Facebook Ganti Logo Perusahaan, Ini Dia Tampilannya

Facebook resmi mengumumkan desain logo perusahaan terbarunya. Logo baru ini terlihat sederhana: hanya bertuliskan “FACEBOOK” dengan huruf kapital.

“Kami memperkenalkan logo baru perusahaan dan lebih membedakan perusahaan Facebook dari aplikasi Facebook, yang akan mempertahankan mereknya sendiri,” kata Antonio Lucio, Chief Marketing Officer Facebook, seperti yang dikutip dari Facebook Newsroom.

Langkah branding baru tersebut memang dirancang untuk membedakan visual antara perusahaan dan aplikasi. Logo Facebook terbaru ini menggunakan tipografi dan huruf besar customized.

dari fastcompany.com

Dilansir dari Cnet pada Selasa (5/11/2019), logo baru ini dirancang untuk berpasangan dengan berbagai layanan dan warnanya bisa berubah-ubah agar sesuai dengan produk yang menyertainya. Contohnya, warna hijau untuk WhatsApp, dan rona ungu oranye untuk Instagram. Hal yang sama juga berlaku di layanan lainnya, seperti di Facebook, Messenger, Oculus, Workplace, Portal, dan Calibra.

Masih dari Facebook Newsroom, Lucio mengatakan, logo baru ini dirancang untuk mempertegas posisi perusahaan dan tidak dianggap sebagai perusahaan yang punya satu platform media sosial.

“Kami memperbarui merek perusahaan kami agar menjadi lebih jelas tentang produk-produk yang berasal dari Facebook,” ujarnya.

Menurut Lucio, perubahan logo tersebut dilakukan agar publik tahu perusahaan mana yang membuat produk dan layanan dalam aplikasi Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp, Oculus, Workplace, Portal, dan Calibra.

Bisa dibilang, perkataan Lucio itu merespon survei yang dirilis oleh Pew Research Center pada Oktober lalu. Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa orang Amerika yang mengetahui kepemilikan Facebook di WhatsApp dan Instagram hanya sekitar 29 persen.

dari kumparan.com

Lebih lanjut, logo ini nantinya akan menggantikan keterangan “from Facebook” yang sudah ditanamkan di beragam layanan Facebook Inc. sejak Juni lalu.

Penerapan logo baru tersebut akan digulirkan dalam beberapa minggu ke depan di dalam aplikasi besutan Facebook. Salah satu bagian Facebook yang sudah menggunakan logo baru ini adalah Facebook Newsroom, dimana logo tersebut sudah terpampang menghiasi header website.

Perubahan logo ini terjadi saat Federal Trade Commission (komisi dagang Amerika Serikat) dan beberapa jaksa agung dari negara bagian Amerika Serikat, sedang meninjau apakah langkah bisnis Facebook membeli Instagram dan WhatsApp bertujuan untuk meredam persaingan dan bisa merugikan konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *