Cara Transfer Data Aplikasi dari HP Lama ke HP Baru

Kamu abis beli HP baru? Gak mau data dari semua aplikasi di HP lama kamu jadi hilang?

Ya, meskipun kamu masih bisa men-download ulang aplikasi yang pernah kamu instal dari Play Store, tetapi gimana caranya transfer aplikasi plus semua datanya secara utuh?

Nah, pada artikel kali ini kami bakal ulas caranya untuk kamu. Yuk disimak..

mediababe.net

Fitur Backup Android

Sebenarnya OS Android memiliki fitur backup terintegrasi yang bisa mencadangkan data aplikasi dengan cukup baik. Namun, semua itu hanya berlaku untuk data aplikasi Gmail, Kontak, Drive, dan aplikasi Google lainnya. Hal tersebut karena data tersimpan di cloud. Nah, kamu perlu cek ulang apakah data aplikasi dari pihak ketiga ikut di-backup.

Untuk itu, kamu harus pastikan “Backup and reset” aktif. Cara mengaktifkannya, buka “Pengaturan” -> “Backup and reset”, lalu pastikan “Backup my data” sudah diaktifkan dan disimpan ke akun Gmail kamu.

Android 6.0 dan seterusnya – Backup Aplikasi Otomatis

Untuk OS Android versi Marshmallow ke atas, ada fitur yang bisa memperluas jumlah data aplikasi yang dapat dicadangkan. Setelah menyiapkan “backup and reset”, kamu bisa melihat apakah kamu punya fitur ini dengan membuka aplikasi Google Drive, lalu ikon menu di kiri atas dan pilih “Backups”.

Pilih backup ponselmu dari daftar, lalu pilih “App data” untuk melihat setiap aplikasi yang dicadangkan oleh Google.

Aplikasi individu

Jika aplikasimu ternyata tidak termasuk ke dalam daftar ” backup” di Google Drive, itu artinya kamu harus mencari cara alternatif untuk membuat backup data aplikasi tersebut. Untungnya, sebagian besar aplikasi sudah memiliki fitur backup-nya sendiri.

Data Permainan

Sebagian besar game yang dirilis lewat Play Store memiliki opsi untuk menyinkronkan dengan akun Google melalui aplikasi Google Play Games. Ciri-ciri game yang memiliki opsi ini adalah terdapat ikon gamepad hijau pada halaman game tersebut di Play Store. 

Setelah kamu menginstal Google Play Games (biasanya sudah terinstal secara default), buka aplikasinya. Lalu pada pengaturannya, pilih “Sign in to games automatically”. Kamu juga bisa mengaksesnya dari pengaturan Android melalui menu “Settings -> Account and Sync -> Google” dan nyalakan slider “Play Game Cloud Save”.

Meski begitu, ada permainan tertentu yang punya fitur cloud saving sendiri dan terpisah dari Google Play Games. Oleh karena itu, pastikan game yang kamu instal apakah menggunakan fitur backup dari Google atau punya sendiri.

Google Chrome

Kamu bisa membackup data-data dari aplikasi Google Chrome di ponsel lama kamu. Mulai dari bookmark, histori, dan lainnya.

Untuk memastikan fitur backup pada Google Chrome telah aktif, kamu harus login dulu ke Chrome menggunakan akun Gmail kamu. Caranya, masuk ke pengaturan Chrome, dan pilih “Sign in to Chrome.” Oh iya, kamu juga bisa melakukan ini di komputer yang telah terinstal Google Chrome.

Saat membuka Chrome di HP baru, buka “Settings” dan “Sign in” untuk masuk ke akun Gmail kamu. Selanjutnya, Chroma akan menyalin semua bookmark, kata sandi, dan data lainnya.

Tak hanya Google Chrome, beberapa browser juga memiliki fitur backup. Salah satu contohnya adalah Firefox dan Opera.

WhatsApp dan aplikasi pihak ketiga lainnya

Hampir semua aplikasi populer memiliki fitur backup. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mencadangkan datanya sebagai file tersendiri di kartu SD atau Google Drive.

Contohnya di Whatsapp, fitur backup-nya bisa dilihat melalui menu “Settings” -> “Chats” -> “Chat Backup”. Whatsapp menyediakan pilihan waktu seberapa sering pesan akan dibackup ke Google Drive.

Sekian artikel kami kali ini. Semoga bisa menjadi referensi kamu yang mau ganti hape yahh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *