Facebook Garap OS Sendiri agar Tak Bergantung pada Android

os facebook

Baru-baru ini, perusahaan pemilik media sosial terkemuka, Facebook Inc, dikabarkan sedang menggarap sistem operasi (OS) sendiri. Hal tersebut dilakukan agar mereka nantinya bisa mengurangi ketergantungan pada sistem operasi milik Google, yaitu Android.

Dilansir dari laman The Verge, pengembangan sistem operasi itu dipimpin oleh Mark Lucovsky, mantan insinyur Microsoft yang pernah berperan mengembangkan sistem operasi Windows NT.

Kedepannya, sistem operasi yang tengah dikembangkan itu akan digunakan pada perangkat keras yang dibuat oleh Facebook.

Sebagai informasi, saat ini Facebook menggunakan OS Android yang dimodifikasi pada perangkat VR Oculus dan tablet Portal milik mereka.

Salah satu kepala bagian AR dan VR Facebook, Ficus Kirkpatrick, mengatakan perangkat keras milik Facebook kedepannya bisa saja tidak perlu bergantung pada perangkat lunak dari Google.

Atau bahkan bisa saja mereka mengurangi atau menghapus sepenuhnya kendali Google atas perangkat keras Facebook.

“Kami benar-benar ingin memastikan generasi berikutnya memiliki ruang untuk kami. Kami tidak dapat mempercayai pasar atau pesaing untuk memastikan hal itu terjadi, jadi kami akan melakukannya sendiri,” kata kepala bagian perangkat keras Facebook, Andrew Bosworth.

Selain mengembangkan sistem operasi sendiri, Facebook juga dikabarkan sedang mengembangkan kacamata Augmented Reality (AR). Kacamata dengan kode “Orion” dan disebut Bosworth itu rencananya akan dirilis pada awal 2023.

Bukan hanya itu, Facebook juga mengembangkan kendali pikiran untuk antarmuka kacamatanya, dimana penggunanya dimungkinkan untuk mengontrol kacamata AR dengan pikiran mereka.

Selain perangkat-perangkat di atas, Facebook juga dilaporkan mengembangkan perangkat keras lainnya, yaitu chip. Pengembangan tersebut dikerjakan bersama dengan asisten suara (voice asssitant) yang telah dimulai pada awal tahun ini, menurut kabar yang berhasil dikonfirmasi.

Meski semua pengembangan tersebut bernada optimis, sebenarnya Facebook pernah berpengalaman membaut OS sendiri. OS buatan Facebook itu dijalankan pada produk ponsel HTC pada 2013 lalu. Namun, kelanjutannya tidak berjalan dengan baik.

Saat itu, “membanjiri” ponsel dengan notifikasi Facebook sangatlah tidak populer. Bahkan sebelum skandal privasi yang dialami Facebook terjadi.

Oleh karena itu, upaya Facebook kali ini untuk membangun sistem operasi sendiri akan lebih berat. Kita lihat saja nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *