fitur fitur dari versi android Q terbaru 2019

pada tanggal 13 maret kemarin google udah merilis versi android terbarunya yaitu Android Q. di android Pie saja masih belum banyak orang yang mendapatkan pembaruan sepenuhnya. Google udah merilis versi terbaru.

Selain itu Google juga menyediakan installer untuk menginstall versi beta android tersebut, tersedia untuk Smartphone Google Nexux , Nexus 1, Nexus 2 dan emulator android studio.

Karena google selalu aja menamai versi android nya itu makanan manis, dari beberapa situs mengungkapkan beberapa nama yang akan diusung Google untuk android Q seperti :

  • Android Qurabiya
  • Android Quindim
  • Android Queen of Puddings
  • Android Qottab
  • Android Quesito
  • Android Queijadinha
  • Android Quirks

Jika Google sudah tidak menggunakan tema dari android terbarunya dari makanan manis, inilah nama – yang di usung akan menjadi nama android Q.

  • Android Quinoa
  • Android Quail
  • Android Quesadilla
  • Android Quiche

Dan ini dia jadwal tahapan release versi android terbaru Google.

13 Maret Beta 10 pengembang Android pertama telah diluncurkan
Awal April Jangan bercanda, kami akan mendapatkan Android Q beta 2 pada atau sekitar 1 April
Awal Mei Android Q developer beta 3 akan jatuh tempo dekat 1 Mei
Awal Juni Pembaruan tambahan akhir, beta 4, akan mendarat pada bulan Juni
Juli Beta 5 dan beta 6, kandidat rilis, dapat mendarat bulan ini
Agustus Rilis terakhir secara rutin terjadi pada bulan Agustus

dan yang paling penting kamu harus tau deh fitur – fitur yang kabar nya akan di tambahkan di Android Q ini. Apa saja fitur tersebut simak berikut ini.

1. tersedia mode desktop

versi android studio terbaru
Mode Desktop Android Q

Siapa sih yang menginginkan memiliki perangkat dengan harga standar tapi All In One, pasti semua orang ingin memilikinya. Google secara diam – diam menyiapkan Mode Desktop untuk versi android terbarunya. Dengan ini tentunya kamu akan bisa menonton film dengan puas, bukan hanya itu hanya dengan menghubungkan Smartphone android kamu ke Layar monitor. Ini akan membuat kamu serasa memiliki PC Desktop. Tinggal colok keyboard dan mouse. Keren yah.

2. Dark mode terbaru

versi android studio terbaru
Dark Mode Android Q

Biasanya dark mode hanya tersedia untuk beberapa aplikasi, dan khusus aplikasi yang menyediakan saja. Namun kali ini Google akan menyediakan secara native pilihan mode dark. Bukan hanya tampilan aplikasi tentunya seluruh tampilan di android Q ini akan menjadi mode gelap / dark. Untuk penggemar mode ini tentunya akan menjadi kabar yang sangat gembira sekali ya.

3. Notifikasi

versi android studio terbaru
New Notification UI Android Q

Pada android Q opsi untuk menghilangkan notifikasi atau mengabaikan notifikasi adalah dengan swipe ke kanan. Karena untuk swipe ke kiri akan di ganti dari versi android sebelum nya yaitu swipe kanan dan kiri untuk mengabaikan. Kali ini swipe kiri untuk memunculkan pemberitahuan. Jadi kebiasaan di android sebelum nya , kamu harus bisa beradaptasi untuk android terbaru ini.

4. Pilihan notifikasi yang lebih banyak

versi android studio terbaru
Opsi Notifikasi Android Q

Untuk peringatan notifikasi kali ini kamu di 3 pilihan yaitu

  • Block
  • Show Silenty
  • Keep Alerting

Opsi ini mungkin Google sediakan untuk kamu yang gak suka dengan berisiknya notifikasi yang sering menganggu.

5. Mendukung HP layar lipat

versi android studio terbaru
Mendukung HP layar lipat

HP layar lipat saat ini telah menjadi trend untuk beberapa kalangan, tetapi untuk saat ini mode kayar lipat sedikit tidak maksimal dan menyebabkan user interface yang di tampilkan menjadi kurang baik. Namun untuk versi Android Q terbaru ini, dukungan untuk smartphone layar lipat akan di perbaiki secara maksimal. Patut di tunggu nih.

6. Track pemutar musik, muncul di lock screen

versi android studio terbaru
Track pemutar musik, muncul di lock screen

Saat kamu memutar musik di smartphone menggunakan aplikasi pemutar musik pasti akan ada track pemutar musik yang berguna untuk mengatur segala opsi pada musik yang sedang kamu mainkan. Nah untuk versi android terbaru ini saat kamu mematikan layar smartphone kamu, dan masuk ke lock screen.

Treck pemutar musik masih tetap ada dengan munculkan secara lebih jelas, dan membuat blur background tampilan lainnya agar kamu bisa terfokus ke track pemutar msuik tersebut.

7. Kustomisasi Tampilan

versi android studio terbaru
Kustomisasi Tampilan

Namanya smartphone pribadi pasti memiliki kebiasaan khusus setiap orang dalam penggunannya, seperti tampilan dan peletakan aplikasi. Namun untuk android Q terbaru ini. Kamu akan bisa mengatur Tema, mengubah tampilan menu, hingga buat ponsel kamu mengikuti kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari, untuk pilihan gestur untuk navigasi, font.

Tentunya dengan fitur ini akan membuat setiap orang akan berasa memiliki ekosistem nya sendiri, karena memiliki smartphone pribadi yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan dirinya.

8. Screen Recorder

versi android studio terbaru
Screen Recorder

Di android Q kamu gak perlu deh menginstall aplikasi untuk Screen Recorder, apalagi untuk zaman sekarang ini, fitur ini sangat dibutuhkan setiap orang. Android Q akan menyediakan Fitur screen recording yang cukup baik, namun masih belum ada kabar jelasnya seperti apa dan apa saja fitur yang di berikan untuk Screen Recorder ini.

Tapi ini pasti akan sangat bermanfaat sekali karena kamu udah gak perlu lagi menginstall aplikai pihak ketiga utuk screen recorder, dan kadang juga ada yang harus mengupgrade versi berbayar untuk menghilangkan watermark nya. Kalau gitu gimana nasib penyedia aplikasi screen recorder ya nantinya.

9. Penambahan Efek Foto lebih profesional

versi android studio terbaru
Penambahan Efek Foto lebih profesional

Android Q menyediakan Efek foto untuk memperhalus efek bokeh, memperbaiki fokus pada foto. Dan effect lainnya seperti Advance 3d, augmented reality juga kan di maksimalin di android Q. fitur ini pasti ditunggu – tunggu oleh para fotografer yang hanya memodalkan hp untuk memotret ya. Karena tingkat efisiensi nya lebih baik tidak perlu lagi menggunakan PC untuk mengedit foto tersebut.

10. Keamanan di perketat

versi android studio terbaru
Keamanan di perketat

Banyak nya masalah di versi android sebelumnya seperti masalah virus yang sering menerobos keamanan di android. Kali ini Android Q telah mempersiapkan keamanan yang berlipat untuk menjaga data dan segala aktivitas penggunanya.

Dengan adanya perizinan secara ketat pada saat kamu akan membuka aplikasi seperti kamera,mikrofon, lokasi,sampai koneksi data seluler. Tentunya pengguna akan di beri hak akses sepenuhna untuk perizinan. Selain itu, dengan di tingkat kan nya Google Play Protect yang bertujuan untuk memerangi malware yang berusaha menorobos android. Udah yakin aman nih .

11. Menu Share

versi android studio terbaru
Menu Share

Menu share untuk versi android Q di berikan beberapa penyesuaian lagi, sehingga untuk share link , atau media apa saja akan menjadi lebih cepat ke sosial media atau aplikasi lainnya.

12. Membagikan Jaringan Wifi dengan QR Code

versi android studio terbaru
Membagikan Jaringan Wifi dengan QR Code

Ini adalah fitur yang sangat bermanfaat sekali untuk si pemilik wifi , karena kamu bisa membagikan password wifi hanya dengan melakukan Scan QR Code. Tidak perlu lagi deh kamu membicarakan password wifi pribadi kamu yang akan membuat password tersebut tersebar secara diam – diam.

13. Minimaze Jendela Aplikasi

versi android studio terbaru
Minimaze Jendela Aplikasi

Jika layar hp kamu cukup besar pastinya kamu tidak ingin menonton youtube atau streaming terhenti karena membalas chat kan. Tenang aja Android Q menyediakan fitur minimize jendela aplikasi ko. Jadi kamu gak harus berganti Task, cukup meminimize jendela chat , dan tetap lancar melakukan streaming.

14. Kontrol privasi

versi android studio terbaru
Kontrol privasi

Jadi misalkan untuk akses lokasi kamu, fitur ini akan sama yang udah di tanamkan di IOS, yaitu akses tersebut dapat digunakan setiap waktu, namun akan berjalan ketika kamu membuka aplikasi yang membutuhkan akses tersebut saja. Jadi lebih aman walau , mode GPS kamu aktif sepanjang waktu.

15. Akses system di permudah

versi android studio terbaru
Akses system di permudah

Saat kamu membuka beberapa aplikasi yang membutuhkan pengaturan / akses khusus, pasti untuk mengatur kamu akan di alihkan ke halaman pengaturan hal ini akan membuat kamu bolak balik halaman. Nah di androd Q aplikasi akan memunculkan pengaturan apa yang harus di atur untuk menjalankan aplikasi tersebut, jadi lebih fleksibel ya.

16. Screenshot

versi android studio terbaru
Screenshot

Ini adalah fitur yang cukup menarik buat aku, karena saat kamu melakukan screenshot, mau layar lengkung atau layar apapun tetap aja yang di hasilkan adalah screenshot nya berbentuk device android pada umumnya.

Namun di android Q, saat kamu menyimpan screenshot , hasilnya akan mengikuti layar yang kamu gunakan. Keren banget yah.

Kesimpulan

Teknologi memang akan selalu update, dan tidak akan ada habis jika ditanya apa aja update tan dari ilmu teknologi. Apalagi sekarang ini segala aktivitas manusia hamper di alihkan semua nya ke teknologi. Jadi kamu harus sering – sering mengikuti perkembangan zaman ya, agar kamu bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar kamu.

2 thoughts on “fitur fitur dari versi android Q terbaru 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *