Chrome Versi Terbaru Bisa Memperingati Pengguna Saat Passwordnya Dicuri

Foto: Google Blog

Kamu biasa menggunakan Google Chrome sebagai browser andalan saat berselancar internet? Nah, ada kabar baik loh dari Google untuk kamu, khususnya bagi kamu yang peduli sama keamanan akun kamu di dunia maya.

Google meluncurkan Chrome versi 79 pada Rabu (11/12/2019) lalu. Perilisan versi terbaru dari browser satu ini menghadirkan sejumlah perubahan dan fitur baru. Salah satu fitur baru yang paling menarik adalah fitur peringatan saat password pengguna mereka dicuri.

Sebenarnya, fitur tersebut adalah perluasan dari ekstensi “Password Checkup” yang sudah tersedia sebelumnya sebagai fitur tambahan untuk Chrome. Namun pada pembaruan versi kali ini, Google langsung menanamkan fitur itu ke Chrome untuk memberikan peringatan saat pengguna masuk ke sebuah situs web.

Cara kerja dari fitur ini adalah pencocokan salinan kata sandi dengan fungsi hash yang terenkripsi menggunakan enkripsi berlapis oleh Google. Hal tersebut memungkinkan Google agar bisa mencocokkan kata sandi secara aman. Untuk melakukan hal tersebut, Google menggunakan teknik yang disebut “private set intersection with blinding“.

Oh iya, pengguna bisa menyetel fungsi baru ini melalui pengaturan sinkronisasi di Chrome yang sudah diperbarui ke versi baru.

Tak hanya itu, Google juga meningkatkan perlindungan pengguna terhadap kejahatan phishing secara real time. Google mengklaim teknis perlindungan baru tersebut akan memberikan peringatan untuk mengurangi ancaman phishing sampai 30 persen.

Persentase ini bisa dibilang cukup besar, karena para penipu biasanya mengubah domain yang dipakai untuk situs phishing-nya dengan cepat. Mereka juga akan menyembunyikan situsnya dari crawler milik Google. Padahal, selama ini Google terus memperbarui daftar situs phishingnya secara aktif setiap 30 menit sekali.

Pada versi terbaru ini, Google memperbaiki fitur “multiple profile” pada Chrome. Kalo kamu memakai ragam profil akun Google di Chrome atau kamu berbagi perangkat dengan orang lain, Chrome akan menampilkan indikator visual dari profil yang sedang digunakan pada browser Chrome amu. Jadi, kamu bisa memastikan password yang tersimpan di Chrome kamu berada di profil akun yang tepat.

Dilansir dari laman The Verge, semua fitur dalam Chrome versi terbaru itu akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa minggu mendatang pada versi desktop browser.

One thought on “Chrome Versi Terbaru Bisa Memperingati Pengguna Saat Passwordnya Dicuri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *