FaceApp: Manipulasi wajah tapi kok Bahaya?

Sudah bukan hal yang mengejutkan lagi kalau tiba-tiba wajah teman anda menua dalam sehari, atau bahkan kembali muda seperti bayi dalam sejam saja.

Ketika membuka layanan sosial media saat ini, besar kemungkinannya kalian akan mendapati wajah-wajah tua dari teman kalian.

Hal itu tidak lain dikarenakan memang viralnya aplikasi pengubah wajah bernama FaceApp. 

Aplikasi edit foto tersebut memiliki kemampuan untuk merubah wajah seseorang dalam beberapa kondisi.

Dengan menggunakan layanan ini pengguna memberikan wewenang yang luas kepada pihak pengembang aplikasi yang menawarkan imajinasi ini.

Di sisi lain teknologi Arificial Intelligence ini terus dikembangkan untuk mempelajari dan merekonstruksi wajah.

Ditengah hebohnya aplikasi viral yang dapat memanipulasi wajah yaitu FaceApp, apa yang membahayakan dari aplikasi tersebut?

Kamu bisa pelajari kunjungi langsung website official-nya di FaceApp

Bagi admin LiteTekno, viralnya FaceApp ini cukup terlembat karena admin sudah menggunakannya sejak tahun kemarin itupun sekedar untuk mempermak foto profil WhatsApp saja.

Tapi saya selaku admin menyarankan para netizen untuk berhati-hati dengan mengikuti aksi trennya tagar #AgeChallenge dengan mempublikasikan wajah anda yang telah direkayasa oleh FaceApp tanpa mengetahui apa bahanya.

Perlu diketahui, FaceApp adalah aplikasi yang dapat mengubah foto wajah menggunakan beberapa efek.

Meski terlihat mengasyikkan, pengguna tampaknya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi ini.

Ternyata ada perbincangan mengkhawatirkan terkait layanan ini. Sebagian besar kalangan waspada dan khawatir terkait privasi dirinya ketika menggunakan aplikasi ini,

Aplikasi ini memang berkaitan dengan wajah dan juga server yang tidak dengan segera menghapus data yang dikirimkan oleh pengguna untuk diolah.

Baca Yuk: ‘Macbook the Series’ tamat, Apple Resmi Tak Akan Rilis MacBook Lagi

Pasalnya, FaceApp ternyata bisa saja menyebarkan, menyimpan, bahkan menjual foto pengguna untuk tujuan komersial meski foto tersebut telah dihapus.

Arab Saudi menjadi salah satu negara yang sudah memperingatkan warganya untuk tidak menggunakan salah satu aplikasi edit foto terbaik satu ini.

Peringatan tersebut telah disampaikan oleh The National Cybersecurity Authority (NCA) yang merupakan otoritas keamanan siber Arab Saudi.

face app age challenge
Copyright: Kumparan

Telah dikatakan oleh NCA kalau foto yang digunakan atau diunggah oleh setiap pengguna ke server dari aplikasi tersebut, bisa disalahgunakan.

Disisi lain, mereka juga menyarankan untuk tidak memberikan akses ke file penyimpanan foto dan video pribadi miliknya yang ada di memori internal atau eksternal.

Ketahui Yuk: 5 Aplikasi Pemutar Video Gratisan Terbaik di Mac

“FaceApp, aplikasi penuaan wajah dan banyak aplikasi serupa lainnya sedang tren dan digunakan oleh pengguna seluruh dunia tanpa memperhatikan persyaratan layanan aplikasi dan hak-hak mereka sendiri,” seperti itulah yang dikatakan oleh Muhammad Khurram Khan selaku Profesor Cybersecurity dari King Saud University, sebagaimana dilansir dari Arab News.

Selain itu Khan juga telah menilai kalau untuk penjelasan privasi dari aplikasi FaceApp ini sendiri juga tidak jelas, terutama dalam tata caranya untuk melindungi data pengguna.

Walaupun begitu, perusahaan telah mengklaim kalau data apa saja yang dikumpulkan ini tidak digunakan untuk melakukan identifikasi setiap pengguna tertentu.

Meskipun demikian, langkah lebih baik kalau kita lebih waspada lagi terhadap aplikasi FaceApp, terutama dalam memberikan akses aplikasi ini ke piranti penyimpanan ponsel atau storage.

Bukan cuman aplikasi edit foto ini saja, melainkan untuk layanan lain yang berhubungan langsung dengan internet contohnya saja Facebook.

Sumber: Oketekno

Akhir Kata

Bagaimana tanggapan kamu yang sudah menggunakan FaceApp aplikasi berteknologi canggih yang bisa mengubah wajah tersebut?

Sampai disini saya akhiri artikel tentang “FaceApp: Manipulasi wajah tapi kok Bahaya?”. Sampaikan di kolom komentar kalau misalnya kamu punya pertanyaan atau tanggapan, sampai bertemu di artikel menarik lainnya dari LiteTeknoID, sekian.

Baca Juga: Teknologi Mac 2017 lalu yang bikin manja user dengan 2 fitur ini

6 thoughts on “FaceApp: Manipulasi wajah tapi kok Bahaya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *