install-update-windows-update-windows-10

Maka hal tersebut akan menghentikan service proses download update yang sedang berjalan. Pada saat di hentikan, maka service tersebut akan merestart secara otomatis dan juga di barengi dengan gagalnya proses download update. Tenang saja anda dapat melanjutkan proses update dengan masuk ke Setting dan lihat pada halaman Windows Update yang akan menampilkan bahwa proses update gagal dan anda dapat melanjutkan update lagi dengan menekan tombol Retry.

Tapi tenang, kamu bisa melanjutkan proses download updates di Windows Update dengan mengklik tombol Retry.

Ketika tombol ini diklik, kamu tak lagi perlu mengulang proses download dari awal lagi, meski proses download sudah di tengah jalan.

Ini karena Windows Update punya fitur yang berguna untuk berjaga-jaga ketika kegagalan proses update terjadi, maka kamu tak perlu mengulang dari awal.

Jika anda melajutkanya, anda tidak perlu mendownload dari awal lagi, walaupun proses download sudah berlangsung setengah. Hal tersebut dapat terjadi karena Windows Update memiliki fitur yang dapat menjaga apabila proses update gagal.

Cara ini sangat cocok untuk anda yang tidak mau kuota internet anda habis karena anda lupa atau baru ingat kalau proses Windows Update sedang mendownload update di background.

2. Command Prompt (cmd.exe)

Mungkin inilah cara paling efektif untuk menjeda Windows Update yang sudah terlanjur terunduh namun kamu tak bisa melanjutkannya untuk sementara waktu. Berikut langkah-langkah untuk menjeda Windows Update via Command Prompt:

running cmd exe

Langkah 1: Pertama-tama, buka Command Prompt dengan hak Administrator. Caranya, buka Start menu dan ketik CMD lalu klik kanan hasil yang muncul dan klik Run as Administrator. Klik tombol Yes jika muncul konfirmasi UAC.

Langkah 2: Ketik perintah berikut ini di ikuti dengan Enter setelahnya.

“net stop wuauserv”

Perintah di atas adalah perintah untuk menghentikan layanan Windows Update

“net stop bits”

Perintah di atas adalah perintah untuk menghentikan layanan intelligent transfer service.

“net stop dosvc”

Perintah di atas adalah perintah untuk menghentikan layanan delivery optimization service.

Menghentikan update Windows 10 :)

Setelah menghentikan update Windows 10, kamu bisa Cek kembali Windows Update Anda. Saat ini seharusnya Windows sudah menghentikan proses download update.

Namun, ada yang perlu kamu perhatikan jika ingin menjeda Windows Update. Pastikan kamu gunakan cara ini disaat yang sudah tak bisa ditolerir lagi, karena biasanya jika sudah terjeda cukup lama akan sangat sulit untuk mengunduhnya (Windows Update) kembali.

Sampai disini saya akhiri artikel tentang cara menghentikan proses windows update di windows 10. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan, sampai bertemu di tips dan trik menarik lainnya dari Litetekno lainnya. 😊

Penasaran dengan bagaimana kerennya windows 10 update bulan mei kemarin? Berikut 5 Fitur baru Windows 10 May 2019 Update yang keren banget!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *