Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 secara Gratis

Apa kamu pengguna Windows 7? Ada kabar kurang baik untuk kamu.

Mulai tanggal 14 Januari 2020, Microsoft berhenti memberikan update bagi Windows 7. Itu artinya, perangkat yang masih menggunakan Windows 7 bakal lebih rentan terhadap ancaman keamanan, mulai dari virus, dan malware.

Nah, agar komputer atau laptop kamu tetap aman, Microsoft menyarankan untuk meng-upgrade OS ke Windows 10. Menariknya, kamu bisa meng-upgrade Windows 7 ke Windows 10 secara gratis.

Serius. Kamu gak perlu bayar.

cara upgrade windows 7 ke windows 10
Windows 10

Cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 pun cukup mudah. Yang penting, kamu punya koneksi internet yang stabil, serta yang paling penting adalah kode lisensi Genuine dari OS Windows sebelumnya. Alias, OS Windows 7 kamu sebelumnya adalah OS asli, bukan bajakan.

Jika perangkat kamu sudah memenuhi syarat-syarat di atas, langkah selanjutnya adalah men-download software untuk upgrade OS Windows kamu. Caranya, kunjungi tautan ini lewat browser kamu dan klik tombol “Download Tool Now”.

Setelah berhasil di-download, buka software tersebut dan klik tombol “Accept” untuk menyetujui penggunaan pemakaian OS. Lalu, pilih  “Upgrade this PC now”, dan klik “Next”.

Pada tahap berikutnya, pilih “Keep personal files and apps”. Opsi ini akan memastikan file-file kamu yang tersimpan di komputer tidak hilang saat proses upgrade tengah dilakukan. Terakhir, klik “Install” untuk memulai proses upgrade OS.

Selanjutnya, aplikasi ini bakal men-download file-file yang diperlukan untuk upgrade. Lamanya proses ini bakal sangat tergantung dengan kecepatan internet yang kamu gunakan.

Ketika proses download selesai, software tersebut bakal menginstal Windows 10 di perangkat kamu secara otomatis. Selama tahap ini, perangkat kamu bakal nge-restart beberapa kali. Tapi, kamu ga usah khawatir.

Setelah proses pemasangan OS selesai, kamu akan melihat tampilan dekstop Windows 10. Nah, saatnya untuk melakukan langkah terakhir, yaitu mengaktivasi Windows 10 kamu agar tidak dianggap ilegal oleh Microsoft.

Cara mengaktifkannya, klik Start“Settings” > “Windows Update” > “Activation”. Di bagian “Activation”, masukkan kode lisensi OS Windows 7 yang kamu gunakan sebelumnya.

Walau Windows 7 bisa di-upgrade ke Windows 10, sebenarnya Microsoft malah tak menyarankan hal ini.

“Bagaimanapun, cara terbaik untuk merasakan pengalaman dari Windows 10 adalah menggunakan PC baru. Sekarang ini banyak komputer yang lebih cepat dan lebih kuat dengan Winfdows 10 yang sudah terinstal,” tulis Microsoft dalam laman resminya.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara upgrade Windows 7 ke Windows 10. Semoga artikel kami ini bisa membantu kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *