Feautre Phone Nokia 4G Bakal Dirilis Lagi

HMD Global, pemegang merek ponsel Nokia, sepertinya akan merilis kembali seri feature phone dengan dukungan koneksi 4G dalam waktu dekat. Ponsel bernama Nokia 400 4G ini bahkan sudah mendapatkan sertifikat dari WiFi Alliance. 

Perlu kamu tau, sebenarnya sertifikat dari WiFi Alliance untuk perangkat tersebut sudah diterima sejak Agustus 2019 lalu. Tak hanya itu, perangkat dengan kode TA-1208 ini juga sudah memperoleh sertifikasi Bluetooth pada November 2019.

Berdasarkan sertifikat tersebut, ponsel itudipastikan bakal didukung koneksi LTE dan Bluetooth 4.2. Perangkat ini dikabarkan juga akan hadir dengan prosesor Unisoc dan komponen Wi-Fi SC234X. 

nokia 4G
Ponsel Nokia yang terindikasi adalah TA-1208 | Foto: fonearena.com

Dilansir dari NDTV, sertifikasi tersebut menunjukkan ponsel ini akan menggunakan sistem operasi GAFP milik Google. Sistem operasi ini sepertinya merujuk pada sistem operasi Android untuk feature phone. Walau begitu, belum ada tanda dari perusahaan untuk benar-benar menggunakan OS tersebut dalam perangkat Nokia itu.

Tahun lalu (tepatnya jelang akhir tahun), beredar sebuah video yang memperlihatkan sebuah feature phone Nokia menjalankan OS Android 8.1.

Video tersebut kemungkinan merujuk pada ponsel Nokia terbaru ini. ini. Namun sayangnya, spesifikasi yang lebih detail dari perangkat ini masih belum diketahui.

Meski begitu, ponsel ini diprediksi akan meluncur di pasar India. Hal tersebut karena data dari ponsel TA-1208 muncul di situs Bureau of Indian Standards (BIS), lembaga standardisasi India.

Sebagai informasi, perilisan ponsel Nokia jenis feature phone dengan dukungan 4G ini bukanlah kali pertama dilakukan oleh HMD Global. Sebelumnya, perusahaan tersebut pernah menghidupkan kembali seri lama ponsel tersebut, yaitu Nokia 3310, dengan desain lebih kekinian dan koneksi 4G LTE.

Nokia 3310 versi 4G didukung dengan sistem operasi YunOS. OS tersebut mampu menjalankan beberapa aplikasi Android, karena dibuat berbasis Android Open Source Project (AOSP). Sehingga, aplikasi-aplikasi populer seperti Facebook dan Twitter bisa berjalan di ponsel tersebut.

Baiklah, sebaiknya kita tunggu saja seperti apa feature phone Nokia 4G yang akan dirilis nanti. Apakah akan kembali mengusung nostalgia atau benar-benar menawarkan konsep baru?

3 thoughts on “Feautre Phone Nokia 4G Bakal Dirilis Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *