Cara Setting Akun Google Agar Terhapus Otomatis

setting akun google agar terhapus otomatis
Ilustrasi | Foto: Google.com

Akun Google saat ini bukan hanya sekedar digunakan untuk masuk ke layanan Google saja. Satu akun Google kini bisa dipakai untuk segala hal mulai dari media sosial, belanja online, hingga kebutuhan penggunaan berbagai jenis aplikasi.

Namun pernah kepikiran gak, gimana nasib akun Google tersebut jika suatu saat si empunya akun tersebut meninggal?

Kalo dibiarin gitu aja, akun tersebut bakal beresiko dari segi keamanan. Bisa jadi, akun yang tak terpakai itu akan jadi sasaran empuk oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Google menyediakan solusinya. Saat ini, kamu bisa mengatur akun Google kamu agar terhapus secara otomatis setelah kamu suatu saat meninggal atau jika akun kamu tidak aktif dalam jangka waktu tertentu.

Dengan begitu, semua informasi pribadi yang tersimpan di akun Google kamu akan terhapus juga secara otomatis setelah meninggal nanti.

Gimana cara mengaturnya? Berikut ini adalah cara setting akun Google agar terhapus otomatis:

  1. Masuklah ke akun Google kamu di tautan ini, lalu pilih menu “Personal info & privacy” atau “Data & personalisasi“.
  2. Scroll sampai ke bagian bawah, sampai kamu menemukan pilihan untuk menonaktifkan akun tersebut. Pilih “Buat rencana untuk akun Anda“.
  3. Pilih atau klik “MULAI” untuk memulai proses pengaturan
  4. Atur jangka waktu Google menunggu akun tersebut tak digunakan sebelum dinonaktifkan. Kamu bisa memilih antara tiga bulan hingga 18 bulan. Nantinya, Google akan mengirimkan e-mail atau SMS sebulan sebelum akunmu dinonaktifkan secara permanen. Jika sudah, pilih “SELANJUTNYA”.
  5. Masukkan kontak orang kepercayaan kamu untuk dimintai konfirmasi oleh Google. Kamu bisa memasukkan maksimal 10 kontak. Selain itu, kamu juga bisa mengatur izin akses kontak kamu tersebut dalam mengelola akunmu setelah kamu meninggal dunia. Jika sudah, pilih “SELANJUTNYA”.
  6. Cek kembali pengaturan yang telah kamu setel. Jika sudah yakin, kamu cukup klik “KONFIRMASI”. Akun Google kamu akan otomatis terhapus dalam jangka waktu yang kamu tentukan jika suatu saat kamu meninggal dunia.

Demikian cara setting akun Google agar otomatis terhapus saat penggunanya meninggal dunia. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *