Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital

Liteteknoid.com – Cara Mudah Membuat Tanda Tangan Digital. Saat ini hampir semua pekerjaan telah didukung dengan metode komunikasi digital yang tentunya lebih praktis, efektif dan efisien. Seperti halnya dokumen, dahulu tentu banyak sekali tumpukan kertas dokumen yang terkadang membuat meja ataupun lemari penuh, namun saat ini hal tersebut sudah tidak lagi meskipun tidak hilang sepenuhnya tapi banyak yang beralih ke penyimpanan digitial atau pengiriman via email.

Meskipun demikian, ada satu kendala yang hingga saat ini susah untuk ditinggalkan yakni menandatangani sebuah dokumen secara manual. Bayangkan jika ada setumpuk kertas dokumen berarti sebanyak itu anda harus menandatangani secara manual, tentu sangat menguras tenaga bukan terlebih lagi jika harus bolak bali scan hanya untuk membubuhkan tandatangan.

Lantas, adakah cara yang lebih simple dari hal tersebut?

Tentu ada dan hal tersebut terbilang sangat mudah, ya saat ini anda tidak perlu repot lagi membubuhkan banyak tanda tangan di kertas dokumen. Pasalnya dengan membuat tanda tangan digital berarti anda hanya sekali membuat dan kemudian bisa langsung digunakan ke banyak dokumen tanpa perlu repot tenaga, dan tentunya tinta.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Ada dua cara untuk dapat membuat tanda tangan digital, pertama yakni menggunakan perangkat PC/Laptop, selanjut anda juga dapat membuat signature dengan menggunakan smartphone android. Untuk lebih jelasnya simak infonya dibawah ini.

Membuat Tanda Tangan Digital Lewat PC/Laptop

Untuk dapat membuat tanda tangan digital anda dapat menggunakan layanan gratis dari Online Signature. Situs ini menjadi salah satu rekomendasi karena fiturnya yang mudah digunakan dan juga gratis.

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni dengan mengunjungi onlinesignature.com.
1.jpg
  • Kemudian pilih menu “Draw Signature
  • Goreskan Mouse atau Mouse Pad untuk mulai membuat tanda tangan digital
2.jpg
  • Jika sudah klik “Save” dan pilih “Download Signature
3.jpg
  • Sudah jadi tanda tangan digitalnya, mudah bukan?

Membuat Tanda Tangan Digital Lewat Smartphone Android

Bagi anda para pengguna ponsel android juga bisa membuat tanda tangan digital melalui aplikasi pihak ketiga yang dapat anda unduh langsung di Google Play Store. Adobe Fill & Sign merupakan aplikasi besutan Adobe yang memudahkan para pengguna dengan fitur membuat signature, berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh aplikasi Adobe Fill & Sign.
4 & 5.jpg
  • Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut dan sentuh tombol “Pena” di pojok kanan bagian atas, kemudian pilih “Create Signature” untuk memulai membuat tanda tangan digital.
6.jpg
  • Geserkan jari anda sesuai untuk memulai membuat, jika sudah pilih “Done”.
  • Selanjutnya pilih “Select a Form to Fill Out” untuk mengupload file pdf ataupun dokumen.
  • Jika sudah terload silahkan klik bagian yang ingin dibubuhkan tandatangan digital anda, dan pilih icon “Pena”, kemudian klik gambar “Tanda Tangan” yang sebelumnya telah anda buat.
8-horz.jpg
  • Selanjutnya share hasil dokumen yang telah anda bubuhkan tandatangan sesuai dengan tujuan (wa, email, dll).

Bagaimana mudah bukan?, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *